The Way Of Life: Solusi Error ETAX-40001 pada e-Faktur
Google

Tuesday, June 11, 2019

Solusi Error ETAX-40001 pada e-Faktur

Pesan Error ETAX-40001

Singkat saja, kali ini saya akan berbagi mengenai solusi untuk error yang muncul pada aplikasi e-Faktur ( aplikasi Faktur PajakElektronik ) . Error yang muncul yaitu “ETAX-40001 : Tidak dapat menghubungi E-TaxInvoice Server, Anda harus terhubung dengan internet untuk mengakses service"

Jika anda melihat potongan log pada file debug.log adalah seperti di bawah ini :

2019-06-11/11:20:38.055 ERROR: etaxinvoice.ETaxInvoice - checking for new update.....
2019-06-11/11:21:42.734 ERROR: uploader.WebServiceProxy - HTTP transport error: java.net.SocketException: Connection reset
com.sun.xml.ws.client.ClientTransportException: HTTP transport error: java.net.SocketException: Connection ...


Error tersebut kebanyakan adalah dikarenakan di komputer anda ter-install aplikasi antivirus atau tools keamanan yang terlalu "galak" yang menyebabkan aplikasi e-Faktur kesulitan untuk terhubung dengan server pusat.


Sertifikat Elektronik



Upload Faktur


Berikut langkah langkah solusi untuk error tersebut.
  1. Pastikan komputer anda terhubung dengan internet.
  2. Pastikan sertifikat elektronik untuk aplikasi anda adalah yang terbaru, untuk lebih yakin download ulang di website ini.
  3. Uninstall semua Anti Virus dan Firewall dari pihak ke-3, tools pengamanan lain-nya ( Adware blocker, dsb ). Firewall bawaan windows secara default tidak mengganggu koneksi e-Faktur.
  4. Install Antivirus  yang tidak terlalu “galak”  yaitu SMADAV lalu tandem dengan Anti Virus lain yaitu Microsoft Security Essential jika anda menggunakan OS Windows 7. SMADAV untuk menghalau virus "dalam negeri", dan Ms Security Essential untuk menghalau virus "luar negeri", dan kebetulan keduanya ada versi free-nya alias gratis. Sebaiknya komputer yang digunakan untuk menginput e-faktur tidak digunakan untuk browsing "aneh - aneh", sehingga aman dari virus. Sebenarnya ini adalah cara mudahnya, karena untuk setting firewall dan berbagai merk antivirus akan sangat panjang dan ribet jika saya terangkan satu per satu di artikel ini. 

Jalankan Ulang aplikasi E-Faktur, semoga berhasil.

Tools :
Aplikasi E-Faktur
Windows 7 32 bit


Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home