The Way Of Life: Memori Printer Kurang
Google

Friday, October 05, 2012

Memori Printer Kurang

 Kali ini saya akan menulis mengenai pengalaman saya mencetak dokumen word yang berisi kumpulan gambar. Ketika saya print preview untuk melihat hasilnya normal, akan tetapi ketika dicetak di printer ( HP Photosmart C4700 ), hasilnya beberapa gambar hilang, dari sekitar 8 gambar yang tercetak hanya 3 gambar. Awalnya saya dan teman saya berpikir ada setting yang salah pada dokumen entah itu margin dan sebagainya. Akan tetapi setelah dioprek cukup lama hasilnya sama saja, kemudian kami mencoba mencetak di printer lain, kebetulan menggunakan Printer HP LaserJet P2055dn, hasilnya gambar tercetak semua, akan tetapi karena printer laser maka hasilnya hitam putih. Kemudian teman saya mencoba mengedit kumpulan gambar tersebut di aplikasi Corel, ketika akan dicetak muncul pesan bahwa kemungkinan printer kekurangan memori karena gambar yang akan dicetak terlalu besar. Dari pengalaman dengan aplikasi Corel tersebut, akhirnya masalahnya ketemu bahwa printer HP Photosmart tidak cukup memorinya untuk menampung dokumen yang akan dicetak karena terdiri dari gambar dengan resolusi yang tinggi, sedangkan HP LaserJet P2055dn bisa karena memorinya lebih besar. Setelah saya lihat dari spesifikasinya memang memori HP Photosmart hanya 64 MB ( max  64 MB) sedangkan HP LaserJet P2055dn mempunyai memori standart 128 MB ( up to 384 MB (via 1 open 144-pin DIMM slot)). Akhirnya kami mereduksi resolusi gambar tersebut di aplikasi Paint milik Windows, kemudian baru memasukan ke dalam dokumen word, hasilnya gambar bisa tercetak semua. Memang terkadang kita mengedit dokumen berisi gambar dengan copy paste langsung ke dokumen, hal ini menyebabkan besar file dokumen menjadi bengkak , meskipun kita sudah membuat menjadi terlihat kecil di dokumen yang kita edit. Hal ini akan bermasalah pada saat mencetak pada printer yang memorinya kurang besar dan akan terjadi kasus yang sama seperti yang saya alami. Semoga bermanfaat bagi rekan rekan.

catatan : Artikel ini murni pengalaman pribadi saya, bukan iklan printer HP, saya tidak dibayar oleh pihak HP untuk menulis artikel ini.

Related links:

Microsoft Word lambat
Microsoft Excel lambat ketika terhubung jaringan

Labels: , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home