The Way Of Life: Desain Produk
Google

Sunday, May 06, 2012

Desain Produk


Belum lama ini, saya membeli sabun cair merk B ( sebut saja B), dari sebelumnya merk A. Awalnya adalah ingin merasakan sesuatu yang beda, karena bosan dengan merk A terus. Setelah mencoba merk B, hal pertama yang tidak saya sukai adalah terlalu encer, lebih encer dari merk A yang sebelumnya saya pakai. Dan ternyata tingkat keenceran ini mempengaruhi ketika kita menuang ke telapak tangan, yaitu akan terlalu banyak tercurah ( semoga pembaca paham ). Beda dengan merk A yang lebih kental sehingga kita lebih bisa mengontrol banyaknya sabun cair yang keluar. Ternyata keenceran yang kelihatananya sepele menjadi penting.


Kasus kedua adalah botol plastik kemasan untuk minuman, besar lubang kemasan ternyata juga berpengaruh terhadap kenyamanan ketika kita meminum langsung dari botol, lubang yang terlalu besar membuat kita tidak nyaman ketika meminum karena air yang keluar menjadi terlalu banyak. Kedua hal tersebut kelihatannya sepele tapi ternyata penting.
Kedua kasus ini mengingatkan saya pada filosofi pabrikan mobil McLaren dalam memproduksi mobil yaitu "Form Follows Function" dan "Driver Centric Design", artinya kenyamanan pengguna mobil menjadi acuan McLaren untuk mendesain sebuah produk.

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home