The Way Of Life: SQL Server Does Not Exist or Access Denied
Google

Tuesday, December 18, 2012

SQL Server Does Not Exist or Access Denied

Saya kali ini akan berbagi pengalaman mengenai permasalahan koneksi ke SQL Server. Kasus yang saya alami adalah sebuah PC ( sebut saja PC A)  dengan OS Windows 7 Ultimate tidak bisa melakukan koneksi ke server A dengan OS Windows Server 2003 Datacenter. Koneksi yang dilakukan melalui Query Analyzer dan koneksi dengan ODBC semua gagal. Akan tetapi PC A tersebut bisa melakukan koneksi ke server B dengan OS Windows Server 2003 R2. Dan PC B dengan OS Windows XP Professional bisa melakukan koneksi ke server A tersebut. Artinya baik PC A dan Server A mempunyai 'alibi' bahwa mereka 'tidak bermasalah'. 
Saya juga sudah mengupdate SQL Server 2000 dengan SP 4, kemudian setting firewall semua sudah off.
Akhirnya saya mengambil kesimpulan bahwa ada 'sesuatu'  pada PC A yang mengandung 'unsur' Server A, yang membuat PC A tersebut tidak bisa melakukan koneksi hanya ke Server A. Akhirnya dengan bantuan mbah Google, saya menemukan 'sesuatu' itu adalah setting di registry. Yaitu anda harus menghapus value pada

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\MSSQLServer\Client\ConnectTo 


Akhirnya PC A tersebut bisa terkoneksi ke Server A, masalah koneksi SOLVED! Semoga pengalaman saya bisa berguna bagi rekan rekan sekalian.

Penjelasan secara teknis mengenai kasus di atas, anda bisa melihat di situs resmi Microsoft disini

Tools :




Related Links:


Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home