The Way Of Life: Keuntungan Sesaat
Google

Monday, August 20, 2012

Keuntungan Sesaat

Belum lama ini saya membeli sebuah komponen visual basic dari vendor lokal, komponen ini berfungsi untuk mengkoneksikan ke sebuah alat. Satu sisi saya tidak ingin berpusing ria untuk membuat komponen sendiri karena waktu yang terbatas, kemudian saya ingin fokus untuk membuat bussines logic-nya daripada berkutat untuk mengkoneksikan ke alat tersebut. Akhirnya transaksi jual beli pun terjadi, komponen tersebut saya terima melalui e-mail, kemudian saya coba dan berhasil. Seiring dengan berjalannya waktu ada beberapa kendala yang saya temui, yang ketika saya e-mail masalah saya ke beliau, kemudian saya hubungi via YM tidak ada balasan. Akhirnya saya membuat trik terhadap code yang saya buat agar kendala tersebut tidak menjadi masalah. Saya tidak tahu apa yang ada di benak pembuat komponen ini, apa menganggap masalah saya adalah masalah sepele atau lainnya. Akhirnya saya pun tidak mau berkutat terhadap respon si pembuat ocx tersebut, toh saya sampai saat ini bisa mengatasinya. Yang saya sesalkan adalah pelayanan after sales yang tidak dia perhatikan, beliau merespon cukup baik ketika saya akan membeli komponen tersebut, setelah itu sama sekali tidak merespon. Saya tidak tahu alasan beliau, yang jelas saya tidak akan membeli komponen buatan beliau lagi, bukan masalah bagus atau tidak bagus, tetapi masalah pelayanan after sales yang mengecewakan.

Mungkin kejadian yang saya alami di atas bisa menjadi pelajaran bagi rekan rekan, bahwa  pelayanan after sales sangat penting untuk keuntungan jangka panjang bukan keuntungan sesaat. Jika ada teman bertanya untuk komponen tersebut, tentu saya tidak merekomendasikan vendor / orang tersebut karena kurang profesional. Salah satu ide after sales yang bisa menjadi contoh adalah Genius Bar dari Apple. Semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua.

gambar diambil dari sini

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home