The Way Of Life: Touchscreen iPhone SE (1st Gen) Tidak Responsif Ketika DiCharge
Google

Monday, November 11, 2019

Touchscreen iPhone SE (1st Gen) Tidak Responsif Ketika DiCharge


Kali ini saya akan  berbagi pengalaman mengenai iPhone SE saya yang touchscreen-nya tidak responsif atau nge-lag atau lagging, hang ketika dicharge, dan masih banyak lagi istilah yang sering kita baca atau dengar. Memang baiknya ketika iPhone dicharge tidak digunakan, tetapi kadang kita butuh sesekali memakai iPhone ketika sedang dicharge daripada cabut colok charger. Untuk informasi saya membeli iPhone SE ini tidak baru, melainkan bekas karena selain tidak masuk Indonesia secara resmi, juga saat tulisan ini ditulis , iPhone SE sudah tidak diproduksi lagi. Anda bisa melihat lebih detail tentang iPhone SE saya disini.

Adalah banyak masalah mengenai iPhone SE saya , salah satunya adalah gejala touchscreen tidak responsif atau nge-lag ketika dicharge. Awalnya saya “menyalahkan” kabel lightning “OEM” bawaan paket pembelian iPhone SE bekas saya, sehingga saya membeli kabel lightning lagi dengan serfifikasi MFI ( Made For Iphone )  yaitu merk AUKEY. Tetapi hasilnya sama saja yaitu masih nge-lag touchscreen-nya.

Charger Kaki 3 bawaan iPhone 4s

Untuk sekedar informasi kepala charger yang saya pakai adalah kepala charger kaki 3 asli bawaan iPhone 4S lama saya. Dari paket pembelian iPhone SE memang saya juga mendapatkan kepala charger kaki 3 “OEM” yang sama, hanya saya kurang percaya keaslian-nya.

iBox Cilandak Town Square - Jakarta Selatan

Akhirnya saya berinisiatif untuk mampir ke iBox terdekat dengan kantor yaitu iBox di CITOS ( Cilandak Town Square ) di Jakarta Selatan. Lalu saya langsung menghampiri penjaga toko-nya dan meminjam charger dengan kabel lighting untuk saya coba ke iPhone SE saya, jika hasilnya sama tentu saya tidak jadi beli, tetapi ternyata hasilnya…touchscreen iPhone SE saya NORMAL, tidak nge-lag lagi. Waktu itu yang saya coba charger 10W milik iBox, akhirnya saya memutuskan beli charger yang 12W, karena  yang  10W stoknya kosong. Dan tentu saja ada garansi 1 tahun dari iBox.


Kemudian saya coba dengan kabel lighting AUKEY saya hasilnya pun normal, bahkan dengan kabel lighting “OEM” saya yang sudah saya bongkar pun normal. Kesimpulannya adalah touchscreen iPhone SE saya nge-lag karena charger iPhone 4S kurang stabil dalam mengantarkan arus listrik ke iPhone SE saya. Tetapi masih bisa digunakan untuk iPhone 4S saya.

Kabel Lightning AUKEY and "OEM"


Beli Charger 12W di iBox

Sekedar informasi, iPhone 4S saya tidak pernah masalah dengan kepala charger kaki 3 tersebut tersebut. Dari banyak kasus yang pernah teman saya alami serta saya baca memang iPhone SE ini masuk golongan iPhone yang “manis manja group”,  jadi arus listrik yang masuk tidak boleh kelas “pertalite” tetapi harus “pertamax” atau "pertamax turbo". Berbeda dengan iPhone 4S saya  yang bandel , mau dicharge dengan charger model apa aja juga aman sentosa. Saya kurang tahu apakah model iPhone 5 ke atas punya masalah yang sama dengan charger yang kurang stabil atau charger palsu ( abal abal ). Setidaknya supaya iPhone anda awet dan tidak bermasalah, pakailah charger ORI atau charger yang punya sertifikasi khusus dari Apple. Untuk kasus ini saya angkat topi untuk para desainer hardware iPhone 4s yang mampu membuatnya bisa bertoleransi cukup besar pada arus listrik yang kurang stabil.

Kalau anda pemakai iPhone 4s masih boleh “bebas”, tapi  baiknya beli yang kualitas bagus agar awet. Model apple fanboy seperti saya tentu tidak disukai oleh Apple karena ganti model setiap 5 tahun sekali :), dari iPhone 4s ke iPhone SE.

Saya kutip dari website righto.com, yang menguji berbagai macam charger,  bahwa memang charger yang buruk ( memproduksi arus listrik yang tidak stabil ) bisa membuat touchscreen tidak bekerja

A poor design can suffer several problems. If the output voltage is not filtered well, there will be noise and spikes due to the high-frequency switching. At extreme levels this could damage your phone, but the most common symptom is the touchscreen doesn't work while the charger is plugged in.A second problem is the output voltage can be affected by the AC input, causing 120 Hz "ripple".Third, the charger is supposed to provide a constant voltage. A poor design can cause the voltage to sag as the load increases. Your phone will take longer to charge if the charger doesn't provide enough power. Finally, USB chargers are not all interchangeable; the wrong type of charger may not work with your device.



Catatan: Untuk lebih aman-nya ketika anda mau membeli charger original, sebaiknya anda coba  dahulu secara langsung di iBox apakah ketika di-charge dengan charger original masalah touchscreen tidak responsif ( nge-lag ) bisa hilang, jika memang bisa hilang maka anda bisa membeli charger original tersebut di iBox. Jika tidak maka mungkin masalah anda mungkin bukan karena masalah di charger, tetapi karena hal yang lain.

Semoga bermanfaat.

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home