The Way Of Life: Didesain dengan baik
Google

Wednesday, October 24, 2012

Didesain dengan baik

 BMW 318 old and new

Belum lama ini ketika saya sedang perjalanan pulang ke rumah menggunakan kereta api, ada seorang bapak berumur sekitar 60 tahunan yang duduk disebelah saya. Dia dalam perjalanan dari jakarta menuju jogjakarta, sedangkan beliau berasal dari sukabumi dan istrinya dari daerah jogjakarta, gedong kuning. Dan sekarang beliau tinggal di kota jogjakarta, dari pembicaraan awal dia sering menyetir mobil sendiri dari jakarta ke jogjakarta. Akhirnya beliau bercerita bahwa ayahnya dulu kolektor mobil dan kebetulan juga ayahnya membuka bengkel mobil di daerah jakarta, sekaligus ayahnya juga importir oli. Dari ayahnya juga bapak ini mengenal mobil dan hampir mencoba semua jenis mobil. Akhirnya saya juga bisa bertanya banyak mengenai mobil, karena saya sendiri sangat tertarik tentang masalah otomotif. Beliau menceritakan bahwa jika dia mengendarai mobil BMW, dia tidak merasa capek ketika menyetir untuk perjalanan jauh. Berbeda ketika dia menyetir mobil jenis lain, karena selain busa joknya yang empuk juga sisi ergonomis didesain dengan baik oleh pabrik BMW, ketika itu dia memiliki BWM seri 318 yang kata beliau tidak begitu boros. Untuk mobil dengan kenyamanan dan suspensi yang baik adalah Peugeot dari Perancis. Dia juga menceritakan bagaimana dia merawat VW kodoknya dahulu, sehingga ketika dibongkar mesinnya oleh mekanik, sang mekanik terheran heran, karena jeroan mesinnya sangat bersih untuk kilometer yang telah kembali ke nol. Sangat menarik meskipun hanya satu malam bersama bapak tersebut. Dari pembicaraan tersebut tercermin bagaiman pabrik seperti BMW dan Peugeot mendesain mobilnya dengan baik, sehingga memiliki mobil BMW atau Peugeot menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Dalam hati terbesit untuk mengoleksi BMW seri 318 seri lama maupun baru, semoga cita cita ini bisa tercapai. Amien.
Dari cerita diatas, saya juga teringat handphone jadul saya yaitu seri T610 Sony Ericsson, yang pada jamannya berharga hampir 3 jutaan, dan sekarang boleh dibilang tidak ada harganya. Akan tetapi desain klasiknya masih terlihat bagus, sisi ergonomisnya masih enak dan jarang sekali bermasalah.
Juga tulisan mengenai mesin pembuat rokok dari Jerman yang terkenal akan daya tahannya, dari beberapa artikel yang saya tulis, kita dapat melihat beberapa contoh produk yang didesain dengan sangat baik.

related links:

Memilih BMW


Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home