The Way Of Life: Mesin Primitif
Google

Sunday, April 07, 2013

Mesin Primitif


Revolusi industri menghasilkan mesin uap dan kemudian mesin berbahan bakar fosil alias minyak. Pada awalnya mesin uap mendominasi industi, misalnya kereta api yang menggunakan batu bara sebagai bahan bakarnya. Akhirnya mesin uap berbahan bakar batu bara digantikan oleh mesin berbahan bakar minyak yang jauh lebih efisien. Sekarang banyak mesin berbahan bakar minyak khususnya bensin dikonversi menjadi berbahan bakar gas yang lebih 'hijau'.

Orang lokal pun banyak membuat percobaan motor BBG seperti Sapari warga Desa Margo Mulyo, Kecamatan Kerek, Tuban. Dia memodifikasi Yamaha RX Spesial 1984 menjadi motor berbahan bakar gas menggunakan tabung LPG 3 Kg. Juga dari Jember seorang guru extrakurikuler otomotif bernama Muhammad Hamid Wijaya juga berhasil membuat motor bebek ber-BBG. Pabrikan lokal yaitu PT Kanzen Motor Indonesia yaitu Kanzen Taurus Ultima 100 cc Hybrid, yang artinya bisa menggunakan bensin dan bisa menggunakan gas. Hanya sampai sekarang produk tersebut belum muncul di pasaran.
Sekarang juga dimulai era mobil listrik ataupun hybrid, bisa listrik dan bensin. Menandakan dimulai era baru dimana suatu saat mesin berbahan bakar minyak akan digantikan mesin listrik ataupun yang lebih canggih. Mungkin saat ini kita bisa tertawa dan berkata tidak mungkin mesin sekarang digantikan mesin lain. Tetapi kita tidak akan tertawa ketika minyak mulai habis dan gas juga habis, mobil kita dan motor kita akan menjadi mesin primitif yang tidak bisa bekerja lagi. Sebuah mesin yang digerakkan dengan membakar minyak atau gas menjadi mesin yang kuno/primitif. Suatu saat bisa juga dijual kit mesin motor atau mobil berbahan bakar nuklir, sebuah sistem yang sama yang digunakan untuk menggerakan kapal selam berbahan bakar nuklir. Uranium sebagai bahan bakar biasanya diganti setelah 3 tahun pemakaian, artinya jika itu diaplikasikan pada motor, selama 3 tahun anda tidak perlu mengisi 'bensin'. Bahkan kapal selam nuklir pertama yaitu  USS Nautilus ( 1951 ) , kapal selam tersebut bisa beropeasi selama 25 tahun tanpa penggantian bahan bakar. Artinya jika anda membeli motor bertenaga nuklir ketika anak anda lahir, maka ketika anak anda menikah  di umur 25 tahun, motor anda belum pernah isi 'bensin' ulang sama sekali. Super sekali!
Cerita diatas merupakan imaginasi yang bisa menjadi kenyataan, dimana revolusi mesin terus berjalan. Semoga menghibur rekan rekan.

gambar diambil dari sini

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home