The Way Of Life: Microsoft Excel Lambat
Google

Friday, March 08, 2013

Microsoft Excel Lambat


Ada seorang rekan kerja mengeluhkan tentang Ms Excel yang dia gunakan sangat lambat ketika mengedit dokumen tertentu. Ketika membuka, berpindah worksheet sangat lama. Analisa awal adalah masalah pada dokumen yang dia edit yaitu ada link ke dokumen lain, akan tetapi setting di Ms Excel yang dia gunakan adalah Ask to update automatic links. Artinya dokumen tersebut tidak langsung mengupdate link ke dokumen lain, tetapi akan menanyakan terlebih dahulu. Akhirnya analisa awal gugur. Hari ini dia memberitahu bahwa ketika dia edit di rumah dan tidak terhubung dengan LAN ( Wifi ), Ms Excel berjalan normal. "Apakah saya harus mengedit tanpa terkoneksi dengan jaringan agar Ms Excel saya normal? " ujar dia. Jawab saya " Oke nanti akan saya cari tahu solusinya". Berbekal data terakhir bahwa jika terhubung jaringan Ms Excelnya berjalan normal, saya mencari via google dengan keyword " ms excel lambat ketika terkoneksi dengan jaringan ". Akhirnya saya mendapat solusi yang tepat dari link berikut ini, di dalam blog tersebut disampaikan bahwa ada 2 hal yang menyebabkan Ms Excel menjadi lambat :

1. Default printer adalah printer yang disharing di komputer lain dalam jaringan LAN.
2. Tampilan view dalam worksheet dalam mode pagebreak.

Kedua hal tersebut menyebabkan si Excel ini terus meminta informasi ke printer di komputer lain untuk disesuaikan dengan tampilan dalam worksheet tersebut. Karena masalah ini yang menyebabkan sangat lambat dalam mengedit dokumen tertentu yang posisi view-nya pagebreak

Solusinya pindah view pagebreak menjadi normal view, kemudian ganti default printer ke printer lokal, sehingga anda perlu memilih printer hanya ketika akan mencetak. Problem Solved! thx to Kemplang Pedes atas pencerahannya. Semoga bermanfaat juga bagi rekan lain yang mengalami masalah yang sama.

related links :


Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home