The Way Of Life: Cannot Login to Ubuntu Account
Google

Wednesday, January 16, 2013

Cannot Login to Ubuntu Account

Kali ini saya akan sharing mengenai pengalaman saya dengan Linux Ubuntu. Saya menginstall Linux Ubuntu Desktop sebagai Web Server sementara untuk development aplikasi web based. Awalnya saya install Linux Ubuntu versi 11 yang kemudian saya update secara online menjadi Ubuntu versi 12.04.1 LTS. Dan saya selalu mengupdate dengan patch terbaru yang disediakan. 
Hingga akhirnya entah mengapa saya tidak bisa login ke account Linux Ubuntu saya untuk masuk ke GUI, padahal username dan password sudah benar. Saya hanya bisa masuk dengan user Guest yang disediakan oleh Linux Ubuntu Desktop. Linux Ubuntu tidak menyediakan user root, tetapi hanya menyediakan user setara root, mungkin ini demi keamanan. Saya bisa login, tetapi kemudian muncul layar blank dan kembali ke tampilan login lagi.
Akhirnya setelah browsing, saya menemukan solusi yang mendekati kasus saya, dah saya lihat solusi itu logis dan bisa diterapkan di masalah yang saya hadapi.
Solusi tersebut saya ambil disini, potongan isinya saya copas kesini:

I had the same problem occurring to me (Ubuntu 12.04 LTS). I think it was because I was trying out startx -command with sudo.

I found out that the ~/.Xauthority -file was being owned by root, so at the login screen I hit ctrl+alt+f2 and from there I changed the ownership back to me (sudo chown user:user .Xauthority) and was able to login again

Di situ disebutkan dia tidak bisa login karena dia mencoba menjalankan startx command ( untuk menampilkan GUI) dengan perintah sudo. Dan karena hal tersebut file .Xauthority menjadi milik root, sehingga user lain selain root tidak bisa login ( hal ini yang terjadi dengan saya ). Kemudian dia mengganti kepemilikan file tersebut dengan perintah ( sudo chown user : user .Xauthority ) dan dia berhasil login kembali ( dan tentu saja saya juga berhasil ). Saya tidak melakukan apa yang dia lakukan, saya hanya mengupdate Linux Ubuntu saya, akan tetapi solusi dia bisa saya terapkan pada masalah saya.


Semoga pengalaman saya ini juga bisa berguna lagi rekan rekan sekalian.

Labels: , , ,

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

thanks gan sangat membantu

6:50 AM  
Blogger boed said...

sama2 gan, senang bisa membantu

4:23 AM  

Post a Comment

<< Home