The Way Of Life: Teliti
Google

Sunday, August 25, 2013

Teliti


Mungkin hampir sekitar 1 bulan saya tidak mencucikan motor ke tukang cuci motor, karena memang musim kemarau sehingga motor biasanya saya cuci sendiri karena tidak begitu kotor. Akhirnya hari minggu sehabis Misa di Gereja saya mencucikan motor ke tukang cuci motor dekat Gereja, karena biasanya saya mencucikan motor dekat rumah. Waktu itu masih pagi sehingga masih sepi, motor saya langsung mendapat giliran, pertama motor disemprot air di semua bagian terutama bagian roda, sepatbor dan bagian bawah. Kemudian bagian roda depan mendapat giliran, karena belum memakai pelek racing, sehingga si mas tukang cuci harus dengan teliti menyikat jeruji, kemudian bagian bawah motor, mesin dan kemudian bagian pelek belakang. Bagian body motor mendapat giliran terakhir. Meskipun dengan peralatan lebih sederhana daripada tukang cuci motor yang ada di dekat rumah, yaitu tanpa busa salju. 
Tukang cuci motor ini jauh lebih teliti, bahkan bagian bawah standart tengah yang penuh oli bercampur kotoran pun disikat sampai bersih, berbeda dengan tukang cuci motor yang biasanya hanya main semprot, kasih busa salju, gosok seadanya, kemudian bilas. Dan pada kesempatan itu pula saya sempat berbicara dengan pemilik cucian motor yang kadang juga masih ikut membantu membersihkan motor meskipun sebentar. Dia memberi arahan dan "standart operatiing procedure" teknik mencuci motor ke pegawainya. Beliau mengatakan jika musim hujan atau high season 1 hari bisa handle 80 motor, dengan kekuatan 8 pegawai, artinya 1 pegawai pegang 10 motor dalam 1 hari, 1 motor biayanya 10 ribu. Anggap perhitungan kotor 1 hari 800 ribu, dalam sebulan 24 jeti, We O We ... Wow! Tidak heran karena memang pelayanan yang diberikan lebih dari yang lain yaitu lebih teliti, di tempat cucian motor dekat rumah hanya 8000 rupiah, tidak apa selisih 2000 rupiah tapi sesuai dengan pelayanan yang diberikan.
Teliti dalam mencuci motor menjadi kunci tempat cucian motor ini banyak diserbu pelanggan, semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua.

gambar diambil dari sini.

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home