The Way Of Life: Solusi WhatsApp lambat di Iphone
Google

Tuesday, September 05, 2017

Solusi WhatsApp lambat di Iphone


WhatsApp saat ini merupakan aplikasi yang paling banyak dipakai oleh para pengguna smartphone setelah era BBM tenggelam. Dengan fitur yang melimpah dan kemudahan user interface-nya aplikasi ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, apalagi setelah diakuisisi oleh Facebook. Kali ini saya ingin berbagi tips untuk masalah WhatsApp lambat di iPhone, kebetulan iPhone yang saya pakai iPhone 4s. Lambatnya aplikasi WhatsApp ada berbagai faktor yaitu :
  1. Jaringan data operator sedang sibuk.
  2. Ruang penyimpanan pada smartphone sudah hampir habis.
  3. Terlalu  banyak dokumen, video dan gambar yang tersimpan pada aplikasi WhatsApp.
  4. Terlalu banyak chat atau group chat pada aplikasi WhatsApp.
  5. Banyak aplikasi lain yang aktif selain WhatUp, sehingga berpengaruh secara tidak langsung pada aplikasi WhatsApp.


Berikut saya berikan beberapa solusi sesuai dengan kondisi pembaca sekalian, yaitu antara lain:
  1. Pada aplikasi WhatsApp khususnya iPhone, ketika kita menerima gambar atau video, maka WhatsApp akan menyimpan di dua tempat yaitu pada Albums > My Photos Stream, Camera Roll dan Videos kemudian pada aplikasi WhatsApp, bisa di lihat pada Group Info atau Contact Info, kemudian pilih Media, Links dan Docs. Hal inilah yang menyebabkan  space penyimpanan semakin menipis. Sehingga solusinya untuk dokumen dokumen tidak penting anda bisa menghapus file di kedua tempat tersebut, tetapi jika penting anda bisa menyimpannya di folder Albums.
  2. Solusi pencegahan agar anda tidak menyimpan dokumen “sampah” dari chat maupun group chat, masuk pada settingan WhatsApp pada iPhone, yaitu Settings > Data and Storage Usage, pada Media Auto-Download anda bisa memilih, misal Photos  : Never artinya ketika teman anda mengirim gambar anda bisa memilih untuk mendownload atau tidak, tidak otomatis download. Setting ini sama juga untuk media lain yaitu Audio, Videos dan Documents. Mungkin hal ini kelihatan sepele tetapi saya merasakan sendiri efeknya, selain hemat paket data, juga hemat space.
  3. Hapus group chat dan chat yang sudah tidak “berguna” ketika waktu anda longgar, karena aktivitas ini cukup menyita waktu, apalagi jika anda termasuk orang banyak menggunakan WhatsApp sebagai alat untuk berkomunikasi. Aplikasi WhatsApp sendiri pada iPhone jika sudah sangat berat, maka iOS ( sistem operasi iPhone ) akan menutup paksa, sehingga kita harus membuka lagi dari awal. Juga ketika WA menjadi lemot atau tidak responsif artinya memori iPhone sudah penuh karena me-loading aplikasi WA dengan “barang bawaan” yang cukup banyak yaitu Chat, Photos, Videos dan Documents.
  4. Cara cepat hapus dokumen di WA dengan cepat yaitu masuk ke menu Setting - Data and Storage Usage - Storage Usage, nanti di menu tersebut akan muncul banyaknya dokumen yang tersimpan per contact, setelah anda pilih contact-nya pilih tombol Manage lalu pilih option dokumen apa saja yang akan dihapus ( clear ), jika ingin berkas chat WA  masih ada uncheck option Text, lalu pilih Clear. Lakukan langkah yang sama untuk contact yang lain. ( gambar ada di bawah )
  5. Tutup aplikasi lain yang aktif, dengan menekan tombol home 2 kali , kemudian tutup aplikasi yang sudah tidak dipergunakan. Bagi pengguna iPhone sejati mungkin hal ini sudah tidak perlu dilakukan lagi, tetapi bagi pengguna iPhone “newbie” kadang hal ini terlewatkan dan sudah buru buru menyalahkan aplikasi WhatsApp lambat. 
Daftar banyaknya dokumen per contact WA

Pilih Clear untuk menghapus dokumen



Semoga bermanfaat.



Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home