The Way Of Life: In Memoriam : Steve Jobs
Google

Saturday, August 11, 2012

In Memoriam : Steve Jobs

Mungkin saya agak terlambat untuk menulis In Memoriam - Steve Jobs, karena beliau telah meninggal tanggal 5 Oktober 2011 karena kanker pankreas. Saat ini saya tidak akan menulis tentang diri Steve Jobs sepenuhnya, tetapi bagaimana saya 'berkenalan' dengan sosok Steve Jobs. Awal saya mengenal Steve Jobs adalah ketika saya SMP yaitu sekitar tahun 1990-1993, saya melihat sosok foto Steve Jobs bersama Bill Gates waktu itu, dan tulisan di majalah tersebut menyebutkan mereka adalah dua anak ajaib. Majalah tersebut adalah majalah Kawanku, yang menurut saya di era tersebut adalah majalah lokal terbaik yang saya temui, saya banyak mendapatkan informasi yang 'cool' yang tidak pernah saya dapat dari majalah lokal saat itu. Dan sekarang isinya jauh berkurang ( menurut sudut pandang saya, atau memang sekarang isinya bukan untuk seumuran saya ) kualitasnya dibandingkan dengan isi artikel pada era 90an. Yang paling suka dari artikel Kawanku saat itu adalah INFOTEKNO yang membahas teknologi terbaru. Di bawah ini adalah foto mereka berdua yang pertama kali saya lihat di majalah Kawanku.


Inilah gambar mereka berdua ketika masih 'segar',selanjutnya di majalah Kawanku banyak dikupas masalah sepak terjang Apple. Yang saat itu saya masih belum tahu komputer, apa itu source code, apa itu operating system. Sampai menginjak SMA pun hanya dapat pengetahuan mengenai DOS, yang syntax-nya saat itu membuat saya berkerut, DIR, COPY, FORMAT, bikin pusing. Entah karena ketertarikan saya dengan sosok Steve Jobs di era saya belum mengenal komputer yang akhirnya mengantarkan saya kuliah di bidang komputer. Sampai di bangku kuliah pengetahuan mengenai komputer saya semakin meningkat dan otomatis pengenalan terhadap tokoh Steve Jobs semakin mendalam. 
 Saya terus mengikuti sosok Steve Jobs dari majalah - majalah yang ada di perpustakaan saat itu, salah satu majalahnya adalah Jakarta - Jakarta, Info Komputer, dan lain sebagainya. Ketika akhirnya dia dikeluarkan dari Apple dan membuat NEXT, gambar ketika dia membuat perusahaan NEXT ada di bawah ini:

NEXT Computer

 iMac 1998

Kemudian era kembalinya dia ke Apple  yang merupakan era kebangkitan Apple dari keterpurukannya. Akhirnya Apple menelurkan berbagai produk fenomenal antar lain iMac, kemudian diikuti iPod, dan sampai sekarang. Cerita perjalanan karier Steve Jobs sangatlah menarik, berbeda dengan Bill Gates yang selalu 'stand by' di Microsoft, lebih 'dramatis' Steve Jobs. 


Ketika Steve Jobs mulai kurus dan sakit karena kanker pankreas, saya lihat ketika beliau me-launching iPhone. Dalam hati saya berkata, "tidak lama lagi!", bukan berarti saya nyumpahin beliau, akan tetapi melihat kondisi beliau yang sangat tidak sehat waktu itu. Dan akhirnya setelah sekian lama berjuang, sang legenda dan idola saya pun meninggal. Sedih pasti tapi saya tetap berharap banyak pada Apple untuk terus membuat produk yang fenomenal with or without Steve Jobs. Good Bye Steve!


gambar diambil dari sini

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home