The Way Of Life: The Other Secret Project
Google

Saturday, January 03, 2015

The Other Secret Project


Bulan Februari  2013, DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Jokowi - Ahok berencana mengadakan proyek Sistem Online Rumah Sakit. Dengan sistem yang akan dibangun tersebut maka masyarakat DKI Jakarta dapat mengetahui informasi kamar kosong di setiap rumah sakit di Jakarta. Yang mana sebelumnya banyak masyarakat DKI Jakarta yang kesulitan untuk mencari kamar kosong di rumah sakit ketika dirinya, atau keluarganya sedang sakit dan butuh perawatan segera di rumah sakit terdekat. Akhirnya saya bersama beberapa teman mencoba untuk membuat prototype aplikasi tersebut dan proposal yang tentu saja untuk kami kirimkan ke bagian terkait di pemerintahan DKI Jakarta. Meskipun kami tahu kemungkinan sangat kecil karena kami saat itu belum berbadan hukum tapi hanya sekelompok hacker lokal yang hanya bisa menginstall windows saja :). Dan benar saja sampai sekarang kami tidak tahu proposal kami sudah sampai mana.
Berikut gambaran proyek rahasia kami, yang sudah kami "peti es"-kan karena sudah tidak revelan lagi dan apakah saat ini Sistem Informasi Online Rumah Sakit di DKI Jakarta apakah sudah berjalan atau belum kami tidak tahu. Dan juga akhirnya program yang dibangun sistem-nya seperti apa dan dibuat oleh vendor / programmer mana kami juga tidak tahu. Mungkin jika anda berdomisili di DKI Jakarta bisa mencoba sendiri dengan men-dial nomor telepon 119 untuk mengecek sistem online tersebut.

Gambaran singkat aplikasi yang kami bangun adalah di setiap rumah sakit kami akan pasang aplikasi kecil yang kami sebut Uploader Agent. Aplikasi ini berfungsi untuk menghubungkan dengan database SIMRS di masing masing tersebut, kemudian meng-query data kamar kosong dengan format tertentu kemudian dikirim melalui jaringan internet ke server pusat.
Server Pusat akan melayani user / masyarakat dengan aplikasi web atau dengan SMS Gateway dengan keyword tertentu. Misal keyword "RS" maka sms server akan mengirimkan semua informasi kamar kosong di rumah sakit terdekat dengan user / anggota masyarakat tersebut.

Untuk aplikasi yang kami buat baru dalam tahap prototpye meskipun semua fungsi sudah bisa berjalan dengan baik.

Contoh tampilan web Sistem Online Rumah Sakit


relatend links:



Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home