The Way Of Life: Beberapa Masalah Pompa Air dan Solusinya
Google

Sunday, November 10, 2019

Beberapa Masalah Pompa Air dan Solusinya

Pompa Air Cetak Cetek

Instalasi Pompa Air plus Filter Air

Ada beberapa sebab mesin pompa air yang  pressure switch-nya selalu cetak cetek ( mati nyala mati nyala ), antara lain yaitu :
  1. Settingan pressure switch belum pas alias perlu diputar lagi agar pas kerengangan pegas-nya.
  2. Jika langkah pertama sudah disetel naik turun dan masih sama hasilnya yaitu cetak cetek, cek semua kran dan pipa apakah dalam kondisi tertutup rapat semua dan tidak ada yang bocor. Jika ada yang bocor maka akan mengakibatkan tekanan air dalam pipa akan turun sehingga pressure switch kembali menyalakan saklar otomatis.
  3. Jika langkah ke-2 masih belum berhasil ada kemungkinan pressure switch anda sudah aus alias pegasnya sudah kendur, maka perlu diganti. Tetapi jika pressure switch anda baru atau instalasi pompa air anda masih termasuk baru, lupakan point ini.

Cek semua kran, pipa dan sambungan, apakah ada yang bocor?

Kran Air yang rembes juga membuat Pressure Switch Cetak Cetek
Ganti Kran yang baru


Air tidak mau naik, pompa air harus dipancing

Jika pompa air anda tidak mau menyedot air dan harus dipancing, ada beberapa kemungkinan , antara lain :
  1. Foot klep yang ada di pipa bawah sumur kotor atau tersumbat, dalam hal ini kita bicarakan mengenai kasus sumur bor. Hal ini biasanya terjadi pada instalasi sumur bor baru atau pada istalasi perumahan baru, kenapa? Untuk perumahan baru biasanya sumur bor baru jadi sehingga masih banyak lumpur dan pasir yang terbawa naik dari bawah oleh pompa, hal ini sering menyebabkan foot klep di bagian bawah pipa yang masuk ke lubang sumur tersumbat atau terganjal. Foot klep ini berfungsi untuk menahan air agar tidak turun ke bawah sehingga pompa dengan mudah menarik air ke atas. Solusinya adalah kuras air pada sumur bor dengan cara membuang air ( membuka kran air selama beberapa jam)  yang masih kotor sampai air berubah menjadi jernih atau agak jernih. Biasanya perlu waktu beberapa minggu sampai air benar benar jernih, dan lumpur serta pasir mengendap.
  2. Jika langkah ke-1 masih berlum berhasil ada kemungkinan foot klep sudah rusak, tapi jika instalasi sumur bor anda masih termasuk baru hal ini jarang terjadi. Efek dari foot klep yang rusak biasanya penyakitnya air harus sering dipancing karena air di dalam pipa selalu turun ke bawah lagi disebabkan klep tidak bisa menahan air di pipa sehingga pompa air tidak cukup kuat menyedot air ke atas karena terlalu jauh permukaan airnya.

Air turun kembali karena foot klep rusak atau tersumbat pasir

Foot Klep
Efek dari pompa air yang tidak bisa menyedot air karena foot klep bermasalah adalah spul dinamo bisa terbakar karena panas berlebih ( ini terjadi pada tetangga saya) , sehingga anda harus mengeluarkan uang lebih banyak lagi karena harus mengganti spul dinamo pompa air. 

Tabung pompa air retak atau pecah atau bocor

Tabung pompa air berfungsi untuk mengaktifkan pressure switch ketika tekanan dalam tabung berubah, ketika tekanan di dalam tabung cukup besar karena kran ditutup maka katup di dalam pressure switch akan mematikan saklar listrik sehingga pompa air berhenti bekerja. Ketika tekanan turun karena kran dibuka maka pressure switch akan menyalakan saklar listrik sehingga pompa air kembali bekerja.

Pompa Air dengan Tabung Fiber / Plastik

Tabung pompa ada 2 macam yaitu yang terbuat dari plastik dan ada juga yang terbuat dari logam. Untuk tabung pompa yang terbuat dari plastik, karena sering mendapat tekanan maka suatu saat akan retak atau bocor, tergantung umur pemakain dan bahan. 

Untuk yang berbahan logam biasanya rusak karena karat karena usia. Untuk tabung pompa fiber khususnya jika sudah retak tidak bisa ditambal, karena retakan akan merambat ke bagian lain pada  body tabung karena umur pemakaian.

Salah satu solusinya adalah membuang tabung pompa ( pompa air "tubeless") dan menggantinya dengan T kuningan. Jadi pressure switch akan langsung mendapat tekanan dari pipa tidak melalui tabung lagi. Hal ini membuat settingan pressure switch berubah, tidak "lembut" lagi melainkan lebih "kaku" karena tekanan air di pipa langsung menekan pressure switch. Biaya untuk merubah-nya tidak sampai 100 ribu, pengalaman saya cukup merogoh kocek 74 ribu. Gambarnya ada di bawah ini.

Instalasi pompa Air dengan T berbahan kuningan tanpa tabung

Sambungan Pipa L Bow, Sambungan Pipa Drat luar, T Kuningan dan Tutup Pipa untuk T - Pompa Air "Tubeless"



Itu adalah mur untuk setting CUT OFF dan CUT ON arus listrik - Setting Ulang Pressure Switch

Jika setting ulang Pressure Switch , saklar otomatis masih cetak cetek anda bisa mensetting bagian lain yaitu baut penahan pegas ( pengatur perbedaan tekanan ). Biasanya kasus ini untuk pressure switch yang umurnya sudah cukup lama sehingga pegas sudah berubah tingkatan kekakuanya. Jika anda kurang telaten lebih baik menyuruh tukang pompa karena setting ini tidak mudah.

Baut untuk setting perbedaan tekanan ( diferensial )

Solusi kedua yaitu memasang tandon air, karena ketika menggunakan tandon maka pressure switch bekerja karena ketinggian air di tandon, bukan lagi karena tekanan sehingga hal ini jauh lebih sederhana dan lebih pasti daripada mengecek tekanan air pada instalasi pipa. Untuk pemasangan jika memang anda kurang terampil atau ahli dalam pengerjaan pertukangan, usahakan menggunakan jasa tukang agar lebih rapi dan menghemat waktu.


Semoga bermanfaat.

related links :




Labels: , ,

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Pompa air yang harus dipancing terus adalah masalah yang bisa mengganggu kehidupan sehari-hari. Namun, dengan pemahaman tentang penyebabnya dan tindakan yang tepat, masalah ini dapat diatasi dengan mudah.

Masalah pompa air yang tidak mau naik bisa menjadi sangat menjengkelkan, tetapi dengan pemahaman yang baik tentang penyebabnya dan solusi yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini.

Tips Pemilihan lokasi yang tepat untuk pompa air adalah faktor kunci dalam memastikan kinerja yang optimal dan pemenuhan kebutuhan air rumah tangga. Berbagai pertimbangan seperti kebutuhan air, kedalaman sumber air, kondisi geografis, ketersediaan listrik, dan aksesibilitas harus dipertimbangkan secara cermat sebelum Anda menentukan lokasi yang ideal.

1:28 AM  

Post a Comment

<< Home