The Way Of Life: Masa depan teknologi bioskop
Google

Sunday, November 10, 2019

Masa depan teknologi bioskop

Virtual Reality

Kali ini saya mencoba memprediksi teknologi yang mungkin akan dipakai para pembuat film untuk penonton di bioskop. Saat ini teknologi film khususnya teknologi yang dipasang di bioskop adalah 4DX yaitu :

  1. Motion, kursi bioskop akan bergerak ke kanan, kiri, atas, bawah, mengikuti gerakan kamera/tokoh dalam film.
  2. Light, efek cahaya yang mirip dengan kilat/lampu flash akan dipancarkan apabila ada scene yang sesuai.
  3. Scent, bermacam aroma akan ditebarkan ke seluruh ruangan, menyesuaikan bau-bauan dalam film.
  4. Wind, efek angin yang muncul, baik dari langit-langit, mau pun dari bawah kursi, sesuai dengan adegan film.
  5. Water, penonton bakal merasakan sensai air yang akan disemprotkan apabila ada adegan yang menampilkan cipratan air.


Kedepan teknologi yang akan dipasang adalah VR ( Virtual Reality )  plus 4DX, dengan Virtual Reality maka penonton akan diajak masuk ke dalam film yang ditonton, dan setiap penoton bisa "memilih" pandangan yang berbeda. Dengan adanya fitur pilihan scene ini tentu saja cara pembuatan film nantinya juga akan berubah, yaitu menggunakan banyak kamera, dan data yang diambil juga tidak hanya film dan suara saja tetapi komposisi cahaya, bau, suhu, cuaca dan lain sebagainya. Yang nantinya data data tersebut diload kembali ketika flim tersebut diputar di bioskop. 

Anda bisa bayangkan, anda menonton para robot Transformer melawan Megatron tepat di bawahnya, anda bisa merasakan sensasi peperangan sesungguhnya seperti bau gosong, angin, cuaca dsb, karena anda ada di dalamnya. Ketika adan melihat film horor anda hadir tepat di tengah tengah film yang tentu saja sensasinya menjadi lebih menyeramkan daripada anda menonton "dari kejauhan". Dan aroma bunga melati nantinya pun bisa hadir di tengah tengah bioskop. Mengasyikan bukan?

Semoga bemanfaat.


gambar diambil dari sini

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home