The Way Of Life: Cara mudah melihat "masa lalu" sebuah lokasi tanah
Google

Monday, July 24, 2017

Cara mudah melihat "masa lalu" sebuah lokasi tanah


Kiri : HERE WeGo, kanan : Google Maps


Kali ini saya akan berbagi tips untuk mengetahui "masa lalu" lokasi sebidang tanah, misal tanah tersebut dahulunya adalah sebuah rawa atau sawah. Hal ini penting misalnya kita sedang mencari rumah di suatu kawasan perumahan, karena tanah bekas sawah atau rawa mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Misal kita sudah cocok memilih sebuah perumahan, kita ingin tahu dahulunya tanah tersebut sawah atau rawa yang ditimbun. 
Caranya adalah menggunakan Google Maps mode satelite view, salah satu kelemahan Google Maps mode satelite view adalah tidak terlalu up to date. Tetapi kelemahan ini menjadi kelebihan di kala kita ingin mengetahui "masa lalu" sebuah lahan khususnya dalam hal ini untuk mencari "masa lalu" sebuah lahan untuk lokasi perumahan yang kita incar. Dari Google Maps mode satelite view kita bisa melihat dahulunya lahan perumahan tersebut bekas sawah, rawa atau yang lain. 
Jika ternyata foto satelite dari Google Maps sudah "agak update", kita tarik lagi ke masa lampau dengan menggunakan pesaing google yang lebih "lemah" yaitu HERE Wego. Sekali lagi kelemahan pesaing Google Maps ini menjadi kekuatan kita untuk mengetahui "masa lalu" sebuah lokasi tanah. HERE Wego lebih "jadul" dalam mengupdate foto satelite mereka dibanding Google Maps, sehingga kita bisa melihat lebih jauh ke masa lalu. Nah dengan modal ini kita tahu bahwa tanah tersebut dulunya bukan sawah atau rawa. Sebuah lokasi tentu ada plus minus, misal tanah tersebut adalah sebuah bekas sawah, yang notabene air tanah kurang bagus. Anda harus menggeluarkan uang lebih untuk membuat sumur bor yang lebih dalam, dan tentu saja menggunakan pompa air sekelas jet pump. Make it Simple! Kadang juga kita mendapati lokasi tanah yang bagus tetapi struktur bangunan dari developer kurang bagus dan sebagainya. Semoga tips di atas berguna bagi para pembaca. Terima Kasih.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home