The Way Of Life: Cara merakit Tamiya STB
Google

Sunday, June 04, 2017

Cara merakit Tamiya STB


Tamiya STB

Kali ini saya akan sharing mengenai bagaimana bermain Tamiya STB untuk pemula. Karena dari pengalaman saya, awal bermain Tamiya kelas STB sangat minim petunjuk. Mungkin tulisan ini bukan petunjuk yang terbaik, tetapi paling tidak bisa untuk modal awal bermain balapan Tamiya kelas STB dan STB++.

Saya mulai dengan cara membangun mobil STB dengan chassis yang paling standar yaitu TZ dan TZX, untuk chassis lainnya pada dasarnya sama. Saran saya untuk membangun tamiya khususnya kelas STB non murni, hindari membeli kit karena akan banyak part yang tidak terpakai. Tetapi hal jika anda ingin mengoleksi itu terserah anda. Berikut parts yang diperlukan untuk membangun mobil kelas STB :
1.       Chassis TZ atau TZX lengkap gearbox dan terminal.
2.       Bushing AR sebanyak 4 buah ( untuk tiap ban )

bushing AR

3.       Roller depan 14 mm atau 16 mm ( roller hijau)  2 buah
4.       Roller belakang 16 mm 2 buah

5.       Roller dragon hitam atau sejenisnya ( biru atau merah ) ori Tamiya 2 buah
6.     Paket gear lengkap ( corona depan belakang ), shaft, gear set ( hijau -biru, coklat - merah, coklat -hitam, kuning -biru muda )
7.   Akar rendah ( SFM) dan akar tinggi ( Super XX ), akar ini terserah anda akan pilih model yang mana. Akar rendah digunakan agar mobil anda melompat tidak terlalu tinggi, karena posisinya yang dekat dengan permukaan track, akar tinggi sebaliknya. Yang perlu diperhatikan di sini adalah, bagian yang akan menyentuh permukaan track adalah baut dari roller 16 mm.  Titik inilah yang nanti harus anda ukur ketika memakai kaca ukur ( kanan kiri harus sama tidak tinggi salah satu ).
8.    Untuk ban, paket awal gunakan ban super hard dengan velg fin atau disc tentu berserta as roda. Jika ada tambahan, beli juga 1 pasang ban low friction tire ( maroon ). Ban small kadang juga dipakai, biasanya diambil dari paket kit Beak Spider Premium, yaitu ban warna putih beserta velg bawaan-nya.

Ban medium Super Hard

Ban small beak spider premium

9.      Untuk baut dan sebagainya anda bisa lengkapi sendiri sesuai kebutuhan.
10.   Dinamo, beli dinamo atomic dan torque saja, karena pada prakteknya tipe rev sangat jarang digunakan, jangan buang uang terlalu banyak di awal. Plus beli gear pinion juga sebagai pasangan dinamo.



11.   Body anda bisa pilih yang agak kuat bahannya, bisa memilih body astute ( main stream ),Fire stinger juga bagus, Aero avante biru juga bagus. Body terserah anda, yang penting ketika dipasang harus pas, mungkin ada beberapa bagian yang harus dicoak dikit agar pas. Usahakan body pada saat dipasang tidak dipaksa, sehingga tidak membuat kepresisian chassis berubah ketika kunci body dipasang. Body itu masalah selera, jadi terserah anda mau membeli model yang lain juga boleh.

Body Astute Pearl

Setelah part lengkap hal pertama yang dilakukan adalah merakit chassis, pasang bushing AR pada tempatnya.Kemudian memasang  ban dan velg, ini sebenarnya salah satu tahap yang paling penting dalam merakit Tamiya STB.
Saya akan jelaskan gambaran simple tentang cara mem-balance velg. Pertama masukan as roda pada satu velg (tanpa dipasang ban terlebih dahulu ) yang sudah anda beli, kemudian masukan ke dalam lubang bushing roda depan, lalu putar. Jika masih godeg / oleng , copot kembali kemudian gunakan sisi lain pada velg ( ada 6 sisi ),pilih sisi yang paling tidak godeg / oleng. Idealnya adalah ketika diputar velg langsam tanpa goyang, kemudian baru dipasang velg yang satunya. 

Balancing Velg menggunakan Chassis AR bekas, gunakan bearing pada as agar lebih presisi, pasang dan putar ban secara bertahap dari ban kanan kemudian ban kiri
Putar ban sampai pada posisi tidak oleng atau minimal tidak terlalu godeg  goyang, jika masih goyang ganti as roda degan as yang lain. ( bearing hanya digunakan untuk kebutuhan balancing saja tidak untuk balapan )

Lakukan hal yang sama seperti pada velg pertama. Ketika anda sudah menemukan sisi paling langsam, tandai dengan spidol atau cat ( yang tidak gampang luntur ) pada as velg. Nantinya tanda ini anda gunakan untuk memasang kembali velg yang anda copot, agar anda mendapatkan "sisi terbaik" dari velg anda. Setelah itu baru anda pasang ban anda pada velg, gunakan lem agar ban anda tidak mudah lepas. Lakukan hal yang sama untuk velg dan ban yang satunya.

Tandai sisi paling balance pada as velg, ban velg serta as roda adalah satu kesatuan tidak disarankan untuk dipasang bergantian dengan ban  yang lain

Jika anda ingin mengganti dengan ban tipe lain gunakan velg berbeda, bukan dengan mencopot kembali ban yang sudah terpasang pada velg yang ada. Artinya setiap velg dan ban serta as sudah satu paket kesatuan untuk tiap tipe ban. Tidak boleh diganti ganti, kecuali velg atau ban anda sudah rusak. Hal ini untuk menjaga kepresisian ban, sehingga mobil anda stabil di track. Jika anda merasa ribet membalance velg dan ban, anda bisa mencari toko tamiya atau pembalap yang menyediakan jasa "bikin ban", silakan anda cari sendiri.

Kemudian ketika memasang corona, as roda, gear set, shaft usahakan menggunakan grease bawaan tamiya ( bisanya dalam kemasan kecil warna biru ),grease selain tahan lama, juga membuat putaran gear menjadi lebih halus. Selalu stok grease dalam jumlah yang cukup.

Grease
Pasang dinamo beserta gear pinion, kemudian masukkan ke dalam gearbox, usahakan pemasangan ini pas sampai bunyi "klek". Kemudian lumasi dengan grease. Ketepatan pemasangan gear pinion, ke gearbox ini sangat penting, karena akan berpengaruh terhadap konsistensi kecepatan mobil tamiya anda.

Kemudian jika terminal batere sudah terpasang semua, pasang batere lalu nyalakan mesin. Mobil Tamiya yang pemasanganan gear-nya pas dan roda-nya balance ketika dinyalakan mesin-nya akan berbunyi sangat halus "Ngiiiinggg..!", ketika dipegang mobilny juga getarannya sangat minim. Inilah modal awal anda untuk balapan. Untuk cara mem-break in dinamo tidak akan saya bahas di sini, akan saya ulas pada tulisan yang lain.

Untuk pemasangan roller depan standar, anda ikut saja kemiringan sudut lubang roller pada chassis, karena pada dasarnya lubang roller pada chassis sudah membuat sudut dengan derajat tertentu. Untuk pemilihan memakai roller 14 mm atau 16 mm, lubang dalam atau luar itu tergantung settingan track. Roller 16 mm, cenderung lebih cepat keluar tikungan karena diameternya lebih lebar. Gunakan ring, selain baut pada pemasangan roller ( anda bisa minta ring pada paket pembelian roller pada seller ).
Untuk pemasangan akar, oleskan lem secukupnya pada bagian yang menempel pada body, setelah pas, kemudian baru dipasang baut dan mur. Kemudian cek dengan sigmat, apakah jarak lubang roller paling luar pada akar sisi kanan dengan lubang roller paling luar pada sisi depan chassis sama antara kanan dan kiri. Jika sudah sama jarakanya baru kencangkan penuh baut akar pada chassis.

Perlu diperhatikan pada balapan Tamiya STB atau kelas apapun, kepresisian mobil adalah hal yang paling utama sebagai modal anda, selanjutnya hoki akan mengikuti.
Untuk pemasangan roller naga, usahakan sama ketinggiannya antar roller kanan dan kiri. Roller naga mempunyai baut spesial, anda bisa membeli tambahan baut naga pada seller langganan. Karena rentan bengkok ketika mobil keluar lintasan ( klontang ). Dan jangan lupa selalu gunakan ring, agar roller bisa bergerak bebas tidak tertahan.

Cara merakit mobil Tamiya STB pada chassis lain, inti sama saja, hanya beda posisi saja. Khusus untuk chassis SFM carbon, biasanya para racer memanaskan chassis depan secukupnya dengan korek gas, untuk membuat derajat dengan membengkokan dengan tang. Chassis SFM biasanya menggunakan roller dragon di depan, dan harus dibuat miring agar tidak mudah keluar track.

anda bisa membeli parts tersebut di toko langganan saya dulu , di sini


Selamat merakit mobil Tamiya impian anda.

Tamiya STB

Cara mengatur speed Tamiya STB

Cara Break In Dinamo Tamiya

Cara merakit Tamiya untuk balapan STB Murni

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home