The Way Of Life: Cara Extend Drive C Pada Windows 7
Google

Sunday, June 03, 2018

Cara Extend Drive C Pada Windows 7


Kali ini saya akan berbagi tips mengenai cara melebarkan atau menambahkan volume partisi drive C: ( system windows ) pada Windows 7. Sebenarnya saya sendiri tidak iseng atau kurang kerjaan riset tips ini, lebih tepatnya karena kebutuhan. Dulu awal saya menginstall windows 7, partisi drive C: saya hanya saya beri jatah 50 Gb dari 500 Gb space hard disk saya. Dulu mikirnya karena biar lebih cepat loading-nya, dan toh saya tidak suka menginstall game atau program aneh aneh yang memerlukan banyak space. Tetapi setelah seiring berjalannya waktu, drive C: saya jadi bengkak, entah itu karena otomatis update dari Windows dan masih banyak lagi sebab lainnya.
Dulu saya pernah mencoba tools Minitool Partition Wizard, tetapi tidak berhasil, akhirnya kemarin saya mencoba searching di google, akhirnya menemukan link youtube cara meng-extend drive C: tanpa tools, di youtube-nya bisa, setelah dicoba sendiri tidak bisa.

Akhirnya saya mendapat link blog punya Mas Sutarto, setelah saya coba ternyata berhasil.

Caranya yaitu kombinasi keduanya, yaitu teknik yang ada di youtube dan tambahan tools.

Langkah langkahnya yaitu :
  1. Klik Kanan My Computer kemudian pilih Manage, lalu pilih Disk Management.
  2. Lalu Klik Kanan drive selain C:, misal D, E tergantung komputer anda lalu pilih Shrink Volume, atur besarnya volume yang akan ditambahkan ke Drive C:, yang tampil di situ adalah sisa dari space hard disk yang belum terpakai. Setelah selesai klik tombol Shrink.
  3. Nanti setelah selesai akan muncul UnAllocated Space yaitu space yang nantinya akan ditambahkan ke drive C:
  4. Kemudian kita download tools tambahan yang bernama Aomei Partition Assistant, download freeware-nya, kemudian install.
  5. Sebelum kita extend drive C: kita,  non aktifkan setting page file windows karena jika kita masih mempunyai page file di drive C: atau D: kita maka proses extend-nya akan terhambat di 1 % terus. Caranya masuk ke My Computer - Properties - Advanced System Setting - Advanced - Performance - Setting - Advanced - Virtual Memory , kemudian pilih No Paging File, lalu klik tombol Set. Lakukan ini untuk drive C dan D: atau drive yang akan terkena efek proses extend ini.
  6. Kemudian masuk ke menu tools Aomei Partition Assistant, pilih Drive C:, kemudin pilih menu Extend Partition Wizard, lalu tunggu sampai selesai ( saya memerlukan waktu 20 menit untuk menambah 30an Gb), perlu diingat pada langkah ke-6 ini, harus berhati hati karena menu-nya dalam bentuk slider, sehingga bisa saja anda meng-extend drive C: melebihi UnAllocated Space yang sudah anda persiapkan.
  7. Semoga berhasil, jika anda belum berpengalaman, ada baiknnya didampingi rekan atau orang yang mengerti IT.
Langkah ke-2

Langkah ke-6



Semoga tips ini bermanfaat bagi rekan rekan semua.



Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home