Berikut akan saya sampaikan cara break in dinamo untuk balapan Tamiya Mini 4WD khususnya kelas Standart Tamiya Box. Mungkin di Youtube dan internet ada banyak teknik atau cara mem-break in dinamo. Tulisan ini semoga dapat melengkapi teknik teknik yang ada. Ini teknik yang murah meriah dengan tools seadanya, berbeda dengan break in dengan alat khusus.
Bahan yang diperlukan antar lain :
1. Dinamo baru yang akan di-break in ( Seri Tuned )
2. Chassis VS bekas lengkap dengan terminal dan gearbox
Chassis VS - Saya menggunakan chassis VS bekas karena gampang bongkar pasang dinamo-nya dan ada pengunci batere
3. Pelumas ( merk Standart atau sejenisnya ).
4. Batere AA 2 buah full charge.
Jalur pada komutator dinamo
Pada dasarnya fungsi break in dinamo adalah membuat jalur pada komutator dinamo sehingga brush akan menempel sempurna pada komutator karena terbentuknya cekungan jalur dari proses break in. Efeknya adalah arus listrik bisa didistribusikan dengan baik ke dinamo dari batere. Sehingga didapat kecepatan yang maksimal dan konstan pada dinamo yang sudah di-break in.
Kecepatan yang konstan ini sangat diperlukan pada balapan tamiya Mini 4WD. Jika kecepatan dinamo naik turun / tidak konstan maka akan sulit men-setting mobil untuk balapan. Karena dinamo dibuat massal oleh pabrik, terkadang kita menemukan dinamo yang “berbakat”, berbakat artinya dari sono-nya posisi brush dengan komutator lebih sempurna / pas dari dinamo lain sehingga, ketika di-break in dinamo “berbakat” tersebut akan menghasilkan putaran yang lebih tinggi dari teman – temannya. Misal dinamo berbakat tersebut tipe Torque dipasang menggunakan gear normal ( low gear ) akan menghasilkan speed 17 km/jam dibanding teman – temannya hanya menghasilkan 16 km/jam atau 15 km/jam. Hasil yang bervariasi tersebut justru menjadi keuntungan bagi kita. Nanti kita pisahkan dinamo – dinamo tersebut sesuai urutan speed pada wadah dinamo , sehingga ketika kita butuh turun speed kita ganti dengan dinamo dengan speed yang lebih rendah. Ini juga salah satu teknik mengatur speed tamiya seperti yang sudah saya tulis sebelumnya.
Langkah langkahnya antara lain :
Pasang dinamo baru pada gearbox chassis tanpa gear dan pinion.
Pasang batere posisi terbalik dari posisi seharusnya sehingga dinamo akan berputar ke arah berlawan dari seharusnya, hal ini dimaksudkan agar jalur yang nanti terbentuk akan sama dari dua arah.
Nyalakan mesin selama -+ 5 menit, sampai bunyi dinamo stabil ( nadanya sama tidak naik turun ).
Setelah selesai , matikan mesin dan pasang batere ke posisi seharusnya, kemudian nyalakan mesin lagi -+ 5 menit. Hal ini dimaksudkan untuk membuat jalur untuk komutator di arah yang normal pada komutator dinamo.
Setelah 5 menit matikan mesin kemudian semprotkan cairan pelumas ke arah brush dinamo lalu nyalakan lagi sehingga bunyi dinamo makin tenang dan langsam sekitar -+5 menit.
Setelah itu dinamo siap untuk balapan.
Brush dinamo ada masa-nya, karena setelah dipakai cukup lama brush akan patah / putus sehingga dinamo tidak bisa dipakai lagi untuk balapan, kecuali untuk balapan sekelas cengrace biasanya panitia memperbolehkan para pembalap untuk ganti brush, tapi untuk balapan resmi tidak boleh karena membongkar dinamo adalah perbuatan ilegal dalam balapan khususnya kelas STB.
Fenomena dinamo tamiya pada tengah atau akhir balapan tiba tiba menjadi lebih kencang dari awal ketika balapan sebenarnya bukan hal yang aneh. Hal itu disebabkan dinamo tersebut ter-breakin secara "alami" sewaktu balapan sehingga menjadi berubah kecepatan putaran-nya karena brush sudah menempel dengan lebih sempurna ke komutator dibanding ketika awal balapan.
Pada dinamo seri non tune seperti seri dash, yang tergerus adalah carbon brush-nya sehingga permukan brush-nya lebih menempel pada komutator yang menyebabkan aliran listrik mengalir lebih lancar. Seperti gambar di bawah ini.
Gambar di atas bukan setting untuk balapan STB biasa, itu momen ketika salah kelas, info panitia-nya kelas ST Bebas ternyata lawan-nya mobil Sloop dan STO , ya sudah pakai full ammo, batre full, gear mentokin. Dapet kupon bukan karena paling cepat tapi karena yang lain klontang. Balapan paling "berdarah" sepanjang musim balapan. Jangan ditiru!
Dalam balapan tamiya mini 4WD kelas STB
khususnya dan kelas yang lain pada umumnya. Mengatur kecepatan mobil merupakan
salah satu unsur penting dalam memenangkan lomba. Kali ini saya akan berbagi
ilmu, sehingga rekan rekan pemula bisa lebih kompetitif dalam membalap. Saya
hanya mensharingkan apa yang saya dapat selama ini, tentu saja di luar sana
masih banyak pembalap yang lebih jago yang mungkin bisa berbagi ilmu lebih dari
saya.
Untuk mengatur kecepatan Tamiya kita ambil dari teknik yang paling dasar yaitu pemilihan dinamo.
Karena yang kita bahas kelas STB maka, kita hanya bahas seri Tuned. Saat
tulisan ini ditulis ada 3 tipe dinamo Seri Tuned Yaitu, Torque, Atomic dan Rev.
Masing - masing mempunyai karakter tersendiri. Pada prakteknya di track balapan
khususnya di Indonesia yang selalu
ada penghalang / buaya jadi yang bisa dipakai hanya tipe Torque dan Atomic. Karakter
dari masing – masing tipe dimulai dari Torque, jelas tipe ini mempunyai torsi
paling besar dibanding Atomic dan Rev,speed paling rendah. Untuk Atomic
mempunyai torsi dibawah Torque dan speed di antara Torque dan Rev. Sedangkan
tipe Rev mempunyai torsi paling lemah tapi speed paling tinggi. Urutannya dari level torsi ke speed adalah,
Torque – Atomic – Rev.
Mengapa tipe Rev sulit
dipakai di track STB khususnya di Indonesia, karena dinamo tipe ini torsinya rendah,
sehingga untuk melahap track yang penuh penghalang / buaya atau full tikungan tentu tidak cocok. Mobil akan mentok di
buaya, dan mobil akan kesulitan mengail tenaga kembali setelah tikungan atau
setelah jumping karena minim torsi.
Kita mulai dengan tipe
Torque, tipe ini juga yang paling sering saya pakai untuk balapan. Tapi sekali
lagi ini tergantung dari desain track lomba. Tipe Torque mempunyai torsi yang berlimpah sesuai namanya,
sehingga dengan setting gear yang sama melawan dinamo Atomic, Torque akan melesat duluan pada saat start
awal dari box start. Juga untuk track yang full tikungan dan buaya yang banyak
tipe ini cocok, karena mudah mengail tenaga kembali.
Teknik pengolahan torsi ini pernah saya saksikan sendiri ketika saya mengikuti race yang juga diikuti oleh guru tamiya saya dan team balap-nya. Saat bertanding mobilnya begitu dominan dan sangat cepat, sehingga berkali kali BTO ( best time overall / mobil dengan rekor waktu putaran tercepat ) dan mengalahkan rekor BTO yang dia buat sendiri akhirnya dia dan team mendapat BTO 1 dan BTO 2. Setelah saya tanya pakai mesin apa? Dia memperlihatkan menggunakan mesin / dinamo Torque dan gear paling rendah yaitu hijau + biru tua. Holy Shxt!. Mobil dengan gear rendah bisa mendapatkan BTO? Kuncinya ada di break in yang sempurna dan dinamo yang "berbakat", sehingga dinamo Torque bisa mencapai putaran yang menyamai atau hampir menyamai dinamo Atomic. Mobilnya bisa terlihat cepat, karena sekonyong konyong terlihat cepat, kenapa? Karena kecepatanya konstan, mobilnya bisa mencapai speed maksimal kembali lebih cepat dari mobil lain karena gear-nya ringan ( low ), kemudian digabung dengan break in batere sehingga speed menjadi konstan. Juga dengan gear ringan ( low ) menghemat batere karena, beban dinamo lebih ringan.
Bahkan saat itu jika mobil mereka turun track, pembalap lain cenderung mundur ke antrian belakang guna menghindari balapan satu race dengan mobil tersebut, karena tahu mobilnya akan kalah.
Tentu saja teknik ini tidak bisa diterapkan di semua track, kadang jika terlalu besar torsi pada banyak track membuat mobil menjadi terlalu "liar". Break in batere yaitu "menformat" batere dari kapasitas misal 800 mAH menjadi lebih besar, sehingga dengan berat batere yang ringan tetapi kapasitas maksimal / lebih besar. Biasanya para pembalap menggunakan charger PowerEx MH C-9000 untuk mem-break in.
Pada waktu itu panitia lomba sampai tidak percaya kalau dinamo yaitu dipakai adalah Torque, benar benar balapan yang luar biasa saat itu. Pada lomba saat itu mereka hampir mendapatkan semua gelar yaitu juara 1,juara 3 , BTO1 dan BTO2.
Jika membaca cerita di atas tentu kita akan berpikir, wah kalau begitu pakai dinamo Torque saja, gear pakai low pasti menang. Padahal di praktek sesungguhnya, mobil tamiya kita bisa dominan ada banyak faktor yaitu, mesin(dinamo) yang tepat, gear yang tepat, setting batere yang tepat, chassis yang tepat , ban yang tepat, karena desain track yang berbeda beda, bahkan misal ada dua track ( track A dan track B yang model mirror dan kembar pun akan berbeda strateginya). Kita bisa lihat video dari Om Gordon Murray, salah seorang desainer mobil balap F1 yang membidani mobil balap Formula 1 Honda McLaren MP4/4 yang begitu dominan pada masanya, mobil ini kendarai oleh Ayrton Senna.
Kemudian tipe Atomic,
tipe ini lebih “kalem” torsinya dari tipe Torque tetapi mempunyai speed /
putaran yang lebih tinggi. Cocok untuk track yang mempunyai lintasan panjang,
karena di lintasan tersebut Atomic mencapai tenaga puncaknya. Atau jika butuh
lompatan yang “kalem” tipe ini juga cocok digunakan. Sekali lagi tidak ada
patokan pasti track panjang harus Atomic atau track pendek pakai Torque, karena
semua itu juga tergantung pada setting gear dan batere yang akan saya terangkan
berikutnya.
Saya akan menjelaskan mengenai setting gear dari urutan speed :
Low : Hijau + Biru Tua
Middle : Coklat + Merah
High : Coklat + Hitam
Super Speed : Kuning + Biru
Muda
Yang paling sering
digunakan adalah setting gear dari Low sampai High, karena di kelas STB jarang
sekali track yang membutuhkan speed yang terlalu tinggi. Dari urutannya juga
jelas bahwa setting gear Low mempunyai torsi yang paling besar, yang otomatis
menang pada saat start awal, kemudian
berikutnya semakin kecil torsi dan semakin tinggi speed. Jika ingin mendapatkan speed yang tinggi dan torsi bisa menggunakan teknik "gear banci", yaitu menggunakan gear yang bukan pasangan-nya misal : Hijau + Merah atau Hijau + Hitam, dengan sedikit mengganjal sedikit tutup gear box agar lebih tinggi. Teknik "gear banci" membuat mobil anda berkepribadian ganda, torsi ok, speed ok.
Cara membuat kombinasi gear banci, adalah dengan menganjal tutup gear box dengan potongan kardus kit yang dilem ke tutup gear box, seperti gambar di bawah ini.
Kombinasi Gear Banci Hitam - Hijau
Pengaplikasian Gear Banci pada chassis SFM
Posisi potongan kardus kit pada tutup gear box
Gunakan potongan kardus kit untuk membuat kombinasi gear banci, kemudian dilem Super Glue atau sejenisnya
Kemudian setting
batere, secara sederhana semakin penuh batere maka torsi akan semakin tinggi, hal
ini juga berpengaruh terhadap speed ( tergantung setting gear ). Dengan begitu kita juga bisa mengatur speed
dari mengatur tingkat kepenuhan batere.Teknik ini juga harus memperhatikan "kesehatan" batere, sehingga jangan sampai kita charge batere tidak full, mobil
mogok di track karena batere habis. Ingat, mobil mogok karena kehabisan batere ketika balapan adalah salah satu kesalahan yang paling tidak elegan dalam balapan tamiya. Itu sama seperti Valentino Rossi atau Lewis Hamilton habis bensin ketika sedang balapan. Lebih keren klontang daripada habis batere :). Oleh karena itu diciptakanlah oleh pabrik
Tamiya yaitu Batere Discharger / Auto Discharger. Fungsinya untuk mengurangi listrik
yang tersimpan pada batere, dan karena para pembalap di Indonesia sangat
kreatif, maka dibuatlah Auto Discharger dengan
Volt Meter digital agar lebih presisi. Yang menarik dari alat ini adalah masih diimpor dari Jepang alias Made In Japan. Karena biasanya alat alat elektronik sederhana seperti ini Made In China, mainan Tamiya Mini 4WD saat ini memang hanya dibuat oleh dua negara yaitu Jepang dan Filipina atas lisensi dari Tamiya Jepang.
Discharger - Made In Japan
Teknik mengatur tegangan batere ini juga berbeda jika yang dilombakan adalah track 5 jalur yang sampai tulisan ini ditulis hanya ada di Graha Tamiya Serpong Tangerang. Karena biasanya setting batere hanya untuk track 3 jalur. Track model "japan style" ini tidak ada buaya ( penghalang ) hanya jump ramp.
Track Tamiya STB 5 jalur di Graha Tamiya Serpong Tangerang
Karena mobil tamiya mini 4WD menggunakan dua buah batere, bisa juga dengan memakai teknik 1
batere full, 1 batere 3/4 full, atau 1 memakai batere bagus, 1 lagi memakai batere kurang bagus (
batere lama ). Untuk teknik menggunakan batere berbeda juga perlu diperhatikan
ukuran mAH batere, karena semakin besar mAH batere akan semakin berat, jika
berat beda maka akan berpengaruh ke kestabilan mobil. Juga menggunakan batere dengan ukuran
mAH lebih besar akan berpengaruh terhadap berat mobil sehingga mobil kurang
lincah.
Merk batere misal VMP torsinya lebih rendah daripada merk Neo Champ, karena secara harga dan kualitas juga berbeda. Saat ini muncul merk Fujitsu,kalau saya rasakan torsinya hampir sama atau mungkin sama dengan Neo Champ,harga juga beda tipis. Pengunaan batere merk ternama semisal Neo Champ atau Fujitsu untuk mencapai kecepatan maksimal sah sah saja, hanya terkadang kita juga butuh kecepatan yang lebih "kalem" karena desain track balapan. Ingat, hampir sebagian besar material mobil balap khususnya kelas STB terbuat dari plastik sehingga mempunyai daya tahan terbatas. Mobil yang disetting batere menjadi full speed cenderung menjadi kurang presisi, karena beban yang ditahan semakin besar.
Para pembalap kawakan, biasanya mengukur torsi dengan menjepit ban belakang mobil dengan ibu
jari dan telujuk pada saat kondisi mesin nyala, dari posisi ban berputar sampai berhenti. Dari situ mereka bisa mengukur seberapa torsi yang pas dengan merasakan seberapa kuat ban yang
dijepit “memberontak”.
Teknik di atas mengingatkan saya pada pernyataan Serda Woli Hamsan yang merupakan penembak terbaik dari Kostrad yang menjadi penembak terbaik di Australian Army Skill at Arms Meeting ( AASAM ) 2017. Ketika peserta dari negara lain menggunakan wind meter untuk mengetahui kecepatan angin yang berpengaruh pada ketepatan menembak, Serda Woli Hamsan cukup mengambil rumput dari bawah dan melemparkan ke udara untuk mengukur kecepatan angin. Benar benar Cool Dude!
Jadi dari dinamo, gear
dan batere kemudian ban. Ban memang tidak berpengaruh langsung ke kecepatan
mobil pada saat dites menggunakan speed checker, tetapi ketika mobil melaju pada
track., traksi pada ban pengaruh ke dalam kecepatan mobil, misal ban warna merah lebih
lengket daripada ban super hard. Sehingga jika menggunakan ban warna merah akan lebih
laju daripada menggunakan ban hitam ( tipe super hard ). Oleh karena itu pemilihan ban juga
berpengaruh terhadap kecepatan mobil. Diameter ban ( small atau medium ) juga tentu saja pengaruh pada akselerasi, tapi juga pengaruh pada lompatan.
Tujuan yang akan kita capai
adalah, bagaimana membuat mobil tetap stabil di track dengan speed optimal. Dulu
awal balapan saya hanya ingin mengejar BTO ( Best Time Overall / waktu tercepat ), tetapi oleh guru
tamiya saya diberi nasihat “ Buatlah mobil yang stabil dengan speed optimal, jangan
mengejar BTO, mendapat BTO hanyalah bonus”. Ya, jika kita cari BTO, yang ada mobil gampang
rusak, karena kita hanya mencari speed dan speed. Mobil yang sering klontang ( keluar track ) sulit untuk mendapatkan juara karena mobil menjadi tidak presisi.
Mobil yang tenang dan
jarang klontang akan jauh lebih menakutkan lawan anda daripada mobil yang cepat tapi
kadang – kadang saja mencapai finish.
Itu sama saja seperti bertanding badminton atau ping pong, lawan kita selalu bisa mengembalikan bola yang kita smash.
Jadi misal mobil diukur speed-nya didapat 20 km/jam, kemudian ingin menurunkan jadi 19, maka bisa dengan teknik turun gear atau dengan mengurangi batere. Ingin lebih turun lagi bisa ganti dinamo, jadi berbagai variasi setting di atas bisa digunakan tergantung layout track balapan. Ban selain bisa untuk mengatur speed juga untuk mengatur lompatan jadi perlu bijak dalam pemilihan ban. Dinamo dengan tipe yang sama pun bisa berbeda kecepatannya tergantung dari cara kita break in.
Jika dinamo dah ok, gear dah ok, batere dah ok, saatnya menjajal mobil anda di track.
RELEASE THE BEAST!
Semoga tips di atas
bisa membuat anda lebih kompetitif dalam balapan tamiya kelas STB.
Intermeso
Sekitar 30 tahun yang
lalu tepatnya tahun 1987 pabrikan mobil sport Ferrari membuat mobil F40. Mobil
ini merupakan mobil sport pertama yang boleh melaju di jalan raya yang bisa
mencapai kecepatan lebih dari 200 Mph ( atau sekitar 320 km/jam ). Ingat itu
dicapai 30 tahun yang lalu! Dengan teknologi saat itu, tentu merupakan usaha yang luar biasa.
Yang menarik dari F40
bukan hanya kecepatannya tetapi pendekatan yang dipakai dalam membuat mobil
tersebut. Yaitu pendekatan “analog”. Ya analog, tidak seperti rivalnya pada
saat itu yang “full elektronik” yaitu Porsche 959 dengan all whell drive
system, monitor tekanan ban, pengaturan torsi elektronik dan sebagainya, sekali
lagi ini dibuat tahun 80an. F40 dibuat dengan perangkat elektronik yang sangat minim.
Mobil F40 dibuat
seringan mungkin, hal inilah yang membuat mobil F40 menjadi "minimalis". Seluruh
body dibuat menggunakan serat karbon dan kevlar, bahkan cat pun sekadarnya
sehingga masih terlihat tekstur serat karbon pada permukaan body. Tidak ada
power steering, tidak ada power window, handle pintu dalam hanya berupa kawat,
tidak ada sound system, tidak ada karpet mobil, tidak ada ABS, tidak ada
kontrol traksi. Hal ini agar selain mobil ringan dan bisa memberikan pengalaman
membalap terbaik. Tidak seperti mobil sport sekarang yang full elektronik,
sehingga tidak ada interaksi langsung antar pengemudi dengan mobilnya karena semua
diatur dan dimonitor oleh perangkat elektronik.
Sama seperti balapan tamiya
mini 4WD, semua harus kita atur secara analog, dinamo, gear,batere dan sebagainya. Settingan mobil kita tersimpan secara "analog" pada gear, batere, ban, roller, akar untuk menaklukan track sepanjang 3 putaran. Justru
inilah menariknya balapan Tamiya. So Enjoy It!