The Way Of Life: Kapan anda mulai mengenal komputer?
Google

Sunday, April 28, 2013

Kapan anda mulai mengenal komputer?

Masih ingatkah anda kapan mulai mengenal komputer? Saya pertama melihat secara fisik komputer ketika saya SD, saya lupa waktu itu kelas berapa. Kebetulan teman saya yang kebetulan cukup berada, membeli komputer, untuk seri prosesor saya belum perhatikan waktu itu. Menurut sejarah era 80an prosesor masih di kisaran Intel 386 sampai 486. Waktu itu operating sistem masih DOS, kemudian layar monitor masih tabung, dan ada 1 printer seri EPSON LX-800 ( kalau tidak salah ).  Saat itu ada beberapa games semisal catur, Digger, dan juga game yang berupa pertanyaan matematika. Saat itu saya hanya bisa terheran heran melihatnya. 
Kemudian mulai mengenal dan mengoperasikan komputer pertama kali ketika extra kurikuler SMA yaitu mengenal DOS, saat itu setiap komputer digunakan oleh 2 siswa dengan total waktu 1 jam. Artinya setiap siswa memiliki waktu sekitar 30 menit, dan waktu 30 menit sangat cepat sekali ketika anda memainkan komputer. Perintah DIR, COPY, FORMAT yang waktu itu saya sama sekali tidak begitu paham dengan perintah perintah 'aneh' tersebut. Waktu itu masih menggunakan disket ukuran 5.25 sedangkan disket 3.5 masih baru dan paling canggih saat itu.


Kesempatan ketiga yaitu sewaktu kuliah tahun 1996, saat itu era dimulainya Windows 95. Langsung memegang mouse padahal saat itu komputer masih blank ( saya anggap demikian ). Komputer yang dipakai waktu itu bermerk Zenith. Jangan salah pada waktu itu program BIOS komputer tersebut sudah bisa menggunakan mouse, padahal komputer merk lain masih menggunakan keyboard untuk program BIOSnya. Awal mengenal bahasa pemrograman waktu itu menggunakan Power Basic, kemudian meningkat ke Pascal, lalu Visual FoxPro. Ketika awal mengenal FoxPro saya merasa sangat lega, bagaimana tidak pada saat menggunakan Power Basic dan Pascal untuk membuat 1 tombol saja setengah mati karena harus mengettikan kode yang cukup panjang dan 'tidak manusiawi', dengan Visual FoxPro cukup drag and drop langsung jadi, kita hanya perlu memikirkan logika didalamnya.
Sewaktu kuliah saya anggap sebagai waktu penyerapan pengetahuan komputer besar besar-an dan kebetulan seorang teman kost adalah seorang computer freak yang tiap hari selalu ada saja yang dikerjakan dari sisi software maupun hardware dan pengetahuan hardware sebagian besar saya serap dari beliau. Dan kalau boleh jujur pengetahuan dasar komputer dari beliau sampai saat ini masih 'berfungsi' untuk kasus kasus yang kadang saya hadapi. Bahkan rekan saya pernah mengcopy windows 95 milik rekannya ke komputer dia menggunakan puluhan disket 3.5 ( 1,4 Mb), karena kebetulan spesifikasi komputer dia sama persis dengan milik rekannya, sehingga cukup copas tanpa setting ini itu :)), freak enough.
Sekarang penyerapan pengetahuan komputer lebih banyak di sisi software, untuk hardware komputer pada PC saya lihat hanya pada lebih cepat , lebih kecil,lebih irit dan sebagainya.
Kadang saya merasa geli ketika anak saya yang belum genap 4 tahun sudah memainkan perangkat Android, netbook dan notebook dengan mahirnya. Padahal ayahnya SD saja baru melihat komputer, SMA baru mengoperasikan komputer. Dan tentu saja kedepan anak saya pasti lebih ahli dari ayahnya. Amien. :)

model : Bonfilio Wijaya umur sekitar 3,8 thn ketika tulisan ini dibuat / My Son

gambar diambil dari sini


Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home