Perbandingan aplikasi Mobile Banking Mandiri vs BCA vs BRI
Kali ini saya akan membandingkan atau review ringan 3 aplikasi Mobile Banking dari 3 bank ternama yaitu Bank Mandiri, Bank BCA dan Bank BRI. Kebetulan ketiga aplikasi mobile banking ini saya pakai. Kemudian perlu dicatat yaitu saya memakai iPhone lama yaitu seri 4s yang memakai IOS ver 9.3.5.
Mobile Banking Mandiri |
Pertama saya akan mereview aplikasi mobile Banking milik Bank Mandiri, jujur aplikasi ini dari segi tampilan paling mudah dan bagus tampilan antar mukanya. Menunya juga mudah karena tampilannya intuitif, kemudian ada menu favorit sehingga anda tidak perlu mencari menu yang sering anda pakai, misal pembayaran yang bersifat rutin, misal kartu kredit, listrik, atau transfer ke rekening tertentu. Menu Utama yang tersedia antara lain : Favorit, Rekening, Transfer, Beli, Bayar dan Admin.
- Favorit : berisi menu transaksi yang anda simpan sebagai menu favorit, misal pembayaran rutin, transfer rutin, dan lain sebagainya.
- Rekening : berisi saldo rekening anda kemudian jika diklik maka akan muncul 5 mutasi transaksi terakhir
- Transfer : berisi menu transfer antar rekening, kliring, rtgs atau ke rekening bank lain.
- Beli : berisi menu pembelian untuk pulsa isi ulang prabayar ( GSM dan CDMA )
- Bayar : berisi menu pembayaran telepon GSM pasca bayar, telepon PSTN & CDMA, Internet, TV Kabel, Listrik, Kartu Kredit, dsb.
- Admin : berisi menu kotak pesan ( menyimpan seluruh transaksi yang terjadi ), Daftar Transfer ( berisi daftar transfer yang anda simpan ) dan menu Ubah PIN SMS Banking.
Aplikasi ini cukup bisa dihandalkan, hanya yang saya kurang suka adalah kita harus memasukkan PIN OTP ( One Time Password ) untuk setiap transaksi yang dikirimkan via SMS, selain harus memasukkan PIN Mobile Banking, selain ribet, juga kita terkena charge SMS untuk tiap transaksi.
Kemudian aplikasi Mobile Banking dari Bank BCA, menunya sebenarnya hampir sama dengan menu aplikasi Mobile dari Bank Mandiri, hanya tampilannya merupakan kombinasi tampilan model tombol dan pulldown menu. Menunya antar lain yaitu,
- M-Info : berisi info saldo, mutasi rekening, rekening deposito, rekening deposito, dsb.
- M-Transfer : berisi menu daftar transfer, transfer antar rekening, bank, BCA Virtual Account, Sakuku, kemudian Inbox berisi transaksi transfer yang sudah pernah dilakukan.
- M-Payment : berisi menu pembayaran untuk Kartu Kredit, Handphone, Telepon, dsb.
- M-Commerce : berisi menu pembelian Voucher Isi Ulang, PLN Prabayar, Blitz dsb.
- Tarik Tunai : yaitu berisi menu Tarik Tunai, fungsinya adalah ketika anda inging menarik uang Tunai di ATM tetapi anda lupa membawa kartu ATM, maka dengan menu ini anda bisa menarik tunai dengan menggunakan kode tarik tunai dari aplikasi.
- M-Admin : berisi menu Ganti Pin, Blokir Kartu ATM, Blokir Kartu Kredit, dsb.
Yang saya suka dari menu di aplikasi mobile banking BCA adalah simple, khususnya untuk otentifikasi hanya menggunaan 1 PIN saja, sehingga lebih cepat dan mudah. Untuk kualitas aplikasi dan kelengkapan menu hampir sama dengan milik Bank Mandiri. Hanya sekali lagi jalur SMS Banking digunakan BCA ketika kita mendaftarkan account tujuan rekening baru untuk transfer, hal ini kebalikan dengan Mandiri yang bisa langsung menambahkan di aplikasi. Jika Bank Mandiri bisa kenapa Bank BCA tidak bisa. Juga penggunaan OTP atau otentifikasi via SMS menurut saya dilakukan hanya untuk transaksi yang bersifat setting, misal ganti password atau aplikasi dipindah ke smartphone baru. Karena Bank BCA juga ketika transfer cukup dengan 1 PIN saja tidak ada OTP ( One Time Password ) via SMS.
NB : Bank BCA merupakan bank favorit saya sejak jaman kuliah (1996), waktu itu saya berpindah ke bank BCA karena ATM bank Danamon waktu itu sering bermasalah. Bank ini merupakan salah satu bank yang paling cepat beradaptasi dengan teknologi baru khususnya di indonesia dan layananya jarang bermasalah.
NB : Bank BCA merupakan bank favorit saya sejak jaman kuliah (1996), waktu itu saya berpindah ke bank BCA karena ATM bank Danamon waktu itu sering bermasalah. Bank ini merupakan salah satu bank yang paling cepat beradaptasi dengan teknologi baru khususnya di indonesia dan layananya jarang bermasalah.
Aplikasi mobile Banking BRI, merupakan aplikasi yang enggak banget dibanding milik Mandiri dan BCA. Salah satunya adalah menu Info Saldo yang sebenarnya hanya mengenerate format SMS kemudian dikirimkan ke server BRI.Aplikasi ini seperti aplikasi SMS Banking rasa Mobile Banking.
Menu yang ada di aplikasi ini antara lain,
Menu yang ada di aplikasi ini antara lain,
- Info : berisi info saldo, mutasi, poin, kartu kredit, dsb.
- Transfer : berisi menu transfer antar rekening BRI dan bank lain.
- Isi Ulang : pembelian pulsa, BRIZZI, PLN, Tbank, GO-PAY
- Pembayaran : PLN, Telkom, Kartu Kredit, Tiket, Pendidikan, Zakat, dsb.
- Mocash : yaitu Mobile Cash ( pembayaran dengan menggunakan telepon seluler ke merchant yang berlogo MoCash BRI ).
- Pelayanan Nasabah : Ganti PIN, Enable dan Disable Kartu ATM.
- Registrasi : Registrasi Internet Banking.
Bank BRI mempunyai kelebihan adalah jaringan cabangnya yang luas sampai ke pelosok desa, hanya kali ini aplikasi Mobile Banking-nya menurut saya sebagai orang IT menempatkanya di urutan paling buncit dibanding aplikasi Mobile Banking milik Bank Mandiri dan Bank BCA. Semoga review ini bisa menjadikan ketika aplikasi ini menjadi lebih baik kedepannya.
Menurut saya menu dalam aplikasi mobile banking harus simple dan intuitif, misal untuk menu utama jelas groupingnya, misal seperti aplikasi milik Bank Mandiri
- Rekening : berisi saldo, mutasi dsb
- Transfer : berisi menu transfer antar rekening atau antar bank
- Beli : berisi menu pembelian online seperti pulsa dsb
- Bayar : berisi menu pembayaran online, seperti kartu kredit, tagihan, tv kabel dsb
Kemudian simple, otentifikasi menggunakan sms meskipun mungkin dalam rangka keamanan menurut saya menjadi ribet, karena kita harus melihat sms kemudian menghapalkan atau copy paste kode, kemudian kembali ke aplikasi mobile banking lagi. Cukup menggunakan satu PIN saja menurut saja sudah cukup. Ribet lagi jika ketika SMS otentifikasi masuk, masuk juga iklan SMS banking sehingga membuat konsentrasi buyar.
Transaksi mobile banking memerlukan koneksi yang stabil agar lancar, untuk itu diperlukan indikator, hal ini dipenuhi oleh aplikasi Mobile Banking milik Mandiri dan BCA yaitu andanya status indikator ketika sinyal sudah memadai untuk melakukan transaksi.
Kemudian menu Inbox atau apapun namanya yang berisi catatan semua transaksi transfer, pembelian dan pembayaran. Ini penting karena kadang kita memerlukan print screen bukti transaksi.
Aplikasi juga harus support pada berbagai macam OS Smartphone dan tentu saja versi, karena smartphone yang digunakan user sangat beragam.
Teknologi handphone berupa jalur suara dan sms tidak lama lagi akan digantikan oleh teknologi data digital, sampai tulisan ini ditulis sekarang orang jarang menggunakan SMS, sudah beralih menggunakan aplikasi pesan, seperti WhatsApp, Line, Telegram dan sebagainya. Juga untuk telepon sekarang sudah banyak menggunakan aplikasi WhatsApp. Semua yang teknologi lama akan digantikan oleh yang baru, itu sudah hukum alam. Seperti yang disampaikan oleh Bpk Armand Wahyudi Hartono, Vice President BCA di ITB.
Teknologi handphone berupa jalur suara dan sms tidak lama lagi akan digantikan oleh teknologi data digital, sampai tulisan ini ditulis sekarang orang jarang menggunakan SMS, sudah beralih menggunakan aplikasi pesan, seperti WhatsApp, Line, Telegram dan sebagainya. Juga untuk telepon sekarang sudah banyak menggunakan aplikasi WhatsApp. Semua yang teknologi lama akan digantikan oleh yang baru, itu sudah hukum alam. Seperti yang disampaikan oleh Bpk Armand Wahyudi Hartono, Vice President BCA di ITB.
Semoga bermanfaat.
0 Comments:
Post a Comment
<< Home