Cara Merakit Tamiya STB
Kali ini saya akan sharing mengenai bagaimana bermain Tamiya STB untuk pemula. Karena dari pengalaman saya, awal bermain Tamiya kelas STB
sangat minim petunjuk. Mungkin tulisan ini bukan petunjuk yang terbaik, tetapi
paling tidak bisa untuk modal awal bermain balapan Tamiya kelas STB dan STB++.
Saya mulai dengan cara membangun mobil STB dengan chassis
yang paling standar yaitu TZ dan TZX, untuk chassis lainnya pada dasarnya sama.
Saran saya untuk membangun tamiya khususnya kelas STB non murni, hindari
membeli kit karena akan banyak part yang tidak terpakai. Tetapi hal jika anda
ingin mengoleksi itu terserah anda. Berikut parts yang diperlukan untuk
membangun mobil kelas STB :
1.
Chassis TZ atau TZX lengkap gearbox dan terminal.
2.
Bushing AR sebanyak 4 buah ( untuk tiap ban )
bushing AR |
3.
Roller depan 14 mm atau 16 mm ( roller hijau) 2 buah
4.
Roller belakang 16 mm 2 buah
5. Roller dragon hitam atau sejenisnya ( biru atau merah ) ori Tamiya 2 buah
5. Roller dragon hitam atau sejenisnya ( biru atau merah ) ori Tamiya 2 buah
6. Paket gear lengkap ( corona depan belakang ),
shaft, gear set ( hijau -biru, coklat - merah, coklat -hitam, kuning -biru muda
)
7. Akar rendah ( SFM) dan akar tinggi ( Super XX ),
akar ini terserah anda akan pilih model yang mana. Akar rendah digunakan agar
mobil anda melompat tidak terlalu tinggi, karena posisinya yang dekat dengan
permukaan track, akar tinggi sebaliknya. Yang perlu diperhatikan di sini
adalah, bagian yang akan menyentuh permukaan track adalah baut dari roller 16
mm. Titik inilah yang nanti harus anda
ukur ketika memakai kaca ukur ( kanan kiri harus sama tidak tinggi salah satu
).
8. Untuk ban, paket awal gunakan ban super hard
dengan velg fin atau disc tentu berserta as roda. Jika ada tambahan, beli juga
1 pasang ban low friction tire ( maroon ). Ban small kadang juga dipakai,
biasanya diambil dari paket kit Beak Spider Premium, yaitu ban warna putih
beserta velg bawaan-nya.
Ban medium Super Hard |
Ban small beak spider premium |
9. Untuk baut dan sebagainya anda bisa lengkapi
sendiri sesuai kebutuhan.
10.
Dinamo, beli dinamo atomic dan torque saja,
karena pada prakteknya tipe rev sangat jarang digunakan, jangan buang uang
terlalu banyak di awal. Plus beli gear pinion juga sebagai pasangan dinamo.
11.
Body anda bisa pilih yang agak kuat bahannya,
bisa memilih body astute ( main stream ),Fire stinger juga bagus, Aero avante
biru juga bagus. Body terserah anda, yang penting ketika dipasang harus pas,
mungkin ada beberapa bagian yang harus dicoak dikit agar pas. Usahakan body
pada saat dipasang tidak dipaksa, sehingga tidak membuat kepresisian chassis berubah
ketika kunci body dipasang. Body itu masalah selera, jadi terserah anda mau
membeli model yang lain juga boleh.
Body Astute Pearl |
Setelah part lengkap hal pertama yang dilakukan adalah
merakit chassis, pasang bushing AR pada tempatnya.Kemudian memasang ban
dan velg, ini sebenarnya salah satu tahap yang paling penting dalam merakit
Tamiya STB.
Saya akan jelaskan gambaran simple tentang cara mem-balance velg. Pertama masukan as roda pada satu velg (tanpa dipasang ban terlebih dahulu ) yang sudah anda beli, kemudian masukan ke dalam lubang bushing roda depan, lalu putar. Jika masih godeg / oleng , copot kembali kemudian gunakan sisi lain pada velg ( ada 6 sisi ),pilih sisi yang paling tidak godeg / oleng. Idealnya adalah ketika diputar velg langsam tanpa goyang, kemudian baru dipasang velg yang satunya.
Saya akan jelaskan gambaran simple tentang cara mem-balance velg. Pertama masukan as roda pada satu velg (tanpa dipasang ban terlebih dahulu ) yang sudah anda beli, kemudian masukan ke dalam lubang bushing roda depan, lalu putar. Jika masih godeg / oleng , copot kembali kemudian gunakan sisi lain pada velg ( ada 6 sisi ),pilih sisi yang paling tidak godeg / oleng. Idealnya adalah ketika diputar velg langsam tanpa goyang, kemudian baru dipasang velg yang satunya.
Balancing Velg menggunakan Chassis AR bekas, gunakan bearing pada as agar lebih presisi, pasang dan putar ban secara bertahap dari ban kanan kemudian ban kiri |
Lakukan hal yang sama seperti pada velg pertama. Ketika anda sudah
menemukan sisi paling langsam, tandai dengan spidol atau cat ( yang tidak
gampang luntur ) pada as velg. Nantinya tanda ini anda gunakan untuk memasang
kembali velg yang anda copot, agar anda mendapatkan "sisi terbaik" dari
velg anda. Setelah itu baru anda pasang ban anda pada velg, gunakan lem agar
ban anda tidak mudah lepas. Lakukan hal yang sama untuk velg dan ban yang
satunya.
Tandai sisi paling balance pada as velg, ban velg serta as roda adalah satu kesatuan tidak disarankan untuk dipasang bergantian dengan ban yang lain |
Jika anda ingin mengganti dengan ban tipe lain gunakan velg
berbeda, bukan dengan mencopot kembali ban yang sudah terpasang pada velg yang
ada. Artinya setiap velg dan ban serta as sudah satu paket kesatuan untuk tiap
tipe ban. Tidak boleh diganti ganti, kecuali velg atau ban anda sudah rusak.
Hal ini untuk menjaga kepresisian ban, sehingga mobil anda stabil di track.
Jika anda merasa ribet membalance velg dan ban, anda bisa mencari toko tamiya
atau pembalap yang menyediakan jasa "bikin ban", silakan anda cari
sendiri. Pada pembalap pemula, sering kali bang copot dari velg, ini karena pembalap tersebut belum mendapat informasi seperti ini.
Ban sebaiknya setelah dibalanced, dilem ke velg menggunakan lem Fox kuning atau Aibon, atau lem sejenis itu khususnya yang berfungsi sebagai lem untuk karet, jangan menggunakan jenis lem super glue. Karena jika menggunakan sejenis lem super glue, jika sudah kering akan gampang lepas.
Juga hindari penggunaan double tape kertas , karena akan membuat ban tidak presisi karena ada "lapisan tambahan". Setelah dilem baru bagian luar, dilem sedikit menggunakan lem super glue untuk "mengunci" posisi ban.
Ban dilem ke Velg agar tidak mudah lepas |
Ban sebaiknya setelah dibalanced, dilem ke velg menggunakan lem Fox kuning atau Aibon, atau lem sejenis itu khususnya yang berfungsi sebagai lem untuk karet, jangan menggunakan jenis lem super glue. Karena jika menggunakan sejenis lem super glue, jika sudah kering akan gampang lepas.
Juga hindari penggunaan double tape kertas , karena akan membuat ban tidak presisi karena ada "lapisan tambahan". Setelah dilem baru bagian luar, dilem sedikit menggunakan lem super glue untuk "mengunci" posisi ban.
Dilem Super Glue pada bagian luar secukupnya saja untuk mengunci posisi ban dan memperkuat |
Kemudian ketika memasang corona, as roda, gear set, shaft
usahakan menggunakan grease bawaan tamiya ( bisanya dalam kemasan kecil warna
biru ),grease selain tahan lama, juga membuat putaran gear menjadi lebih halus.
Selalu stok grease dalam jumlah yang cukup.
Grease |
Pasang dinamo beserta gear pinion, kemudian masukkan ke dalam
gearbox, usahakan pemasangan ini pas sampai bunyi "klek". Kemudian
lumasi dengan grease. Ketepatan pemasangan gear pinion, ke gearbox ini sangat
penting, karena akan berpengaruh terhadap konsistensi kecepatan mobil tamiya
anda.
Kemudian jika terminal batere sudah terpasang semua,
pasang batere lalu nyalakan mesin. Mobil Tamiya yang pemasanganan gear-nya pas dan roda-nya balance
ketika dinyalakan mesin-nya akan berbunyi sangat halus
"Ngiiiinggg..!", ketika dipegang mobilny juga getarannya sangat minim. Inilah
modal awal anda untuk balapan. Untuk cara mem-break in dinamo tidak akan saya
bahas di sini, akan saya ulas pada tulisan yang lain.
Untuk pemasangan roller depan standar, anda ikut saja
kemiringan sudut lubang roller pada chassis, karena pada dasarnya lubang roller
pada chassis sudah membuat sudut dengan derajat tertentu. Untuk pemilihan
memakai roller 14 mm atau 16 mm, lubang dalam atau luar itu tergantung
settingan track. Roller 16 mm, cenderung lebih cepat keluar tikungan karena
diameternya lebih lebar. Gunakan ring, selain baut pada pemasangan roller (
anda bisa minta ring pada paket pembelian roller pada seller ).
Untuk pemasangan akar, oleskan lem secukupnya pada bagian
yang menempel pada body, setelah pas, kemudian baru dipasang baut dan mur.
Kemudian cek dengan sigmat, apakah jarak lubang roller paling luar pada akar
sisi kanan dengan lubang roller paling luar pada sisi depan chassis sama antara
kanan dan kiri. Jika sudah sama jarakanya baru kencangkan penuh baut akar pada chassis.
Perlu diperhatikan pada balapan Tamiya STB atau kelas
apapun, kepresisian mobil adalah hal yang paling utama sebagai modal anda,
selanjutnya hoki akan mengikuti.
Untuk pemasangan roller naga, usahakan sama ketinggiannya
antar roller kanan dan kiri. Roller naga mempunyai baut spesial, anda bisa
membeli tambahan baut naga pada seller langganan. Karena rentan bengkok ketika
mobil keluar lintasan ( klontang ). Dan jangan lupa selalu gunakan ring, agar
roller bisa bergerak bebas tidak tertahan.
Cara merakit mobil Tamiya STB pada chassis lain, inti sama
saja, hanya beda posisi saja. Khusus untuk chassis SFM carbon, biasanya para
racer memanaskan chassis depan secukupnya dengan korek gas, untuk membuat
derajat dengan membengkokan dengan tang. Chassis SFM biasanya menggunakan
roller dragon di depan, dan harus dibuat miring agar tidak mudah keluar track.
anda bisa membeli parts tersebut di toko langganan saya dulu , di sini
Selamat merakit mobil Tamiya impian anda.
Tamiya STB
Cara mengatur speed Tamiya STB
Cara Break In Dinamo Tamiya
Cara merakit Tamiya untuk balapan STB Murni
Berapa biaya untuk merakit Tamiya STB Pro?
Serba Serbi Tamiya STB
0 Comments:
Post a Comment
<< Home