The Way Of Life: Yamaha Carbon Cleaner Review
Google

Wednesday, January 16, 2013

Yamaha Carbon Cleaner Review


Pertama kali mendengar produk carbon cleaner yaitu melalui pembicaraan dengan teman saya mengenai perawatan motornya. Akhirnya saya mencari melalui internet dan mendapatkan Yamaha Carbon Cleaner yang dijual di pasar Indonesia. Kemudian saya juga melihat review dari berbagi blog dan website mengenai efek dari penggunaan Yamaha Carbon Cleaner. Sebenarnya bukan saya ingin membeli Yamaha Carbon Cleaner, tetapi merk yang ada dan banyak dipakai adalah merk ini. Dari berbagai sumber di internet itulah  yang membuat saya ingin mencoba Yamaha Carbon Cleaner.

Yamaha Carbon Cleaner dikemas dalam sebuah botol dengan isi 75 mL, botol kecil berwarna hitam dengan tulisan YAMALUBE. Jika dilihat di bagian bawah kemasan botol produk ini dibuat oleh perusahaan multinasional  Amerika yaitu Chevron.

 Secara teori 1 botol tersebut dapat di campurkan dengan bahan bakar sebanyak 3,5 s/d 5 liter. Yang artinya bagi saya yang memakai Supra X 125, jika bensin full tank, maka cukup dicampur dengan 1 botol carbon cleaner. Dari berbagai blog saya lihat banyak pemakai carbon cleaner yang menggunakan motor dengan KM yang sudah banyak yaitu di atas 10.000 KM, sedangkan motor saya baru sekitar 8.500 KM. Saya pahami dengan kondisi motor saya yang selalu rutin servis dan KM yang belum banyak, otomatis carbon cleaner kemungkinan tidak akan berefek banyak terhadap motor saya. Hal itu disebabkan tumpukan carbon pada motor saya tentu tidak sebanyak pada motor rekan - rekan yang lain dengan KM yang sudah cukup tinggi.

Akhirnya saya membeli Yamaha Carbon Cleaner di dealer Yamaha, seharga Rp 21.000, saat itu kondisi tangki motor saya terisi bensin premium 2 bar, kemudian saya isi full tank dengan pertamax dan kemudian saya campurkan Yamaha Carbon Cleaner. Sebenarnya menurut pihak mekanik bengkel, tidak harus menggunakan pertamax untuk mencampurkan Yamaha Carbon Cleaner, cukup dengan premium pun bisa. Akhirnya setelah saya isi dengan Yamaha Carbon Cleaner, saya berharap ada peningkatan performa dengan motor saya, tetapi setelah bahan bakar yang tercampur carbon cleaner tersebut hampir habis, saya tidak merasakan perubahan yang signifikan pada motor saya. Hal ini mungkin karena kondisi motor saya yang masih 'bersih' sehingga efeknya tidak terasa.


Pada pengisian bahan bakar yang kedua, saya baru merasakan efek dari carbon cleaner yaitu tarikan motor menjadi lebih enteng dan halus. Anda dapat merasakan pada telapak tangan anda ketika memutar grip gas, perlu anda perhatikan sensasi tarikan yang enteng jangan membuat anda terlena. Terlena untuk memutar grip gas lebih dalam, apalagi dalam kondisi lalu lintas yang padat. Saya tidak tahu mengapa hal ini tidak terjadi pada awal pemakaian carbon cleaner. Akhirnya saya merasakan efek dari Yamaha Carbon Cleaner dan bisa mensharingkan dengan teman teman. Tulisan ini saya buat murni dari pengalaman pribadi, bukan iklan dari Yamaha Carbon Cleaner ataupun Honda Supra X 125.

gambar diambil dari sini dan sini

Labels: , , , ,

2 Comments:

Anonymous Aldy Avellino said...

Info yang sangat bermanfaat gan, semoga bisa jd review yang bagus buat sobat-sobat rider lainnya :)

12:19 AM  
Blogger boed said...

sama2 bro aldy

7:03 PM  

Post a Comment

<< Home