The Way Of Life: Cara Agar Baterai Laptop Awet
Google

Wednesday, October 17, 2018

Cara Agar Baterai Laptop Awet

Lenovo Energy Management

Kali ini saya akan berbagi tips cara membuat baterai laptop anda panjang umur. Mungkin di internet ada banyak sekali tips cara membuat baterai laptop anda panjang umur. Perlu anda ketahui, sehebat apapun usaha anda dalam rangka membuat baterai laptop anda panjang umur, baterai sendiri ada umurnya, jadi ada batas maksimalnya sampai akhirnya soak atau rusak. Jadi tidak perlu berusaha terlalu susah payah. Tips yang akan saya bagikan yaitu memakai software atau aplikasi bawaan dari laptop anda masing masing. Yang saat ini setahu saja semua laptop sudah dibekali software energy management. Laptop Lenovo saya yang saya beli tahun 2012, yaitu seri G460 sudah dibekali Lenovo Energy Management. Dengan software ini saya bisa membuat 2 setting cara charge baterainya, yaitu full charge 100% atau hanya 80% full. Jika menggunakan opsi 80% full maka opsi ini akan membuat baterai lebih awet. Tulisan awal saya mengenai Lenovo G460 tahun 2012 bisa anda baca disini

Masih tahan 35 menitan

Disini saya bukan bermaksud promosi merk Lenovo atau merk produk tertentu, tetapi karena saya memang membeli laptop tersebut dengan berbagai pertimbangan. Saat tulisan ini ditulis yaitu tahun 2018, baterai laptop saya masih bisa bertahan sekitar 35 menit, ketika power dicabut sampai muncul notifikasi low power pada laptop saya. Untuk laptop yang berumur 6 tahun, saya rasa hal tersebut sudah sangat lumayan. Laptop teman saya yang satu angkatan baterainya sudah jebol, padahal pemakaianya super hati hati, kadang malah ketika laptop dipasang power, baterainya dicopot. Logikanya agar baterai tidak sering di-charge, sehingga awet tetapi nyatanya jebol juga. Saya lebih memilih cara ini, dan sudah terbukti bahwa cara ini bisa membuat baterai lebih panjang umur. Saya tidak menyuruh anda membeli laptop Lenovo, monggo bisa pilih yang lain. Dan selalu gunakan aplikasi/software Power Management bawaan untuk membuat baterai laptop anda lebih panjang umur. Tidak perlu menggunakan berpuluh puluh tips yang "aneh" dan ribet, cukup gunakan software power management.

Semoga bermanfaat.

Labels: , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home