Serba Serbi Tamiya STB
Kali ini saya akan berbagi berbagai topik acak yang masih
saya ingat dan terlintas saja di otak saya. Semoga bermanfaat bagi para
penggemar Tamiya Mini 4WD di tanah air. Tulisan ini merupakan kelanjutan dari tulisan saya mengenai tamiya mini 4WD sebelumnya.
Filosofi Setting
Ketika turun balapan, para pembalap tamiya akan mencoba
berbagai macam setting mobil yang pas agar menang ketika balapan. Setting
tersebut antara lain, pemilihan ban, chassis, body, mesin ( dinamo ), gear,
roller, akar dan sebagainya. Saya sendiri mengikuti aliran guru tamiya saya
yaitu simple dan standart. Maksudnya bagaimana? Maksudnya settingnya dibuat
sesederhana mungkin dan standart ( sama ), artinya setting terletak hanya pada roller, ban, batere
dan akar mobil anda. Jika mobil utama kita rusak, kita dapat dengan mudah meng-"copy"
settingan tersebut ke mobil cadangan kita karena cukup dengan memindahkan ban ,
batere dan dinamo ke mobil cadangan, maka kemampuan mobil balap cadangan akan
sama dengan mobil balap utama kita. Tetapi jika settingan kita terlalu rumit, misal akar dibikin goyang,
roller dibuat derajat berbeda tiap sudut dan sebagainya, maka akan sulit dan
memakan waktu untuk memindahkan settingan. Tetapi masalah settingan ini
terserah anda, karena dengan filosofi settingan seperti ini pun, juga tidak
menjamin anda menang terus atau sering menang , karena saya hanya ingin sharing
pengalaman saja.
Papan Setting Kaca
Papan setting dari kaca, merupakan alat wajib bagi para
pembalap tamiya. Sebenarnya tamiya sendiri mengeluarkan produk yang sama dan
terbuat dari logam ( alumunium setting board ). Hanya para pembalap lokal
biasanya banyak menggunakan kaca, yang penting rata. Bahkan saya pernah melihat
pembalap yang menggunakan smartphone sebagai papan setting. Ya tidak ada kaca ,
smartphone jadi. Terus bagaimana cara menggunakan papan setting ini.
Permukaan bawah chassis harus bersamaan saat menyentuh kaca |
- Papan setting digunakan untuk mengukur kepresisian chassis depan, apakah ketika ditempelkan pada kaca chassis bagian depan, tinggi permukaan bawah chassis antara kiri dan kanan sama? Jadi tidak boleh timpang, misal yang kiri menempel duluan, yang kanan belum dan begitu juga sebaliknya harus sama. Ini berfungsi ketika pada balapan sesungguhnya, dan mobil tamiya akan melakukan jumping, bagian chassis depan bawah akan menyentuh papan sirkuit, dan jika tidak bersamaan maka cenderung lompatan akan oleng.
- Juga untuk bagian belakang chassis yaitu akar atau bahasa resminya rear roller stay, caranya sama harus menempel bersamaan, caranya mobil ditaruh di atas kaca kemudian dijungkitkan ke belakang lalu cek menempel bersamaan atau tidak. Jika tidak maka mobil harus di setting ulang.
- Kaca ukur juga untuk mengecek, apakah keempat roda menempel bersamaan, caranya taruh mobil di atas kaca kemudian, agar sedikit ditekan sedikit ke bawah, lalu jalankan maju mundur pelan. Cek apakah keempat roda menempel sempurna secara bersamaan atau ada salah satu roda yang mengambang ( tidak menyentuh kaca ), jika ada maka artinya chassis mobil anda tidak presisi ( melintir / twisted). Hal yang harus dilakukan adalah "memijat" chassis agar lurus lagi. Kasus ini sangat jarang terjadi tetapi bisa terjadi.
Corona
Corona pada tamiya mungkin bisa dikatakan part yang tidak begitu populer. Corona berfungsi mengalirkan putaran dari shaft ke as roda. Corona
mungkin jarang diperhatikan oleh para pembalap tamiya, tetapi oleh guru tamiya
saya , part ini sangat penting.
Bahkan saya menyebutknya juragan corona, karena dia selalu memborong corona dalam partai besar untuk stok ketika musim balapan. Corona yang terbuat dari plastik, jika terus digunakan akan menjadi terkikis geriginya, hal ini menyebabkan putaran yang dihasilkan tidak sempurna ( naik turun ). Oleh karena itu corona pada jangka waktu tertentu harus dicek geriginya dan diganti jika perlu.
Pabrikan Tamiya sendiri mengeluaran corona seri carbon sebagai optional part, hanya pada regulasi balapan tertentu tidak diperbolehkan, tergantung panitia lomba.
Gear Aus - Tidak hanya pada tamiya, pada motor pun gear aus jadi kurang responsif |
Bahkan saya menyebutknya juragan corona, karena dia selalu memborong corona dalam partai besar untuk stok ketika musim balapan. Corona yang terbuat dari plastik, jika terus digunakan akan menjadi terkikis geriginya, hal ini menyebabkan putaran yang dihasilkan tidak sempurna ( naik turun ). Oleh karena itu corona pada jangka waktu tertentu harus dicek geriginya dan diganti jika perlu.
Pabrikan Tamiya sendiri mengeluaran corona seri carbon sebagai optional part, hanya pada regulasi balapan tertentu tidak diperbolehkan, tergantung panitia lomba.
Wash bensin juga merupakan cairan wajib untuk para pemalap tamiya. Cairan ini berfungsi
untuk membersihkan kotoran yang menempel pada roda, juga berkas cairan pelumas
di track yang menempel pada roda. Pada awal saya ikut lomba tamiya, saya menggunakan
botol aqua kecil dan kuas, kemudian berkembang saya gunakan kombinasi botol bekas
c1000 dan busa/spon untuk mencuci. Lalu yang terakhir saya gunakan produk jadi
yaitu gabungan potongan sikat gigi dan botol plastik. Untuk produk yang
terakhir ini merupakan produk yang menurut saya terbaik, meskipun agak boros
pada pemakaianya.
Stop Kontak |
Berbagi Stop Kontak
Stok kontak merupakan alat yang wajib dibawa, karena panitia
kadang menyediakan colokan listrik terbatas. Gunakan stok kontak yang
berkualitas bagus agar saat anda menge-charge batere menjadi sempurna dan cepat
karena aliran listrik mengalir sempurna. Kadang anda harus berbagi stop kontak
dengan pembalap lain karena colokan dari panitia terbatas, ya setidaknya
berbagi kebaikan.
Obeng
Obeng juga merupakan tools yang paling sering digunakan dalam balapan tamiya, karena banyak sekali baut pada mobil tamiya. Pada pemasangan roller khususnya kita harus menggunakan obeng yang sesuai, bahkan obeng dari tamiya sendiri sebenarnya terlalu kecil, anda harus menggunakan obeng yang lebih besar agar bisa membuat derajat sempurna pada roller. Jika anda menggunakan obeng kecil akan sulit membuat / mengatur sudut roller, bisa berantakan settingan roller kanan dan kiri. Ini merupakan salah satu hal yang diajarkan guru tamiya saya, sebelumnya saya menggunakan obeng dari tamiya.
BTO ( Best Time Overall )
BTO ( Best Time Overall ) adalah gelar yang diberikan kepada mobil dengan waktu
tercepat pada suatu kompetisi. Mobil yang mempunyai catatan waktu tercepat
setelah melewati 3 lap atau 5 lap sesuai dengan jenis track yang dilombakan (
3 jalur atau 5 jalur ). BTO biasanya lahir pada awal awal balapan, dikarenakan
track masih "kering" belum terkontaminasi cairan pelumas yang
tercecer dari mobil yang berlomba. Tetapi juga tidak mungkin diperoleh di akhir
akhir lomba, misal ada pembalap yang sudah putus asa, kemudian batere diisi
full, gear setel paling kenceng, eh beruntung tidak klontang, jadi deh BTO,
lumayan gak juara tapi dapat BTO artinya
tetep bawa piala ke rumah.
Paling nyesek ketika sudah dapat BTO eh balapan hampir habis ada yang lebih cepat, benar benar sesuatu. Pernah dulu balapan di Depok ( Depok Town Square ), salah satu event balapan terheboh yang pernah diadakan ( 3 kelas yang dilombakan ( STB++, STO, Sloop) dalam satu event ). Sudah dapat BTO dengan menggunakan chassis TZX, dan beberapa kali memecahkan rekor atas diri sendiri, eh di akhir lomba di"belek" oleh mobil dengan chassis SFM ( waktu itu chassis SFM belum begitu populer ).
Meskipun nyesek masih boleh berbangga karena settingan TZX di"belek" oleh SFM untuk BTO dengan selisih waktu sepersekian detik artinya settingan TZX sudah habis habisan.
Paling nyesek ketika sudah dapat BTO eh balapan hampir habis ada yang lebih cepat, benar benar sesuatu. Pernah dulu balapan di Depok ( Depok Town Square ), salah satu event balapan terheboh yang pernah diadakan ( 3 kelas yang dilombakan ( STB++, STO, Sloop) dalam satu event ). Sudah dapat BTO dengan menggunakan chassis TZX, dan beberapa kali memecahkan rekor atas diri sendiri, eh di akhir lomba di"belek" oleh mobil dengan chassis SFM ( waktu itu chassis SFM belum begitu populer ).
Superf FM ( SFM ) Chassis Carbon |
Meskipun nyesek masih boleh berbangga karena settingan TZX di"belek" oleh SFM untuk BTO dengan selisih waktu sepersekian detik artinya settingan TZX sudah habis habisan.
Settingan hampir seperti di atas, hanya akar pakai SFM dan ban belakang warna merah bukan ungu |
Dulu saya
menggunakan ban depan maroon ( low friction tire ) agar lebih cepat melewati tikungan,
kemudian body Fire Stinger , ban belakang merah, akar SFM, dinamo Torque, gear banci.
Body Fire Stinger bagi saya cukup menarik, pertama body depan menutupi ban, kemudian bagian tengah rendah seperti "membalut" batere, lalu di tengah atas memecah angin, juga body bagian belakang hampir separuh menutupi ban belakang, oleh karena kelebihan aerodinamika inilah mobil bisa "sedikit lebih kencang".
Body Fire Stinger bagi saya cukup menarik, pertama body depan menutupi ban, kemudian bagian tengah rendah seperti "membalut" batere, lalu di tengah atas memecah angin, juga body bagian belakang hampir separuh menutupi ban belakang, oleh karena kelebihan aerodinamika inilah mobil bisa "sedikit lebih kencang".
Ketika memulai "karier membalap" di lintasan
tamiya Mini 4wd, saya jarang bermain dengan team. Karena selain tidak punya
team, saya merasa bermain tamiya hanya untuk iseng saja tidak bermain secara
"pro". Karena jika kita mempunyai team, kita harus mempunyai komitmen
untuk melakukan "mandatory race" bersama team, dan karena saya tidak punya waktu yang banyak melakukan wajib balap seperti itu makanya salah selalu menolak ajakan
bermain dengan team atau masuk ke sebuah team. Meskipun waktu dulu pernah
diajak guru saya untuk masuk team dia tapi saya menolak , meskipun masuk team
"papan atas". Cukup bermain sendiri lebih bebas mau main atau tidak, dan masih bisa
berbagi ilmu seperti sekarang ini.
Bermain single fighter susah susah gampang, karena harus
menahan diri untuk tidak melakukan terlalu banyak race meskipun mobil kita sudah
"dapet settingan" ( settingan kita sudah cocok dengan track, mau
start dari track A, B dan C mobil selalu finish sempurna ).
Cara ini dulu saya gunakan, dan hanya guru saya yang bisa
membaca-nya padahal hal ini tidak pernah diajarkan olehnya. Pada babak awal kita akan bertanding sesuai
kupon yang kita punya / beli, beli kupon
sebanyak banyaknya maka anda bebas
bertanding sesuai jumlah kupon. ketika menang anda akan mendapat kupon babak
kedua, Misal 1A, 1B, 1C, kemudian 2A dan seterusnya. Misal 1A artinya anda
berhak bertanding pada pertandingan babak ke dua race ke-1 pada track A, dan
seterusnya. Artinya jika adan menang 2 kali berturut turut maka anda harus
menurunkan 2 mobil pada race tersebut, misal anda mempunyai kupon 1A dan 1B,
hal ini tentu akan menyulitkan anda
mensetting mobil karena anda harus mensetting 2 mobil bersamaan. Kecuali anda
mempunyai 3 kupon ( 1A,1B dan 1C ) maka anda berhak mendapat BYE, artinya anda
tidak perlu bertanding di babak kedua langsung meluncur ke babak ke-3 atau
berikutnya.
Jadi yang saya lakukan adalah ketika saya menang babak pertama sudah mendapat kupon misal 1A, saya akan menunggu sampai
"slot" pertandingan babak kedua race pertama atau kedua terisi, lalu
saya akan bertanding lagi sehingga saya mendapat kupon 3A, 3B atau 3C, sehingga
saya punya jeda waktu untuk mensetting mobil di babak kedua, atau misal ingin
lebih jauh lagi, ambil pertandingan ke-4 atau seterusnya sesuai selera.
Pertandingan babak atas waktu jedanya lebih panjang sehingga
kita masih punya cukup waktu untuk mensetting mobil balap kita. Untuk teknik
ini tidak menjamin anda menang, tetapi memperbesar kemungkinan menang, karena
mobil lebih awet dan presisi.
Pernah satu team dengan guru saya hanya cengrace saja sekali, hanya berdua. Saya dipinjamkan 2 pasang ban dan mesin (dinamo) dari dia, selain itu mobil saya rakit sendiri. Gilaa, mobil "adem" banget, jarang banget klontang, malam itu kami hampir saja sapu bersih juara ( juara 1 dan 3). Selain itu saya tidak pernah main satu team dengan guru saya. Itu menjadi bukti, dengan setting mesin yang pas dan ban saja mobil bisa stabil.
Pernah satu team dengan guru saya hanya cengrace saja sekali, hanya berdua. Saya dipinjamkan 2 pasang ban dan mesin (dinamo) dari dia, selain itu mobil saya rakit sendiri. Gilaa, mobil "adem" banget, jarang banget klontang, malam itu kami hampir saja sapu bersih juara ( juara 1 dan 3). Selain itu saya tidak pernah main satu team dengan guru saya. Itu menjadi bukti, dengan setting mesin yang pas dan ban saja mobil bisa stabil.
Mobil tamiya digerakan oleh energi listrik yang tersimpan di
dalam batere. Oleh karena itu kita harus "memanjakan" energi listrik
ini agar mengalir sempurna ke dinamo. Caranya bagaimana? Yaitu dengan memperlancar
jalur arus listrik salah satunya mempertebal
plat terminal batere. Jika plat terminal batere lebih tebal maka supply
aliran listrik akan lancar dari batere ke dinamo, dan membuat dinamo lebih
stabil. Caranya dengan menempel dua plat terminal menjadi satu. Agar rapi kita
harus menggunakan tang jepit agar tidak berantakan, selain itu juga teknik ini
membuat saklar ON/OFF lebih kuat ( tidak mudah bergeser ). Sebenarnya dari
tamiya juga mengeluarkan terminal tipe gold plated, akan tetapi saya lebih
memilih ini selain murah meriah, hasilnya juga memuaskan.
Untuk teknik terminal ini juga tergantung regulasi balapan, misal boleh pakai gold plated ya silakan. Biasanya untuk kelas STO hanya boleh menggunakan terminal gold plated, tidak boleh double. Untuk teknik ini saya harap anda melihat regulasi balapan terlebih dahulu, jika tidak diperbolehkan yang pakai satu saja,pakai teknik / setting yang lain ( batere yang bagus, breakin dinamo, dsb). Ya intinya agar part tamiya laku, kalau boleh double ntar tidak laku jualan terminal gold plated.
Only kit-included battery terminals or Grade-Up Part battery terminals, installed according to the instruction manuals, may be used. Soldering or double-plated terminals are prohibited
Untuk teknik terminal ini juga tergantung regulasi balapan, misal boleh pakai gold plated ya silakan. Biasanya untuk kelas STO hanya boleh menggunakan terminal gold plated, tidak boleh double. Untuk teknik ini saya harap anda melihat regulasi balapan terlebih dahulu, jika tidak diperbolehkan yang pakai satu saja,pakai teknik / setting yang lain ( batere yang bagus, breakin dinamo, dsb). Ya intinya agar part tamiya laku, kalau boleh double ntar tidak laku jualan terminal gold plated.
Only kit-included battery terminals or Grade-Up Part battery terminals, installed according to the instruction manuals, may be used. Soldering or double-plated terminals are prohibited
Perlu diingat ganti brush dinamo hanya diperbolehkan ketika
kita balapan cengrace, pada
pertandingan resmi tamiya itu tidak diperbolehkan. Brush dinamo tamiya memang
didesain akan putus atau patah tergantung lama pemakaian, kecuali anda
menggunakan dinamo tipe plasma dash yang bisa diganti brush-nya. Masalahnya dinamo plasma dash tidak diperbolehkan di kelas STB.
Plasma Dash Dinamo |
Oleh karena
itu jangan lupa menggunakan pelumas agar brush dinamo anda awet. Banyak
pembalap pemula yang tidak tahu mengenai aturan ini. Sebenarnya masalahnya bukan pada brush dinamo yang diganti tetapi kemungkinan digantinya gulungan dinamo dari tipe lain ( bukan standart kelas STB) atau gulungan tidak standart atau bisa juga diganti dengan magnet yang lebih kuat. Aturan ini juga dibuat
agar dinamo tamiya laku, jika anda bisa ganti brush, ya tamiya tidak bisa jualan
dinamo, bisa tutup nanti pabrik tamiya khususnya divisi mini 4WD.
Teknik melepas ban atau mengganti ban pada pembalap pemula
banyak yang salah. Karena pembalap pemula kadang / sering mencopot ban langsung
dari velg. Hal ini juga yang saya lakukan awal ikut balapan tamiya, sebelum
ketemu guru tamiya saya. Mencopot ban secara langsung dari velg akan membuat
ban tidak presisi, sehingga membuat laju mobil tamiya tidak stabil, lihat
tulisan saya mengenai setting ban disini. Mencopot ban dalam hal ini adalah untuk mengganti ban, misal dari ban tipe hard ke super hard dengan velg sama, untuk masalah ban kita tidak bisa main hemat, setiap tipe ban harus satu paket ban - velg dan as, tidak bagus jika main hemat, hanya pakai 2 pasang velg saja. Ini dikarenakan menyangkut kepresisian ban, ban yang balance menjadikan lari mobil tamiya stabil.
Cara yang benar melepas ban |
Oleh kerena itu ban harus dilem dan
menempel paten pada velg setelah dibalancing terlebih dahulu, dan juga anda
harus menandai sisi paling stabil dari velg.
Dengan menggunakan teknik ini, anda sudah naik tingkat menjadi pemain "semi pro".
Ban - Velg - As setelah dibalance merupakan satu pasangan, tidak boleh dibongkar pasang |
Mr. Crack
Mr. Crack merupakan julukan yang ditujukan ke BJ Habibie karena temuannya mengenai keretakan badan pesawat karena faktor kelelahan rangka pesawat. Teori yang dikembangkan oleh BJ Habibie dinamakan Crack Propagation, dari sinilah asal mula julukan Mr. Crack menempel padanya. Dan beliau meneliti sampai tingkat atom. Pada balapan tamiya khususnya kelas STB++, memperbolehkan pembalap menggunakan chassis berbahan carbon. Chassis Carbon ini, memang sulit pecah, tetapi pada tingkat pemakaian tertentu chassis ini tidak sekuat ketika masih baru, chassis menjadi letoy atau lemas tidak kaku seperti pada awal. Kita tidak akan membahas tingkat keretakan pada chassis carbon, tetapi hal inilah yang mungkin terjadi pada chassis berbahan "arang" jika sekian lama dipakai. Meskipun tidak pecah atau patah, tetapi mungkin dalam tingkat mikroskopik chassis ini "retak". Ketika sudah seperti ini, anda tidak perlu menghitung dengan teori "Crack Propagation", cukup membeli chassis carbon yang baru, so simple isn't it?
Hal inilah yang dijadikan strategi oleh team team papan atas, yaitu memisahkan mobil untuk babak atas dan mobil untuk babak penyisihan. Karena mobil yang sudah "tidak fresh" karena terlalu banyak ikut race untuk babak penyisihan, kurang layak untuk bertanding di babak atas. Oleh karena itu mobil mobil "babak atas" yang masih "fresh" akan disimpan untuk ditandingkan pada babak atas sampai final. Jika anda tidak teliti dalam membalap, akan banyak chassis yang retak setelah membalap atau setelah menabrak sesuatu. Oleh karena itu ketelitian diperlukan disini. Dulu saya sempat heran, ketika mobil saya sedang bagus bagus-nya kemudian tiba tiba jadi "bego", ternyata dicek oleh guru tamiya saya ternyata chassis mobil saya depan retak pada bagian baut roller.
Bahan Body Tamiya
Body tamiya terbuat dari plastik dengan berbagai macam kualitas. Dalam balapan kadang kita harus memilih body dengan kualitas kurang bagus karena masalah desain bentuk body. Body favorit saya yaitu Beak Spider, termasuk kategori body tamiya dengan kualitas kurang bagus alias gampang pecah. Jika sudah seperti ini anda harus mempunyai stok body yang sama dengan jumlah cukup.
Body kit Cyclone Magnum TRF misalnya, juga setali tiga uang dengan Beak Spider alias bahan body-nya kurang bagus. Meskipun saya termasuk suka dengan desain seri TRF ( Tamiya Racing Factory ), yaitu minimalis dan banyak bolong bolong ( racing style banget ).
Body Kit yang masuk kategori bagus ( kuat ) , antara lain Shirokumakko, bahanya tidak keras tapi liat, dijamin awet. Body Super Astute Pearl Special juga termasuk kuat, dan mempunyai bentuk body yang rendah dan simple, menjadikannya "sulit rusak" ketika mobil klontang.
Body Aero Avante dan Body Shadow Shark mempunyai kualitas yang sama kuat. Untuk bahan body favorit adalah Shirokumakko, tidak keras tetapi lentur.
Mall Sekarat
Ini sebenarnya sebuah fenomena yang unik, dimana toko tamiya biasanya ada di sebuah mall yang "sekarat" atau boleh dibilang sepi, banyak tetapi tidak semua. Mungkin karena sekarang era belanja online sehingga banyak mall yang sepi. Contoh tempat legendaris Pondok Bambu Square Jakarta Timur, dulu Dolphin Tamiya di KTC Hypermart Kelapa Gading Jakarta Utara, ART Tamiya di Atrium Pondok Gede, Zero 8 di WTC Mangga Dua, RS Tamiya di MGK Kemayoran. Tetapi hal ini malah menjadi keuntungan tersendiri, karena lebih mudah membuat track yang luas di mall yang sepi dan tentu saja biaya sewa-nya mungkin cenderung lebih murah.
Suhu Track
Kasus ini benar benar terjadi, ketika itu lomba tamiya diadakan di One Belpark Mall, lomba di gelar di atrium mall yang "semi outdoor" sehingga ketika dari pagi sampai siang menjelang sore hawa-nya panas, yang berpengaruh terhadap suhu track. Sehingga ketika hari mulai malam, suhu mulai dingin, track menjadi lebih licin, hal ini berpengaruh terhapa settingan mobil, yang tadinya bisa melompati buaya menjadi mentok. Hampir semua pembalap "kehilangan settingan" di lomba ini. Tetapi dalam setiap balapan selalu ada pemenang, yaitu mobil dengan setting terbaik. Oleh karena itu jika mengikuti lomba yang agak outdoor, anda bisa mempersiapkan settingan cadangan untuk malam hari.
gambar diambi dari sini
Mentor
Jika anda seorang newbie di balapan tamiya, usahakan mencari mentor sehingga anda bisa ikut "program akselerasi". Karena jika belajar sendiri akan makan waktu cukup lama dan tentu saja biaya yang tidak sedikit untuk trial and error. Anda bisa saja membaca semua tulisan saya mengenai balapan tamiya, akan tetapi itu saja tidak cukup. Karena praktek dengan apa yang ditulis terkadang tidak sempurna dituangkan semua dalam bentuk tulisan. Oleh karena itu carilah mentor yang baik.
gambar diambil dari sini
Attitude
Saya sharing berbagai hal mengenai tamiya yang mungkin tidak pernah disharing oleh para pembalap lain karena mungkin sifat-nya "rahasia". Guru tamiya saya dan team-nya pernah menjuarai lomba tamiya tingkat nasional, yang artinya dia dan team-nya merupakan salah satu team terbaik di Indonesia. Jika dulu saya ikut lomba dan kebetulan di babak awal ( pencarian kupon) pada saat antri ternyata 1 race, dia terima mundur antrian berikutnya, mungkin tidak enak guru melawan murid sendiri, hehehe. Tetapi dari awal kenal sampai sekarang, dia orang yang rendah hati, sopan dan tidak pelit berbagi ilmu seperti kebanyakan pembalap tamiya lain, yang jika ditanya pelit ilmu. Dulu dia bercerita ada teman satu team-nya yang lebih hebat dari dia, hanya karena attitude-nya kurang bagus akhirnya secara "alami" dia menghilang dari dunia balap tamiya. Padahal dulu pada masa jayanya dia dan teman-nya banyak menemukan settingan tamiya ( kelas STO ) untuk balap yang lebih maju dari jamannya ( sebelum kelas STB lahir ). Oleh karena itu attitude juga penting agar anda bisa bertahan di komunitas balapan tamiya.
Scar
Semoga bermanfaat
Mr. Crack merupakan julukan yang ditujukan ke BJ Habibie karena temuannya mengenai keretakan badan pesawat karena faktor kelelahan rangka pesawat. Teori yang dikembangkan oleh BJ Habibie dinamakan Crack Propagation, dari sinilah asal mula julukan Mr. Crack menempel padanya. Dan beliau meneliti sampai tingkat atom. Pada balapan tamiya khususnya kelas STB++, memperbolehkan pembalap menggunakan chassis berbahan carbon. Chassis Carbon ini, memang sulit pecah, tetapi pada tingkat pemakaian tertentu chassis ini tidak sekuat ketika masih baru, chassis menjadi letoy atau lemas tidak kaku seperti pada awal. Kita tidak akan membahas tingkat keretakan pada chassis carbon, tetapi hal inilah yang mungkin terjadi pada chassis berbahan "arang" jika sekian lama dipakai. Meskipun tidak pecah atau patah, tetapi mungkin dalam tingkat mikroskopik chassis ini "retak". Ketika sudah seperti ini, anda tidak perlu menghitung dengan teori "Crack Propagation", cukup membeli chassis carbon yang baru, so simple isn't it?
retak pada chassis TZ - dekat lubang roller - biasanya menggunakan campuran lem Aron Alpha dan abu rokok untuk menambal |
Hal inilah yang dijadikan strategi oleh team team papan atas, yaitu memisahkan mobil untuk babak atas dan mobil untuk babak penyisihan. Karena mobil yang sudah "tidak fresh" karena terlalu banyak ikut race untuk babak penyisihan, kurang layak untuk bertanding di babak atas. Oleh karena itu mobil mobil "babak atas" yang masih "fresh" akan disimpan untuk ditandingkan pada babak atas sampai final. Jika anda tidak teliti dalam membalap, akan banyak chassis yang retak setelah membalap atau setelah menabrak sesuatu. Oleh karena itu ketelitian diperlukan disini. Dulu saya sempat heran, ketika mobil saya sedang bagus bagus-nya kemudian tiba tiba jadi "bego", ternyata dicek oleh guru tamiya saya ternyata chassis mobil saya depan retak pada bagian baut roller.
Bahan Body Tamiya
Body tamiya terbuat dari plastik dengan berbagai macam kualitas. Dalam balapan kadang kita harus memilih body dengan kualitas kurang bagus karena masalah desain bentuk body. Body favorit saya yaitu Beak Spider, termasuk kategori body tamiya dengan kualitas kurang bagus alias gampang pecah. Jika sudah seperti ini anda harus mempunyai stok body yang sama dengan jumlah cukup.
TRF Series |
Body kit Cyclone Magnum TRF misalnya, juga setali tiga uang dengan Beak Spider alias bahan body-nya kurang bagus. Meskipun saya termasuk suka dengan desain seri TRF ( Tamiya Racing Factory ), yaitu minimalis dan banyak bolong bolong ( racing style banget ).
Body Kit yang masuk kategori bagus ( kuat ) , antara lain Shirokumakko, bahanya tidak keras tapi liat, dijamin awet. Body Super Astute Pearl Special juga termasuk kuat, dan mempunyai bentuk body yang rendah dan simple, menjadikannya "sulit rusak" ketika mobil klontang.
Aero Avante dan Shadow Shark Yellow |
Body Aero Avante dan Body Shadow Shark mempunyai kualitas yang sama kuat. Untuk bahan body favorit adalah Shirokumakko, tidak keras tetapi lentur.
Mall Sekarat
Ini sebenarnya sebuah fenomena yang unik, dimana toko tamiya biasanya ada di sebuah mall yang "sekarat" atau boleh dibilang sepi, banyak tetapi tidak semua. Mungkin karena sekarang era belanja online sehingga banyak mall yang sepi. Contoh tempat legendaris Pondok Bambu Square Jakarta Timur, dulu Dolphin Tamiya di KTC Hypermart Kelapa Gading Jakarta Utara, ART Tamiya di Atrium Pondok Gede, Zero 8 di WTC Mangga Dua, RS Tamiya di MGK Kemayoran. Tetapi hal ini malah menjadi keuntungan tersendiri, karena lebih mudah membuat track yang luas di mall yang sepi dan tentu saja biaya sewa-nya mungkin cenderung lebih murah.
Suhu Track
Atrium One BelPark Fatmawati Jakarta Selatan |
Kasus ini benar benar terjadi, ketika itu lomba tamiya diadakan di One Belpark Mall, lomba di gelar di atrium mall yang "semi outdoor" sehingga ketika dari pagi sampai siang menjelang sore hawa-nya panas, yang berpengaruh terhadap suhu track. Sehingga ketika hari mulai malam, suhu mulai dingin, track menjadi lebih licin, hal ini berpengaruh terhapa settingan mobil, yang tadinya bisa melompati buaya menjadi mentok. Hampir semua pembalap "kehilangan settingan" di lomba ini. Tetapi dalam setiap balapan selalu ada pemenang, yaitu mobil dengan setting terbaik. Oleh karena itu jika mengikuti lomba yang agak outdoor, anda bisa mempersiapkan settingan cadangan untuk malam hari.
gambar diambi dari sini
Mentor
Jika anda seorang newbie di balapan tamiya, usahakan mencari mentor sehingga anda bisa ikut "program akselerasi". Karena jika belajar sendiri akan makan waktu cukup lama dan tentu saja biaya yang tidak sedikit untuk trial and error. Anda bisa saja membaca semua tulisan saya mengenai balapan tamiya, akan tetapi itu saja tidak cukup. Karena praktek dengan apa yang ditulis terkadang tidak sempurna dituangkan semua dalam bentuk tulisan. Oleh karena itu carilah mentor yang baik.
Mentor - Bruce Lee dan Yip Man |
gambar diambil dari sini
Attitude
Saya sharing berbagai hal mengenai tamiya yang mungkin tidak pernah disharing oleh para pembalap lain karena mungkin sifat-nya "rahasia". Guru tamiya saya dan team-nya pernah menjuarai lomba tamiya tingkat nasional, yang artinya dia dan team-nya merupakan salah satu team terbaik di Indonesia. Jika dulu saya ikut lomba dan kebetulan di babak awal ( pencarian kupon) pada saat antri ternyata 1 race, dia terima mundur antrian berikutnya, mungkin tidak enak guru melawan murid sendiri, hehehe. Tetapi dari awal kenal sampai sekarang, dia orang yang rendah hati, sopan dan tidak pelit berbagi ilmu seperti kebanyakan pembalap tamiya lain, yang jika ditanya pelit ilmu. Dulu dia bercerita ada teman satu team-nya yang lebih hebat dari dia, hanya karena attitude-nya kurang bagus akhirnya secara "alami" dia menghilang dari dunia balap tamiya. Padahal dulu pada masa jayanya dia dan teman-nya banyak menemukan settingan tamiya ( kelas STO ) untuk balap yang lebih maju dari jamannya ( sebelum kelas STB lahir ). Oleh karena itu attitude juga penting agar anda bisa bertahan di komunitas balapan tamiya.
Scar
Semoga bermanfaat
related links :
2 Comments:
Siapa guru anda?
Jika anda mengikuti group db untuk tamiya STB di jakarta khususnya, anda akan lihat team yang sering menang lomba. Itulah guru saya.
Post a Comment
<< Home