The Way Of Life: Perumahan Terbaik di Cibubur
Google

Tuesday, May 14, 2019

Perumahan Terbaik di Cibubur

When Nature Meets Urban

Jika anda adalah orang yang mencari hunian kelas menengah dengan harga kisaran 400 - 700 jutaan di kawasan Cibubur dan Cileungsi. Mungkin tulisan ini bisa membantu anda untuk menjadi salah satu opsi pertimbangan dan bisa melanjutkan membaca artikel ini.

Tetapi jika anda mempunyai budget lebih dan ingin memiliki perumahan kelas menengah atas, salah satu yang terbaik adalah CitraGrand Cibubur CBD dan CitraLand Cibubur.

Saya akan review perumahan terbaik di cibubur satu per satu yang akan saya tulis secara bertahap :

Kelas 400  s.d 700 juta ke atas
  1. Relife Greenville Cileungsi ( lanjut baca artikel ini )
  2. Harvest City
  3. CitraLand Cibubur
  4. Metland Cileungsi
  5. Metland Transyogi


Kelas 900 juta s/d 1 M ke atas
  1. Citragrand Cibubur CBD
  2. Kota Wisata
  3. Legenda Wisata
  4. Raffles Hills 




Daerah cibubur , cileungsi dan sekitarnya saat tulisan ini ditulis sedang sangat berkembang, hal ini ditandai dengan banyaknya developer kelas kakap  yang sudah berinvestasi cukup  besar di daerah cibubur, seperti Ciputra dengan CDB-nya, Sinar Mas yang sudah lebih dulu menjadi pelopor dengan Kota Wisata dan Legenda Wisata, dan kini hadir yang terbaru yaitu TransPark Cibubur dari CT Corp yang konon nantinya merupakan wahana terbesar se-Asia Tenggara. Juga rencana pembangunan LRT ( Light Rail Transport )  yang menghubungkan Cibubur - Cawang dan tol JORR ( Jakarta Outer Ring Road)  2 yang sudah dalam tahap pembangungan juga merupakan magnet tersendiri di kawasan ini. Beberapa hal tersebut yang menyebabkan banyaknya developer kelas pemula sampai atas begitu banyak hadir di sekitar daerah Cibubur dan Cileungsi.  


Tol Cimanggis - Cibitung Seksi 1 on progress

Saat ini pembangungan tol Cimanggis - Cibitung Seksi 1 sudah hampir selesai, tol ini akan membelah jalan Transyogi yang selama ini dikenal sebagai jalur "neraka" karena sering macet. Apalagi ditambah adanya Transpark Cibubur yang akan membuat banyak orang jakarta ke Cibubur. Tol yang direncanakan ada dua seksi, saat ini baru seksi 1 yang akan selesai bulan Juli 2019.





Video Progress Pembangunan Tol Cimanggis - Cibitung Seksi 2


Relife Greenville Cileungsi

Kali ini saya akan men-review sebuah kawasan perumahan kelas menengah yang  unik, yang merupakan salah satu yang terbaik di kawasan Cibubur dan Cileungsi. Perumahan ini bernama Relife Greenville Cileungsi dari Relife Property. Jika dibandingkan kompetitornya yang sudah hadir di sekitarnya, tentu nama Relife masih terdengar asing. Akan tetapi pertaruhan Relife Property di Cileungsi ini mengusung konsep yang cukup kuat, sehingga  Relife Greenville Cileungsi ini mempunyai kelebihan dibanding kompetitor sekelasnya.Konsep Relife Greenville Cileungsi adalah menjaga keseimbangan alam dan kehidupan modern, sehingga perumahan ini banyak dibuat taman nan hijau seperti di desa, sesuai namanya GreenVille.  Relife Property sendiri didirikan oleh para alumni terbaik UI, mungkin inilah yang menjadi akar beberapa masterpiece Relife Property yang sudah lahir seperti Greenland Foresthill Depok dan Svarga Resort di lombok serta Relife Greenville Maros.







Lokasi Relife Greenville Cileungsi

Relife Greenville Cileungsi sendiri sebenarnya terletak di desa Cikarageman, yang masih masuk daerah kawasan Bekasi, dan merupakan perbatasan antara Bekasi dan Bogor. Perumahan ini diapit oleh perumahan besar yaitu Metland CileungsiMetland Transyogi dan Harvest City. Metland Cileungsi dan Harvest City inilah yang sebenarnya head to head untuk beberapa tipe kelas yang sama dengan Relfe Greenville Cileungsi. 




Jalan Masuk RGV

Relife Greenville Cileungsi merupakan perumahan yang luasnya lumayan "imut" dibandingkan perumahan lainnya yang sudah lebih dulu hadir. Bandingkan dengan Kota Wisata ( 600 ha ), Citra Indah ( 800 ha ), Harvest City ( 1.050 ha ), CitraGrand ( 250 ha ), Metland dibawah 150 ha, sedangankan Relife hanya 50 ha. Tetapi justru dengan luas kawasan yang imut inilah menjadikan Relife Greenville Cileungsi tidak begitu sumpek bahkan terkesan "limited edition". Perlu anda pertimbangkan, semakin besar sebuah perumahan maka seharusnya semakin banyak personil security yang bertugas. Jika jumlahnya sedikit maka perumahan tersebut menjadi riskan akan tindak kejahatan. Juga untuk akses, baiknya akses ke perumahan seminimal mungkin agar secara "alami" semakin aman,  jika akses ke perumahan ada banyak maka anda perlu perhatikan tingkat keamanan dan jumlah security seperti yang saya sebutkan tadi. 





Petunjuk Arah Cluster


Cluster yang sudah dibangun yaitu Cluster Fruit Ville, Flower Ville dan Lakes Ville. 

Tipe yang tersedia antara lain tipe : 

  • 40/70
  • 40/72
  • 40/83
  • 40/125
  • 45/139
  • 53/132



Cluster LakesVille


Yang 2 lantai Lakes Ville yaitu : 

  • 55/70
  • 55/123
  • 65/78
  • 65/75
  • 65/81
  • 65/134.


Jika anda punya uang lebih dan ingin punya rumah lebih dekat jalan besar (Transyogi) , silakan cari di Citra Grand Cibubur, yang juga merupakan masterpiece dari Ciputra yang sudah malah melintang 30 tahun di bidang property, untuk kualitas tidak diragukan lagi.



Jalan masuk yang luas dan hijau


Begitu masuk ke perumahan Relife Greenville Cileungsi yang terasa adalah kesan hijau, karena jalan masuk ke cluster dipenuhi taman nan hijau yang merupakan konsep dasar dari perumahan ini yaitu Green. Hanya kalau boleh jujur pintu masuk perumahan RGV ini tidaklah begitu menarik, dibanding kompetitornya. Tetapi bagi saya itu tak menjadi masalah, apalah artinya pintu masuk megah tetapi isi di dalamnya kurang bagus.



Kepompong menempel di Tong Sampah
si Gendut lagi makan

Si Ndot mulai bertapa
Si Ndot masuk rumah dulu
fase kehidupan terakhir si gendut - Bye bye Ndot





Gank Ijo


Banyak "tamu"  yang mampir ke rumah


Di lingkungan Relife Greenville banyak sekali dibangun taman hijau di sekeliling kompleks perumahan. Inilah sebenarnya kekuatan dari Relife Greenville Cileungsi yaitu si developer tidak begitu "rakus" membangun semua lahan yang dibelinya untuk dijadikan rumah, akan tetapi banyak dijadikan taman hijau. 


Banyak sekali Pohon di RGV
Sehingga cluster yang dibangun serasa percampuran alam bebas nan hijau dan hunian buatan manusia. Ini sebenarnya yang membedakan Relife dibanding developer lain, yaitu membangun perumahan dengan "memaksimalkan" semua lahan, menjadikan perumahan yang dibuat "sangat kaku", menjadikan para penghuni tidak nyaman. 


3 Unsur Alam yaitu: Sinar Matahari, Udara, dan Tumbuhan Hijau membuat kita menjadi lebih sehat
Sun Light

Border
Calon Rumput Liar yang biasa terbang dan jatuh ke halaman taman anda
Padahal kawasan nan hijau di sekitar rumah menjadikan tubuh kita lebih sehat dan jarang sakit. Pengalaman pribadi, rumah dengan kombinasi aliran udara yang lancar, pasokan sinar matahari yang cukup dan tumbuhan hijau  di sekitar membuat saya lebih cepat pulih ketika sakit, bukan tidak pernah sakit. Jika dibandingkan dengan perumahan lainnya di sekitar Relife GreenVille  yang sudah lebih dulu hadir, karena sudah cukup lama membuat perumahan lain sudah sangat padat, jika anda tidak suka keramaian akan terasa sumpek.






Kemudian jalan antar cluster cukup lebar ( bisa untuk 2 mobil berpapasan ) dan dilapisi batako sehingga mudah menyerap air ketika hujan. Dalam sejarahnya perumahan ini tidak pernah terkena banjir karena selain permukaanya sudah ditinggikan, aliran air mengalir lancar ke danau kecil yang ada di dekat perumahan Relife Greenville Cileungsi. 


Danau kecil di Relife Greenville Cileungsi

Jalan di gang perumahan  yang cukup luas untuk dua mobil, ini juga yang kadang diabaikan oleh para developer lain, yaitu pelit membuat jalan yang lapang karena ingin memaksimalkan luas perumahan. Hal ini tentu sangat salah, karena bagaimanapun sirkulasi keluar masuk kendaraan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan penghuni.


Tutup Gorong Gorong dengan Signature Relife

Kemudian untuk kualitas bangunan di Relife Greenville masuk kategori baik dibanding kompetitornya. Salah satunya yaitu pembatas antar rumah kadang dilapis satu tembok, pada Relife GreenVille dibuat dua tembok. Sehingga selain untuk kenyamanan ketika kita memasang hiasan atau apapun yang harus memaku ke tembok tidak khawatir tembus ke tetangga. Selain itu juga untuk kekuatan bangunan setidaknya kita mempunyai "dua lapisan" meskipun dalam kondisi "berbagi". 

Rangkat atap rumah dibuat dari baja ringan dan genting keramik tanpa di cat alias warna aslinya.


Rangka Atap dari Baja Ringan

Kemudian aliran udara dari pintu depan mengalir lancar ke bagian belakang rumah, sehingga membuat rumah menjadi sehat karena sirkulasi udara lancar.


Tembok Pembatas antar Rumah

Lalu genting rumah masih menggunakan keramik, menjadikannya tidak berisik ketika hujan dan juga mampu menahan udara panas dan dingin. Selain itu bisa menahan kebisingan, hanya proses pemasangannya sedikit rumit. Ini juga menjadikan perumahan Relife Greenville layaknya perumahan "hand made" karena  prosesnya pembangunnya mengorbankan kecepatan (buru buru) agar kualitas tetap terjaga.

Untuk pintu - pintu serta lantai keramik, saya lihat masih standart sama seperti yang perumahan lain, hanya untuk besaran kamar Relife masih memikirkan ke-ergonomis-an sehingga ketika kita masukan kasur, kamar masih mempunyai ruang untuk beraktifitas. Ini juga salah satu point plus untuk Relife. Kemudian untuk desain, karena didesain oleh orang orang muda alumni UI menjadikan desain-nya segar, tidak seperti desain perumahan lain yang bentuknya itu itu saja. 


Semua Panel Listrik dari Panasonic
Lalu instalasi listrik masuk kategori cukup rapi dengan mudah dijangkau serta dari merk yang bagus. Juga ada instalasi kabel antena serta lampu taman yang disediakan khusus.



Air Tanah untuk menyiram taman

Lalu untuk kualitas air di perumahan ini bervariasi. Bervariasi maksud saya adalah beberapa blok perumahan ada yang bisa langsung jernih beberapa blok lagi ada yang cukup lama untuk menjadi jernih. Tetapi setelah 2 bulan ke atas air akan berangsur angsur jernih, jika anda kurang sabar bisa menggunakan filter air. Biasanya pasir hitam masih terbawa, akan tetapi pasir hitam ini menandakan air bisa jernih dan bersih karena ada lapisan pasirnya. Untuk proses kejernihan air saya rasa hal ini sangat wajar, dan terjadi di semua perumahanan. Anda cukup beruntung bisa merasakan air tanah cileungsi dibanding para penduduk di kawasan kota jakarta yang sudah memakai PAM semua.

Lokasi perumahan yang sebelumnya rawa atau sawah biasanya air tanahnya kurang bagus, dan jika perumahan anda belum ada jaringan PAM maka anda akan kesulitan memperoleh air bersih. Jika anda ragu dengan kualitas air perumahan yang anda beli, anda bisa cek "masa lalu" lokasi tanah dengan tips yang pernah saya tulis di sini. "Ilmu hitam" yang saya tulis pada artikel tersebut sedikit banyak membantu anda untuk mengecek masa lalu lokasi perumahan yang akan anda beli, atau cara gampangnya anda tanya ke penduduk sekitar, jangan tanyakan ke pihak developer karena mereka akan omong yang baik baik saja.

Garansi bagunan rumah yaitu 3 bulan, artinya selama 3 bulan jika ada kerusahan misal bocor atau instalasi lainya, anda berhak memperoleh perbaikan secara gratis. Ini juga saya rasa di semua perumahan sama, akan selalu ada garansi bangunan.

Jika sedang musim hujan, rumput jepang bawaan dari developer harus sering dipotong karena efek dari tanah yang subur dan air yang cukup serta sinar matahari yang berlimpah menjadikan rumput jepang cepat gondrong, harus sering dipotong agar rapi. Jika anda seorang yang malas memotong rumput anda bisa mengganti rumputnya menjadi rumput gajah mini, yang juga tidak kalah bagus dari rumput jepang, asal dirawat dengan baik.

Security yang ramah, kadang kita menemukan banyak perumahan  yang security-nya cuek dan jutek. Hal ini tidak terjadi di Relife GreenVillie Cileungsi , mungkin karena sudah merupakan SOP dan seleksi di awal. Ini juga yang menjadikan para penghuninya nyaman.


Masjid Al Barakah - RGV

Tidak lupa Relife membuatkan tempat ibadah yang hadir di tengah perumahan yaitu Masjid Al Barakah, bangunan masjid berkonsep tropis ini menjadi keunikan tersendiri di perumahan ini.


Gereja Katolik Maria Bunda Segala Bangsa - Kota Wisata

Bagi anda yang beragama Kristen Katolik, gereja terdekat dari perumahan yaitu di Gereja Maria Bunda Segala Bangsa  yang terletak di kawasan Kota Wisata. Untuk yang beragama Kristen Protestan banyak sekali gereja di sepanjang jalan Transyogi dan perumahan di sepanjang jalan Transyogi. 


Pura Widya Dharma Cibubur


Vihara Bhakti Pramuka Cibubur

Untuk yang beragama Hindu ada Pura Widya Dharma di dalam Bumi Perkembahan Cibubur, serta untuk yang beragama Budha ada Vihara Bhakti Pramuka juga sama, kedua tempat ibadah ini bersebelahan.


Rumah Sakit Umum Cileungsi

Untuk rumah sakit terdekat ada Rumah Sakit Umum Mary Cileungsi, kemudian Rumah Sakit Hermina Mekarsari


Rumah Sakit Hermina Mekarsari

Untuk sekolah ada Regina Caeli dan Al Azhar BSD di Metland Cileungsi. Metland School juga ada, serta SMAN2 Cileungsi.


Seolah Regina Caeli - Metland Transyogi
Metland School


Pasar terdekat sekitar 5 menit dari perumahan yaitu Pasar Serang, kemudian SPBU terdekat juga sekitar 5 menit dari perumahan. Giant Cileungsi dan Metropolitan Mall bisa menjadi tempat anda untuk belanja sekitar 10 menit dari perumahan Relife Greenville.


Terminal Bus Cileungsi

Terimal Bus Cileungsi sekitar 15 menit dari perumahan, merupakan terminal terdekat yang bisa menjadi tempat anda membeli tiket  bus untuk pulang kampung.


Taman Buah Mekarsari

Ada juga tempat wisata taman buah Mekar sari sekitar 15 - 20 menit dari Relife Greenvile.



Pembangunan JORR2 - Burangkeng

Jika anda mencari hunian dengan kualitas setara Relife Greenville Cileungsi di tempat lain, mungkin anda akan mendapatkannya. Akan tetapi dengan harga yang jauh lebih mahal, entah itu karena developernya yang sudah terkenal, atau karena tempatnya yang sudah terkenal / strategis sehingga sangat mahal. Ingat, daerah cibubur dan cileungsi ini adalah daerah yang akan "booming" di masa depan karena akan hadirnya JORR2 dan LRT 


Stasiun LRT Cibubur - On Progress

Pembangunan tol JORR2 merupakan solusi bagi kemacetan yang sering terjadi di jalan Transyogi, rencana tahun 2019 tol ini akan mulai beroperasi.


TransPark Cibubur - Can u see the Roller Coaster?

Dan satu lagi wahana Transpark Cibubur yang saat tulisan ini ditulis, Mall TransPark Cibubur sudah jadi, hanya wahana bermain yang masih dalam proses pembangunan. Jadi saat ini merupakan tahun yang tepat untuk membeli sebelum harganya menjadi tidak masuk akal dan tidak terjangkau lagi karena berbagai fasilitas yang hadir di sekitar Relife Greenville Cileungsi.


Metropolitan Mall Cileungsi
Giant Supermarket - Metland Transyogi

Jika Relife Greenville dan perumahan lain di sekitaran jalan setu merupakan perumahan yang mendapatkan fasilitas secara "tidak langsung" dari perumahan besar lainnya mungkin ada benarnya. Misal mall terdekat dengan RGV adalah Mall Metropolitan Mall yang dibangun oleh Metland, kemudian wahana bermain air  bisa di Water Joy di Harvest sekitar 15 menit  yang bersebelahan dengan  area bermain gokart. 






Sirkuit Gokart di Harvest City - Cileungsi







Water Joy - Harvest City

Memang konsep yang dibangun untuk Relife Greenville Cileungsi adalah membuat suasana desa nang hijau di sekitar perumahan, juga menjadi habitat baru bagi burung burung dan kupu kupu. Jadi jika anda menginginkan perumahanan yang full fasilitas dan sudah banyak pertokoan untuk kelas menengah anda bisa membeli di Metland Cileungsi, atau anda ingin yang lebih bagus dan lebih luas perumahannya anda bisa beli di Harvest City. Jika anda suasan desa nang hijau dengan situasi yang tidak begitu ramai, maka Relife GreenVille Cileungsi pilihan yang tepat. Tidak ada pilihan yang salah karena setiap developer sudah punya tujuan pasar mana yang akan dituju. Istilahnya jika anda penghuni Relife Greenville main ke mall Metropolitan Mall, seperti orang dari "desa" yang main ke "kota".

Daerah di cibubur juga merupakan hunian favorit nomor dua yang saat ini harganya paling murah di antara lokasi favorit lainnya di sekitaran Jabodetabek , anda bisa lihat tulisan dari Kompas Property disini

Perumahan ini mendapatkan penghargaan The Finest Concept Housing pada tahun 2014 untuk kategori Residental Project pada Properti Indonesia Award.

Di bawah ini, beberapa tips yang saya tulis untuk mendapatkan lokasi perumahan yang bagus, yaitu :


  1. Portofolio, cek portofolio developer yang membangun perumahan yang anda inginkan, dari sini terlihat developer anda bukan developer yang "build and run". Juga dari sini anda bisa melihat "masa depan" perumahan anda akan seperti apa, dengan melihat "masa lalu" produk yang sudah dihasilkan si developer.
  2. Review, cari review di internet. Memang tidak ada developer yang sempurna, maka akan selalu ada komentar negatif, akan tetapi anda bisa melihat banyaknya komentar negatif atau positif, atau anda bisa mengecek langsung kondisi di lapangan.
  3. Lokasi, cek lokasi perumahan yang anda tempati akan berkembang atau tidak, misal adanya pembangunan akses tol. Cara paling gampang adalah, cek apakah banyak developer kelas gajah berinvestasi tidak di kawasan tersebut, jika iya dipastikan kawasan tersebut akan berkembang. Ini dikarenakan developer kelas gajah tersebut mendapatkan "bocoran" dahulu mengenai master plan di kawasan tersebut.
  4. Banjir, cek kawasan tersebut apakah mempunyai sejarah banjir atau tidak. Ini sangat penting, karena jika kawasan perumahan anda banjir, atau mempunyai sejarah banjir dipastikan anda akan sulit sekali mendapat solusi, adapun akan sangat lama. Jika anda sudah pewe alias posisi wenak, maka akan sulit sekali untuk pindah dari perumahan tersebut, bisapun jadi kerja dua kali.
  5. Kemampuan Finansial, ini juga sangat penting. Anda bisa cek ke diri anda sendiri apakah kira kira anda mampu mencicil KPR tiap bulan dari harga rumah yang anda beli. Jika BISA tapi harus mengirit di sisi A misalnya, maka ambilah. Jika BISA tetapi harus mengirit di sisi A, ini dan itu, mungkin harus anda pertimbangkan lagi.
  6. Klik, mendapatkan perumahan seperti mendapatkan jodoh. Anda akan merasa nyaman dan "klik" ketika memasuki perumahan atau rumah yang anda lihat, hal ini terjadi karena di dalam anda sendiri sebenarnya mempunyai gambaran "ideal dan cocok" menurut bawah sadar anda sehingga anda akan merasa nyaman ketika melihat sebuah rumah.



Jika anda berminat melihat atau ingin membeli rumah di RGV anda bisa WA Only ke sini untuk saya hubungan dengan PIC Marketing yang pernah saya kenal.


Siapa tahu anda akan mendapatkan harga spesial, Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang mencari hunian kelas menengah di sekitaran Cibubur dan Cileungsi. Semoga bermanfaat.

related links :

Perumahan di Cibubur DP Murah

Review perumahan Citragrand Cibubur CBD

Review CitraLand Cibubur, mulai harga 400 jutaan di kawasan Cibubur

Rumah 1 lantai di CitraLand Cibubur


Cara membersihkan tangki kloset / toilet duduk di rumah

Labels: , , , ,

3 Comments:

Blogger Robjo said...

min kok banyak sudut fotonya yg ga asing ya? spt-nya mimpi2 kena hack nih...
btw ada yg konsepnya rumah menyatu taman ga ya, banyak bukaan, kalo bisa semua ruangan terhubung taman gitu

12:08 AM  
Blogger boed said...

Foto foto yang mana ya gan? kebanyakan itu foto foto sendiri, untuk konsep yang menyatu dg taman saat ini jarang, paling taman kalau gak depan ya belakang gan, kalau semua terhubung taman ada di Relife Greenville tipe Floverville tipe 60/xx, hanya harus dicek ketersediaannya, itu tipenya taman di tengah rumah.

12:22 AM  
Blogger Unknown said...

Alhamdulilah min sudah menempati di blok flowerville..lingkungannya asri,,para tetangganya ramah bgt..serasa keluarga sendiri..ga nyesel tinggal di relief..

12:27 AM  

Post a Comment

<< Home