The Way Of Life: Kekuatan sebuah Ide
Google

Sunday, April 07, 2013

Kekuatan sebuah Ide


Instagram merupakan produk dari Burbn, Inc. Perusahaan tersebut lahir pada tahun 2010. Instagram merupakan perbaikan dari ide awal Kevin Systrom dan Mike Krieger, yang ingin menfokuskan produk mereka hanya bagian foto, komentar dan menyukai sebuah foto. Sistem dari instagram adalah memengikuti akun pengguna lain, semakin banyak pengikut dan jumlah like, maka semakin populer lah foto tersebut. Sebelum foto diupload, foto tersebut bisa diedit dengan berbagai macam filter (Amaro, Mayfair, dsb ), kemudian baru diupload. Seiring berjalannya waktu, jumlah akun instagram melonjak yang menyebabkan nilai jual Instagram naik menjadi sekitar $500 juta ( sekitar 4,5 Trilyun Rupiah saat itu ) pada tanggal 3 April 2012. Singkat cerita Facebook membeli instagram seharga 1$ Milyar ( sekitar 9 Trilyun Rupiah ), pada tanggal 9 April 2012 berbentuk saham dan tunai.

Ducati lahir pada tahun 1926, perusahaan yang awalnya membuat pesawat radio tersebut didirikan oleh tiga bersaudara yaitu Adriano, Marcello, dan Bruno Ducati. Akhirnya setelah Perang Dunia II, Ducati pindah haluan menjadi pembuat sepeda motor dan sampai sekarang. Desain mesin 4 tak, 90 derajat dan katup desmodromic menjadi ciri khas Ducati. Bahkan seri 916 menjadi salah satu motor terbaik sepanjang masa dan sering menang di kejuaran dunia Superbike. Pada bulan dan tahun yang sama Facebook membeli Instagram, raksasa otomotif Audi membeli Ducati sebesar $1,2 Milyar ( sekitar 10 Trilyun lebih ). Atau mungkin Audi membeli Ducati terlalu 'murah'.

Anggap saja detail nilai pembelian kedua perusahaan tersebut tidak seperti yang diberitakan media, anggap saja Instragram dibeli separuh dari nilai pembelian Ducati. Hal tersebut menjadi sangat luar biasa, dan sepertinya tidak adil, instagram lahir 2012 sedangkan Ducati 1926, selisih 86 tahun. 86 Tahun Ducati jungkir balik membangun perusahaan mereka. Atau jika anda mempunyai uang 10 Trilyun, jika anda membeli Instagram, secara aset mungkin anda hanya memperoleh domain, server, source code, gedung dan karyawan. Jika anda membeli Ducati anda akan memiliki seluruh motor yang ada di pabrik Ducati, artinya tiap hari anda bisa berganti model motor Ducati sampai pantat anda panas. 

Kekuatan sebuah ide dapat mengalahkan sebuah 'ide' yang berumur 86 tahun.

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home