The Way Of Life: Steve Jobs ( flashback)
Google

Wednesday, January 16, 2013

Steve Jobs ( flashback)


Kali ini saya akan flashback, terhadap sosok alm Steve Jobs, ketika dia direkrut atau bergabung lagi dengan Apple. Tahun 1996 Apple membeli NEXT yang didirikan oleh Steve Jobs seharga $429 juta, sehingga secara otomatis Steve Jobs masuk kembali ke Apple. Jika kita lihat baik NEXT maupun Steve Jobs sendiri mempunyai track record yang bagus, jadi ketika NEXT dibeli Apple dalam kondisi yang bagus, bukan hampir bangkrut. NEXTSTEP merupakan OS yang sangat spesial di jamannya, NEXTSTEP dipakai di Swiss Bank Corportation, kemudian National Security Agency, Central Intelligence Agency, dan masih banyak lagi. Tim Berner Lee menggunakan NEXT untuk menciptakan web browser dan web server pertama di dunia. Juga game pioneer game 3D Doom diciptakan menggunakan mesin NEXT, saya sempat memainkan game Doom sewaktu kuliah. Game 3D yang berjalan di atas DOS!
Steve Jobs sempat tersinggung karena dipandang NEXT terlambat meluncurkan sebuah produk di era 80an. Jobs menanggapi "Terlambat? Komputer ini ( NEXT) lebih maju 5 tahun dari sekarang!"
Akhirnya teknologi special NEXT banyak diterapkan dalam membangun Mac OS X yang sekarang berjalan di mesin mesin Apple.
Steve Jobs juga mempunyai PIXAR yang membuat film animasi 3D yang fenomenal Toy Story, Steve membeli PIXAR dari George Lucas seharga $10 juta. NEXT juga sempat menggarap OPENSTEP dengan Sun Microsystem untuk menjadi sistem masa depan Sun.
Intinya ketika Steve Jobs bergabung lagi dengan Apple, posisi Steve Jobs lebih baik daripada Apple waktu itu. Apple saat itu sedang dalam kondisi terpuruk karena produknya banyak gagal di pasar.
Kita bisa mengambil pelajaran dari Steve Jobs, bagaimana dia bangkit setelah dikeluarkan dari Apple dan membangun perusahaan baru, membeli perusahaan dan akhirnya kembali ke Apple.

gambar diambil dari sini

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home