The Way Of Life: Service Length
Google

Monday, December 20, 2010

Service Length

B-52 Stratofortress

Jika anda 'pemain lama' dalam dunia perkomputeran tentu sekitar tahun 1995 mengenal printer dot matrix EPSON LX-300, jika dihitung sampai sekarang sekitar 15 tahun printer ini menemani kita. Tentu dengan versi yang berbeda yaitu seri LX-300+II. Jika dibandingkan printer lain tentu printer ini mempunyai service length yang cukup mengagumkan. Salah satu kelebihan printer ini adalah daya tahan dan ekonomis, ekonomis tentu saja karena menggunakan pita. Kelebihan lain adalah printer ini biasa digunakan di mini market, super market, dan perkantoran untuk mencetak dengan kertas karbon / kertas carbonize, hal ini yang tidak bisa dilakukan oleh printer tinta maupun laser. Perubahan bentuknya dari awal pun tidak banyak berubah, hanya seri terakhir sudah dilengkapi port USB.
Dari dunia IT kita beralih ke dunia militer, yaitu pada pesawat bomber Boeing B-52 Stratofortress. Pesawat yang lahir pada era tahun 1950 sampai sekarang masih dipakai, tidak ada satu pesawat tempur yang mampu menandingi service length B-52 ini. Dari bentuknya yang besar, jelek dan gemuk tapi menyimpan kemampuan yang luar biasa. Tidak heran discovery channel menetapkan sebagai bomber nomor satu dan terbaik sepanjang masa. Dan tentu saja biaya operasionalnya yang ekonomis dibanding pesawat sejenis yang dimiliki USAF. Hal inilah yang membuat USAF berencana mempertahankan B-52 sampai tahun 2040. Biaya operasional yang ekonomis ini penting bagi service length sebuah pesawat. Contoh pesawat SR-71 BlackBird pensiun cepat karena biasa operasionalnya sangat mahal, meskipun dilengkapi teknologi yang sangat canggih. Pesawat bomber siluman pertama yaitu F-117 Night Hawk pun harus pensiun setelah 27 tahun mengabdi.
Dari kedua contoh inilah sebuah produk yang ekonomis dapat memperpanjang 'masa pengabdian' produk tersebut di pasar.

related links:

Daya Tahan

A Few Good Software

Hemat

Sederhana part 1

Sederhana part 2

Sederhana part 3

gambar diambil dari sini

Labels: , ,

2 Comments:

Anonymous Service Printer Surabaya said...

Terimakasih unt pembahasan tentang service printer. Semoga blognya tambah rame. Salam kenal. Maaf Numpang promo pak kali aja ada yang cari 'service printer panggilan surabaya' . terimakasih pak admin.

1:38 AM  
Anonymous Service Printer Surabaya said...

Terimakasih unt pembahasan tentang service printer. Semoga blognya tambah rame. Salam kenal. Maaf Numpang promo pak kali aja ada yang cari 'service printer panggilan surabaya' . terimakasih pak admin.

1:39 AM  

Post a Comment

<< Home