The Way Of Life: Review Pemotong Rumput Black & Decker GL 260-B1
Google

Sunday, July 29, 2018

Review Pemotong Rumput Black & Decker GL 260-B1

GL260-B1 sebelum dirakit

Kali ini saya akan mencoba review ringan mesin pemotong rumput listrik Black & Decker GL 260-B1. Mesin pemotong rumput listrik ini menggunakan senar sebagai alat pemotongnya. Sebelumnya saya mencoba mencari mesin pemotong rumput listrik yang murah akhirnya sama menemukan alat ini seharga 350 rb ( harga promo ). Memang saya sudah lama menginginkan mesin pemotong rumput listrik untuk merapikan taman di rumah yang saya tanami rumput jepang. Rumput jepang ini perlu pemotongan berkala agar selalu rapi dan subur.
Grass Shear Carbon Steel Blade - Made In Japan
Kelebihan memotong rumput dengan gunting rumput manual adalah..

Sampahnya gampang dikumpulkan dengan tangan

Awalnya saya membeli gunting rumput manual, akan tetapi ketika digunakan cukup melelahkan sehingga perlu bertahap untuk memotong semua rumput di taman saya, tidak bisa satu hari selesai.

Mesin potong rumput listrik GL 260-B1 ini mempunyai bentuk yang praktis dan memang dibanding seri yang sebelumnya, seri ini merupakan versi lite sehingga hampir semua bagiannya terbuat dari plastik. Tetapi hal ini bagi saya tidak menjadi masalah, meskipun berbahan plastik, alat ini lumayan kokoh dan tentu saja ringan.

Bisa dioperasikan dengan 1 tangan, baiknya pakai 2 tangan dengan handle bantuan yang tersedia

Kemudian konsumsi listriknya 250 W, lebih kecil dibanding seri sebelumnya, tapi mempunyai kecepatan lebih tinggi yaitu 11.500 rpm ( rotation per minute ) dibanding kakaknya yaitu seri GL 4525 hanya 7.300 rpm dengan dinamo 450 W, hanya memang seri GL 4525 ada pelindung kawat di depan sehingga mesin tidak akan mentok ke tembok ketika memotong rumput di pojokan serta panjang gagang yang bisa diatur.

Seri GL4525 ada pelindung kawat di depan

Awalnya saya agak sangsi dengan kemampuan mesin memotong rumput, soalnya hanya bermodal senar. Tetapi ketika saya coba ternyata hasilnya memuaskan. Memang target saya hanya untuk memotong rumput yang kategori lunak, sehingga saya memilih membeli mesin potong rumput yang kategori "lite". Untuk rumput kelas berat, saya sarankan untuk membeli yang model blade ( pisau ) dan tentu harganya jaul lebih mahal.

Hasil pemotongan

Kemudian saran saya ketika anda membeli alat ini, pastikan juga anda membeli kabel roll, karena kabel yang tersedia hanya 2.8 meter, kemudian alat - alat pendukung lainnya yaitu sapu lidi dan pengki jangan lupa. Karena ketika menggunakan mesin ini sampah yang dihasilkan lebih lembut (kecil) karena tercacah dibanding anda memotong rumput secara manual yang cenderung sampahnya lebih besar dan mudah dibersihkan.

Senar pemotong

Untuk refill senar saya belum bisa berkomentar karena saya belum pernah menggantinya, kalau dari jenis senar anda bisa mengganti senar dengan diameter yang sama di toko pancing atau bisa juga membeli senar refill after market yang sesuai.



Labels: , ,

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Sudah pernah ganti senar blm gan?kl sudah pake merk apa ya yg bisa atau lebih kuat

5:00 PM  
Blogger boed said...

belum pernah gan, rencana mau pakai kabel ties saja. Nanti saya info jika sudah saya ganti. Sekarang saya ganti rumput dengan rumput gajah mini. jadi jarang potong rumput lagi :)

6:03 PM  

Post a Comment

<< Home