The Way Of Life: Cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk
Google

Friday, May 18, 2018

Cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk


Kali ini saya akan membagikan tips cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk. Tips ini saya tulis setelah ada salah seorang teman saya yang meminta bantuan saya karena semua file di flashdisk-nya hilang setelah flashdisk-nya dikoneksikan dengan handphone android. Jadi teman saya tadi ingin menonton film yang ada di flashdisk dengan handphone android.Jadi perlu saya jelaskan dari awal kasus kali ini adalah file yang rusak/hilang bukan karena virus, jika file yang rusak karena virus karena disembunyikan anda bisa menggunakan cara melalui link ini

Setelah saya coba me-recovery menggunakan tools dari windows yaitu checkdisk, file tetap tidak bisa balik. Kemudian saya mencari tools di internet melalui bantuan mbah Google, saya menemukan 2 tools yang bisa mengembalikan file tersebut yaitu  EaseUS dan RecoverIT , tetapi semua berbayar atau "meminta bayaran" ketika kita menekan tombol recover. Seperti tools EaseUS harganya sekitar 1 jutaan, sedangkan RecoverIT sekitar 700 ribuan. Kalau memang file anda sangat berharga belilah tools tersebut, setidaknya jika anda mendapati kasus serupa anda bisa menggunakannya kembali.

Akhirnya saya mendapatkan tools gratisan ( open source ) bernama Photorec buatan CGSecurity, tools ini menggunakan 2 model interface yaitu command line ( seperti DOS ) pada aplikasi photorec_win.exe dan model Windows yaitu aplikasi qphotorec_win.exe , sehingga bagi anda yang bukan anak IT atau orang awam gunakanlah aplikasi  yang menggunakan GUI yaitu qphotorec_win,exe

Berikut urutan caranya :

  1. Download file Photorec disini, atau anda bisa bertandang ke websitenya di https://www.cgsecurity.org/wiki/PhotoRec.
  2. Extract filenya di folder komputer anda.
  3. Anda bisa memilih dua model aplikasi yaitu model command line ( DOS ) pada aplikasi photorec_win.exe atau model Windows ( GUI ) pada aplikasi qphotorec_win.exe
  4. Langkah berikutnya yaitu pilih drive atau flashdisk dalam kasus ini yang akan direcover.
  5. Pilih file systemnya yaiut FAT/NTFS/... sesuai dengan file system pada flashdisk anda, lalu Pilih Whole Partition untuk me-recover semua file anda pada seluruh bagian flashdisk.
  6. Hasil file yang direcovery ada dimasukan ke dalam folder recup.dir.1 dst, ini juga salah satu kelemahan tools ini yaitu tidak bisa mengembalikan namafolder dan nama file seuai aslinya, sehingga anda harus mengecek file satu demi satu, tapi ini sudah jauh lebih baik untuk sebuah aplikasi gratisan.
Proses Recovery menggunakan aplikasi photorec_win.exe, pakai command line bener bener laki banget ,hehehe
QPhtorec


Hasil Recovery Photorec


Kekurangan tools Photorec ini yaitu file hasil recovery namanya berubah tidak sesuai aslinya, jadi teman teman harus mengecek satu demi satu file yang sudah direcovery dan me-rename kembali, ya menurut saya ini sudah jauh lebih baik daripada file anda hilang sama sekali. Kalau mau tools yang mudah dan hasilnya OK, belilah tools yang berbayar seperti EaseUS.

Catatan : Penulis tidak bertanggungjawab terhadap kerusakan file yang terjadi karena salah menggunakan menu dalam tools ini, jadi jika teman teman tidak mengerti cara menggunakan tools ini mohon minta bantuan teman yang mengerti IT/Komputer.

Semoga tips ini bisa membantu teman teman, meskipun tidak sempurna ini sudah jauh lebih baik daripada file anda hilang. Anda bayangkan file tesis anda yang sudah berbulan bulan anda kerjakan hilang, atau file laporan keuangan perusahaan, file presentasi penting untuk client dan sebagainya. Tips tambahan yaitu gunakan fasilitas penyimpanan cloud untuk backup seperti Google Drive misalnya.

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home