The Way Of Life: Install PHP-GD Support di Linux Ubuntu
Google

Tuesday, November 13, 2012

Install PHP-GD Support di Linux Ubuntu

Kali ini saya akan men-sharing pengalaman dalam membuat fitur captcha dengan menggunakan ExtJS. Saya tidak akan membahas mengenai pembuatan captcha-nya, rekan rekan bisa mencari sendiri di internet. Pengalaman saya adalah, ketika saya dan rekan saya mendevelop aplikasi ExtJS menggunakan XAMPP di Windows, captcha dapat berfungsi dengan baik,akan tetapi ketika saya upload ke web server dengan OS Linux Ubuntu, captcha tersebut tidak berfungsi. 


Akhirnya setelah sekian lama googling dan bertanya ke teman, saya dan teman saya menemukan masalahnya, kenapa fitur captcha tidak berfungsi di Linux Ubuntu. Yaitu karena captcha membutuhkan PHP GD Support, oleh karena itu kita harus menginstall GD support di PHP, caranya adalah sebagai berikut:

1. sudo apt-get install php5-gd

2. /etc/init.d/apache2 restart

Untuk mengecek sudah terinstall atau belum , anda bisa mengecek dengan mengetikkan perintah berikut di terminal Linux Ubuntu.

php5 -m | grep -i gd

atau anda bisa melihat dengan membuat file php sederhana yang berisi kode seperti dibawah ini:

 phpinfo();

Jika anda jalankan file php tersebut di web server, anda akan dapat melihat apakah GD support di PHP sudah aktif ( enabled ) atau belum, seperti gambar di bawah ini.


Dan fitur captcha akan tampil dengan sempurna seperti gambar di bawah ini:


Semoga pengalaman saya dapat membantu rekan rekan sekalian.

Related Links:

Install GD Support

Tools:
Linux Ubuntu, Apache, ExtJS, Microsoft SQL Server,Notepad ++


Labels: , , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home