The Way Of Life: Secret Project
Google

Thursday, July 10, 2014

Secret Project


Pesawat SR-71 BlackBird merupakan proyek rahasia Lockheed dari divisi Skunk Works di bawah kepemimpinan Kelly Johnson. Pesawat ini merupakan pesawat mata - mata yang bisa menembus kecepatan 3 kali kecepatan suara. Bodynya dibuat dari titanium untuk menahan panas karena kecepatannya yang sangat tinggi. Bahkan pilotnya punya harus mengenakan pakaian khusus seperti layaknya astronout. Dan berbagai fitur spesial ada di pesawat SR-71 BlackBird. Jika Lockheed punya proyek rahasia, kami pun pernah mempunyai "Proyek Rahasia".


Sekitar 2 tahun yang lalu team kami yang tergabung dalam team IT Development melakukan "proyek bawah tanah" yaitu melakukan konversi aplikasi dari berbasis desktop ke berbasis web. Awal pengembangan aplikasi berbasis web sebenarnya adalah ketidaksengajaan, karena awalnya kami ingin mengkonversi dari dekstop ke aplikasi android. Akan tetapi karena keterbatasan tampilan di aplikasi android yang tidak bisa mengakomodir kompleksitas inputan program,akhirnya kami memutuskan untuk membuat aplikasi berbasis web. Awalnya kami mencari berbagai framework, dan pilihan jatuh pada framework php CodeIgniter. Memang banyak artikel yang mengatakan CodeIgniter adalah framework php tercepat, akan tetapi kami memilihnya karena mudah digunakan dan sudah banyak dokumentasinya di internet, untuk cepat atau tidak kami belum pernah mengujinya dengan framework lain. Salah satu website yang kami tahu memakai CodeIgniter adalah website Kompas.Kemudian untuk tampilan kami mencari pemrograman web yang menyerupai desktop, karena input aplikasi desktop sebelumnya begitu kompleks, akhirnya kami memilih framework ExtJS sebagai interface aplikasi kami. Kami meriset tampilan dan mengkonversi algoritma dari visual basic ke ExtJS-CodeIgniter sekitar 1 tahun. Dan akhirnya aplikasi web yang kami kembangkan benar - benar menyerupai aplikasi desktop bahkan lebih baik (lebih rapi). Optimalisasi algoritma yang kami lakukan dalam pembuatan aplikasi web bisa membuat aplikasi web jauh lebih unggul dalam memproses informasi dari aplikasi desktop, reporting yang diproses dari 30 menit menjadi kurang dari 1 menit. Bahkan dengan aplikasi web tunggal kami bisa mengakses multi database yang terdiri dari multi company dalam group perusahaan tempat kami bekerja. Bahkan kami sempat ingin membuat buku ExtJS, karena ketika kami sedang mengembangkan aplikasi web tersebut ,dan saat ini ketika tulisan ini dibuat di pasaran sama sekali belum ada penulis yang membuat buku mengenai ExtJS, akan tetapi karena keterbatasan waktu akhirnya kami mengurungkan niat kami.


Kesulitan kami mengembangkan aplikasi web yang kompleks adalah banyak artikel di internet yang hanya "setengah hati" dalam memberikan tutorial, seperti bagaimana membuat "Hallo World", bagaimana membuat koneksi database dan selanjutnya tidak ada. Oh ya, kami membuat aplikasi kami terkoneksi dengan database server Microsoft SQL Server, bukan seperti aplikasi web berbasis PHP kebanyakan yang membuat aplikasi dengan database server MySQL. Hal ini dikarenakan aplikasi desktop berbasis Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Adalah suatu kebanggaan bagi kami, bahwa kami telah membuat aplikasi berbasis web dengan kompleksitas yang cukup tinggi dan serupa dengan aplikasi dekstop. Tingkat kesulitan membuat aplikasi web cukup tinggi karena kami harus meninggalkan paradigma "compiler" menjadi paradigma "intrepreter". Kadang error yang muncul atau bahkan tidak muncul cukup membuat kami pusing, akan tetapi dengan kesabaran yang cukup akhirnya kami bisa "memahami" sifat dan karakter aplikasi web khususnya CodeIgniter - ExtJS - Microsoft SQL Server. Ketiga item tersebut bukan merupakan package yang dibuat oleh vendor yang sama, sehingga error handling kadang kurang informatif. Misal pada tampilan CodeIgniter hanya menampilkan pesan error tidak bisa melakukan INSERT pada table dan tidak ada informasi lain mengapa tidak bisa, ternyata pada table tersebut harus diberikan default value pada field-nya. Meskipun "Proyek Rahasia" kami sudah berfungsi dengan baik, akan tetapi karena para user belum  bisa menerima aplikasi "dari planet lain" ini maka produk "MasterPiece" kami hanya menjadi penghuni ruang hampa udara bernama hardisk di Web Server Linux Ubuntu kami. Proyek ini merupakaan lompatan besar bagi kami dalam menciptakan aplikasi berbasis web.

Untuk rekan rekan yang ingin berlajar ExtJS bisa belajar dari e-Book ExtJS in Action karya J Garcia tahun terbit 2011, ini merupakan salah satu buku yang terbaik di internet yang kami temukan untuk belajar ExtJS. Memang masih menggunakan ExtJS versi 3, tapi pada dasarnya hampir sama. Bab demi bab disampaikan secara detail , sangat berbeda dengan buku - buku lokal yang kadang hanya copas di internet dan jadi buku, kadang malah sangat dasar sekali dan tidak praktikal. Buku ini sangat mendalam, cocok  untuk yang serius ingin belajar ExtJS.

related links :
The Other Secret Project

tools :
Sencha ExtJS 4.2.2
CodeIgniter v2.1.3
Microsoft SQL Server 2000
Ubuntu 12.04 LTS

Labels: , ,

2 Comments:

Blogger SENA AJI said...

masih sempat curhat coding, mau bikin trobosan lebih lagi gak? kalo mau tak aja gila sekalian.heheheheh

4:19 AM  
Blogger boed said...

Bukan curhat, tapi sharing aja agar rekan rekan lain bisa belajar juga, ini bukan terobosan kok bro, masih sangat biasa, masih banyak yang lebih hebat di luar sana. Dengan sharing khan ilmu-nya bisa berguna bagi banyak orang.

12:43 AM  

Post a Comment

<< Home