The Way Of Life: Import file xls ke MySQL
Google

Sunday, September 01, 2013

Import file xls ke MySQL

Setelah mencari cara import file .xls ke database MySQL melalui Google, akhirnya saya menemukan caranya di link ini. Jika anda menggunakan database MS SQL Server hal itu tidak menjadi kendala karena pihak Microsoft telah memberi fasilitas ini sejak SQL Server 2000 bahkan mungkin dari SQL Server 7. Tetapi jika anda ingin mengimport data dari file Excel yang berektensi .xls melalui MySQL anda harus menyimpan dalam format .csv terlebih dahulu. Berikut caranya :
  1.  Simpan file xls ke dalam format .csv dengan cara pilih menu Save As -> Other Format -> CSV, misal nama file-nya produk.csv
  2. Buat database pada MySQL terlebih dahulu, misal kita ingin mengimport data produk, buat database dengan nama produk, kemudian buat table t_produk, kemudian buat field kode_produk, nama_produk.
  3. Kebetulan saya menggunakan MySQL Administrator yang merupakan tools official dari MySQL, pilih menu Tools -> MySQL Query Browser. Kemudian ketik script query seperti dibawah ini:
  LOAD DATA LOCAL INFILE 'D:\\data\\produk.csv' INTO TABLE produk.t_produk FIELDS TERMINATED BY ';' ENCLOSED BY '"' LINES TERMINATED BY '\r\n' (kode_produk, nama_produk); 

Kemudian jalankan Query tersebut.
Memang saya akui tools MySQL Administrator, kurang "manusiawi" atau istilah keren-nya kurang user friendly. Berbeda dengan tools pihak ketiga seperti Navicat, HeidiSQL yang jauh lebih "manusiawi". Cuman jika anda bisa menggunakan tools yang kurang "manusiawi", maka bisa dibilang anda "LAKI BANGET" :)

Berbeda lagi jika anda menggunakan Ms SQL Server, jelas disini Microsoft sangat memanjakan penggunanya, Anda hanya perlu klik kanan pada database, pilih source yaitu file .xls anda, kemudian pilih destination, yaitu table yang akan dituju, jika belum ada ada pilihan create destination table. Tekan OK, done. Disini bisa dibilang Microsoft sangat jago dalam membuat tools wizard yang user friendly. Semoga bermanfaat.

Tools : MySQL Workbench, Ms Office 2007, SQL Server 2000.


Labels: , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home