The Way Of Life: Honda Supra X 125 D dan Shell AX5
Google

Thursday, May 18, 2017

Honda Supra X 125 D dan Shell AX5

Shell AX5 15W - 40

Setelah mencoba beberapa oli mesin akhirnya saya memutuskan untuk memakai Shell AX5 pada motor Honda Supra X 125 D keluaran 2010. Oli mesin yang lain bukannya tidak bagus hanya saya merasa kurang cocok. Shell AX5  memang tidak terlalu encer yaitu 15W-40, tetapi oli tersebut membuat supra X 125 saya ketika di gas mempunyai  power. Mungkin juga karena KM yang sudah hampir 100.000 Km sehingga oli Shell AX5 cocok pada motor saya, karena presisi komponennya sudah tidak seperti motor baru lagi.

Dulu pernah mencoba merk oli yang cukup terkenal yang harganya 2x lipat dari Shell AX5, tetapi suara mesin kurang senyap, dan ketika gas diputar powernya kurang. Logika saya, jika harga 2x lipat maka saya harus ganti oli per dua bulan, karena saya setiap bulan ganti oli. Tetapi dengan harga 2x lipat, saya lebih baik ganti oli tiap bulan dengan Shell AX5 daripada menahan "oli mahal" tersebut selama 2 bulan pada mesin Supra X saya. Bagaimanapun diberi oli baru tiap bulan lebih bagus. Shell AX7 juga pernah saya coba, tapi ya itu kurang power. Supra X 125 D saya gunakan untuk bekerja di Jakarta yang kondisinya macet parah, stop and go, dan jarang mencapai kecepatan tinggi. 

Memang saya selalu ganti oli setiap bulan karena kondisi Jakarta yang macet, tidak bisa pakai hitungan KM. Kemudian saya selama hampir 2 tahun selalu menggunakan Pertamax, karena saya ingin performa motor saya bagus, maklum sudah masuk kategori motor yang berumur. Juga setiap bulan saya selalu service di bengkel resmi Honda langganan dan dengan mekanik langganan juga.
Pernah seorang teman meminjam motor saya dan bilang "Wah motornya Budy enak banget, enteng, suaranya halus, bengkelnya dimana sie?". Saya hanya tersenyum, lalu dia menimpali lagi "Mungkin settingannya pas ya Bud?, Bener motornya Budy motor yang paling enak yang pernah saya pakai".Saya hanya tertawa kecil.Kebetulan saat itu lagi ada banyak teman yang berkumpul, ada satu teman lain penasaran lalu bertanya "Motormu apa sie bro?". Saya jawab "Supra X 125".
Sebenarnya bukan masalah motornya merk apa. Semua merk motor jika dirawat dengan baik pasti juga akan  memberikan performa terbaiknya. Saya berpikir seperti ini, motor saya adalah alat transportasi saya untuk bekerja, jadi harus saya rawat dengan baik sehingga pekerjaan saya lancar. Perawatan sangat standar, service rutin tiap bulan dan ganti oli, BBM selalu Pertamax.  Saya juga bukan orang yang suka otak atik motor secara berlebihan, saya hanya ganti velg jari jari menjadi velg racing V-Rossi agar larinya stabil karena velg jari - jari aslinya sudah oblak depan belakang. Semoga sharing saya bisa bermanfaat bagi teman - teman.

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home