The Way Of Life: Show PDF in ExtJS
Google

Saturday, December 01, 2012

Show PDF in ExtJS


Berikut saya ingin berbagi pengalaman tentang cara menampilkan file PDF di form ExtJS. Salah satu yang kurang dari ExtJS adalah fitur reporting, oleh karena itu kita harus memutar otak untuk hal tersebut. Salah satu caranya adalah menggunakan file pdf yang kemudian ditampilkan di form ExtJS. Untuk membuat file pdf salah satunya adalah menggunakan library php yaitu mPDF, anda bisa download library tersebut di sini. Kebetulan saya menggunakan framework CI untuk membuat aplikasi php. Saya tidak akan membahas dengan detail prosesnya karena cara membuat / men-generate file pdf di php dengan mPDF sudah begitu banyak di Internet. Pengalaman saya yang akan saya sharing di sini adalah, ketika file PDF yang sudah tergenerate dan kemudian saya load di form ExtJS menggunakan add-on dari FoxIt Reader yang ter-integrate dengan browser FireFox. Ketika pada saat awal load, tidak ada  masalah akan tetapi ketika saya mengganti parameter, dan kemudian aplikasi me-load file pdf tersebut, form ExtJS tetap menampilkan file pdf yang pertama. Akhirnya saya mencoba menganalisa, dan pada kesimpulan pertama yaitu ExtJS melakukan caching file pdf tersebut sehingga selalu me-load file pdf yang pertama. Akan tetapi setelah saya oprek cukup lama dengan men-disable cache pada ExtJS tetap tidak menyelesaikan masalah. Akhirnya masalah solved ketika saya mengganti add-on pdf viewer di browser menggunakan Adobe Acrobat Reader, atau anda bisa mencari add-on PDF Viewer di browser FireFox jika anda menggunakan browser tersebut. Ternyata add-on FoxIt Reader belum sempurna seperti milik add-on Adobe Acrobat Reader. Semoga pengalaman saya ini bermanfaat bagi rekan rekan.

Tools :

Labels: , , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home