The Way Of Life: Mengembalikan File yang terhapus
Google

Friday, August 30, 2013

Mengembalikan File yang terhapus

Akhirnya kantor membeli OS Windows 7 Professional untuk menggantikan OS Windows XP yang sudah cukup lama dipakai. Dan tentu saja dengan komputer yang baru. Saya akhirnya mem-backup semua file saya ke hard disk dengan kapasitas 1 TB. Karena proses copy yang cukup lama, maka saya mem-backup direktori Master, yang berisi semua file - file master untuk instalasi. Kemudian hari kedua akhirnya saya membackup seluruh file di drive D: yang berisi data, ke hard disk 1 TB tersebut. Karena untuk memilih file yang akan dicopy memakan waktu cukup lama. Setelah selesai saya mulai menggunakan PC baru dengan OS Windows 7 Professional, kemudian meng-copy balik file Master dan file data lainnya. Karena saya pikir terjadi duplikasi direktori file Master yaitu yang ada di drive D: dan yang berdiri sendiri, saya hapus direktori Master yang satunya. Setelah selesai setting dan sebagainya, akhirnya saya membuka direktori Master untuk menginstall salah satu aplikasi. Begitu saya buka, walah..ternyata hanya terisi 2 direktori, dan ternyata direktori Master yang lengkap sudah saya hapus. Dan masalahnya lagi saya menghapus dengan teknik Shift + Del yang artinya tidak masuk ke Recycle Bin, direktori Master yang berisi file sebanyak hampir 60 Gb hilang. Akhirnya saya menggunakan tools kawakan yaitu GetDataBack for NT, jika menurut tampilan aboutnya aplikasi ini lahir tahun 2001. Aplikasi GetDataBack mempunyai tampilan yang sangat teknis, sehingga cukup membingungkan bagi pengguna awam. Akhirnya saya mulai proses recovery dan ini memerlukan waktu yang cukup lama, karena aplikasi harus men-scan hard disk dengan kapasitas 1 Tb, dan itupun ada sekitar 2 tahap proses yang melelahkan karena cukup lama. Saya hampir 1 harian untuk men-scan hard disk tersebut. Akhirnya proses recovery dimulai saya harus mencari dengan keyword saya masukan keyword *.exe karena sebagian besar file di direktori Master adalah file mentah aplikasi,karena saya salah mengetikan *.ext yang seharusnya *.exe saya stop pencarian, tapi hal ini membuat aplikasi GetDataBack not responding karena dalam kondisi men-scan hard disk dengan kapasitas 1 Tb, dan otomatis saya harus mengulang dari awal lagi, hmm ide yang buruk.
Akhirnya karena saya pikir direktori yang terhapus tersebut masih fresh dan belum tertimpa oleh file lain, akhirnya saya mencari tools yang jauh lebih simple dan sederhana dibanding GetDataBack ini. Akhirnya saya menemukan WinUtilities Undelete. Dengan tampilan yang lebih intutitif dan sederhana aplikasi ini mengembalikan hampir semua file yang terhapus. 
Berikut perbedaan tampilan GetDataBack yang kompleks dan tampilan yang simple dari WinUtilities Undelete.









Pada aplikasi WinUtilities Undelete, ketika anda sudah menemukan direktori yang terhapus anda cukup mengklik kanan, kemudian pilih menu Undelete, atau jika anda ingin mengembalikan semua isi direktori seperti kasus saya, anda bisa menggunakan Ctrl +A / select all, kemudian pilih Undelete seperti pada gambar di atas.

Beberapa file yang tidak bisa dikembalikan seperti tampilan di atas file icon akan hilang, tetapi sudah sangat bagus untuk aplikasi yang free dan mempunyai fungsi sebagus WinUtilities Undelete. Semoga bermanfaat bagi rekan rekan.

NB: Bagi rekan rekan yang mencari tools semacan WinUtilities Undelete, saya harap men-download di website yang bonafid dan perlu berhati hati dalam menginstall karena terkadang berisi aplikasi adware yang berisi iklan yang ter-install secara otomatis, jadi jika ingin menginstall pilih opsi custom.

related links:

Sub Kontraktor

Pentingnya Backup Data

 Mary Jane and Peter Parker

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home