The Way Of Life: The Italian Job
Google

Wednesday, February 11, 2009

The Italian Job

Leonardo Da Vinci

Untuk masalah desain kendaraan bermotor, orang Italia memang tiada duanya. Mungkin karena di Italia banyak seniman besar lahir, seperti Leonardo Da Vinci, yang mempunyai kemampuan desain di atas rata - rata pada jamannya. Pada awal peluncuran sepeda motor Ducati 916 yang menjadi juara dunia Superbike 1994, sejak saat itu banyak pabrikan motor jepang meluncurkan berbagai jenis motornya untuk bersaing dengan Ducati 916. Tetapi untuk masalah bentuk sampai saat ini Ducati 916 masih terlihat bagus. Ducati 916 merupakan salah satu World Greatest Motocycle. Itulah kelebihan orang Italia dalam mendesain kendaraan bermotor, selain rasa seninya tinggi, juga motor di desain untuk tidak ketinggalan jaman bentuknya. Bisa dilihat pada gambar di bawah ini, rival - rival dari Ducati 916 yaitu Kawasaki ZX-7R, Honda RC 45, Suzuki GSX 750. Motor - motor Jepang terlihat kedodoran, jika dilihat pada jaman sekarang. Bentuknya gendut - gendut dan kurang cantik serta kurang elegan. Sedangkan Ducati 916 masih menyiratkan kecantikan di masa mudanya, dan masih terlihat awet muda sampai sekarang.

Ducati 916 Senna

Kawasaki ZX-7R

Honda RC 45

Suzuki GSX 750

Dalam dunia desain perangkat komputer, Apple merupakan trendsetter desain model komputernya bisa dijadikan collection item para computer mania. Bukan karena aplikasinya saja, juga karena modelnya yang unik. Mungkin untuk mendesain model - model lengendaris para desainer harus memeras otak kiri dan kanannya agar menghasilkan desain yang elegan.
Untuk desain aplikasi komputer semisal SIMRS juga harus didesain dengan elegan, meskipun dimakan jaman tetapi akan terus bisa melekat di hati user, karena kemudahan, kecepatan, akurasi, daya tahan dari aplikasi SIMRS itu sendiri. SIMRS dengan model mutakhir tapi dalam waktu 1 tahun performanya sudah menurun, susah digunakan, menggunakan menu model tombol - tombol seperti buatan anak kuliah yang lagi lucu - lucunya, sehingga ketika ditambah menu baru tombol - tombol tersebut harus digeser lagi posisi-nya sehingga menjadikan kurang indah dipandang. Itulah mengapa Microsoft word masih menggunakan pulldown menu, karena masalah fleksibilitas. Dan terlihat produk tersebut lebih 'dewasa' bukan seperti produk 'anak-anak'.

Ducati 916

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home