The Way Of Life: Honda Supra X 125 D dan Shell AX5
Google

Thursday, May 18, 2017

Honda Supra X 125 D dan Shell AX5

Shell AX5 15W - 40

Setelah mencoba beberapa oli mesin akhirnya saya memutuskan untuk memakai Shell AX5 pada motor Honda Supra X 125 D keluaran 2010. Oli mesin yang lain bukannya tidak bagus hanya saya merasa kurang cocok. Shell AX5  memang tidak terlalu encer yaitu 15W-40, tetapi oli tersebut membuat supra X 125 saya ketika di gas mempunyai  power. Mungkin juga karena KM yang sudah hampir 100.000 Km sehingga oli Shell AX5 cocok pada motor saya, karena presisi komponennya sudah tidak seperti motor baru lagi.


Dulu pernah mencoba merk oli yang cukup terkenal yang harganya 2x lipat dari Shell AX5, tetapi suara mesin kurang senyap, dan ketika gas diputar powernya kurang. 



Logika saya, jika harga 2x lipat maka saya harus ganti oli per dua bulan, karena saya setiap bulan ganti oli. Tetapi dengan harga 2x lipat, saya lebih baik ganti oli tiap bulan dengan Shell AX5 daripada menahan "oli mahal" tersebut selama 2 bulan pada mesin Supra X saya. Bagaimanapun diberi oli baru tiap bulan lebih bagus. Shell AX7 juga pernah saya coba, tapi ya itu kurang power. Supra X 125 D saya gunakan untuk bekerja di Jakarta yang kondisinya macet parah, stop and go, dan jarang mencapai kecepatan tinggi.

Untuk lebih aman dari produk oli mesin Shell palsu, baiknya anda membeli di Pom Bensin Shell terdekat atau di toko "resmi" seperti Planet ban atau Shop & Drive. Karena produk Shell banyak sekali dipalsukan dari efeknya akan sangat buruk terhadap mesin motor anda. Sulit sekali membedakan oli palsu hanya dari kemasan karena sangat mirip. 

Vario abang Ojol ganti Oli Mesin dan Oli transmisi Shell


Pada saat beli sempat bertemu pengendara Ojol yang memakai Honda Vario dan Beat yang dari awal memakai Shell , mereka tidak mau menggunakan oli yang lain. 
Mereka menggunakan Shell AX5 Matic 10W-30 dan Shell Scooter Gear Oil 10W-40.

Shell AX5 Matic 10W-30


Shell Scooter Gear Oil 15W-40

Sempat tertipu juga membeli oli Shell palsu yang akhirnya membuat mesin motor keluar asap putih, makanya mereka selalu ganti di Pom Bensin Shell.

Ganti Oli di Pom Bensin Shell



Beli Oli Shell di Pom Bensin Shell




Memang saya selalu ganti oli setiap bulan karena kondisi Jakarta yang macet, tidak bisa pakai hitungan KM. Kemudian saya selama hampir 2 tahun selalu menggunakan Pertamax, karena saya ingin performa motor saya bagus, maklum sudah masuk kategori motor yang berumur. Juga setiap bulan saya selalu service di bengkel resmi Honda langganan dan dengan mekanik langganan juga.

Pernah seorang teman meminjam motor saya dan bilang "Wah motornya Budy enak banget, enteng, suaranya halus, bengkelnya dimana sie?". Saya hanya tersenyum, lalu dia menimpali lagi "Mungkin settingannya pas ya Bud?, Bener motornya Budy motor yang paling enak yang pernah saya pakai".Saya hanya tertawa kecil. Kebetulan saat itu lagi ada banyak teman yang berkumpul, ada satu teman lain penasaran lalu bertanya "Motormu apa sie bro?". Saya jawab "Supra X 125".

Sebenarnya bukan masalah motornya merk apa. Semua merk motor jika dirawat dengan baik pasti juga akan  memberikan performa terbaiknya. Saya berpikir seperti ini, motor saya adalah alat transportasi saya untuk bekerja, jadi harus saya rawat dengan baik sehingga pekerjaan saya lancar. Perawatan sangat standar, service rutin tiap bulan dan ganti oli, BBM selalu Pertamax sekarang downgrade jadi Pertalite.  Saya juga bukan orang yang suka otak atik motor secara berlebihan, saya hanya ganti velg jari jari menjadi velg racing V-Rossi agar larinya stabil karena velg jari - jari aslinya sudah oblak depan belakang.

Semoga sharing saya bisa bermanfaat bagi teman - teman.

Labels: , , ,

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Mantap ilmunya bro

2:33 AM  
Anonymous Anonymous said...

apa oli shell advance AX5 15W-40 di pakai di motor matic vario 125 old ??

11:39 PM  
Blogger boed said...

vario-nya pakai yang 10W-30 matic om ( ada di gambar ), kalau supra x 125 D saya baru pakai yang 15W-40

11:43 PM  

Post a Comment

<< Home