The Way Of Life: Cara Praktis Menambal Dak Yang Bocor / Retak Sendiri
Google

Friday, March 06, 2020

Cara Praktis Menambal Dak Yang Bocor / Retak Sendiri

Aquaproof, Air, Kuas, Gunting, Serat Fiber, Kanebo

Di bulan maret ini musim hujan masih berlanjut untuk daerah jabodetabek dan tentu saja daerah lain di Indonesia pada umumnya. Kali ini saya akan sharing cara praktis yang bisa anda lakukan sendiri untuk menambal atap dak beton yang bocor karena retak. Tentu saja dak yang bocor ada banyak kasus, untuk cara yang akan saya terangkan ini, efektif untuk retakan yang kecil sampai menengah, untuk retakan yang cukup besar jika anda tidak ingin repot harus menggunakan tukang atau jika anda bisa lakukan sendiri membutuhkan biaya dan tenaga yang lebih besar, seperti video di bawah ini.



Berikut bahan bahan yang diperlukan :

Aquaproof 1 Kg

Serat Fiber

  1. 1 buah kaleng kecil ( 1 Kg ) Aquaproof atau sejenisnya ( tergantung dari panjang dan banyaknya retakan pada dak, jika retakan cukup banyak harus membeli lebih dari 1 kaleng ) harganya saat ini sekitar 50 ribuan untuk yang kaleng kecil ukuran 1 Kg.
  2. Serat fiber secukupnya, tergantung panjang dan banyaknya retakan. Untuk ukuran paket plastik sedang seperti pada gambar harganya sekitar 1000 rupiah di tokopedia.
  3. Kuas.
  4. Gunting, untuk memotong seraf fiber sesuai kebutuhan
  5. Air secukupnya untuk membersihkan retakan dak dari debu dan kotoran yang akan ditambal agar tambalan aquaproof lebih kuat merekat.
  6. Kanebo atau kain lap, untuk mengeringkan dak lebih cepat. Ini relatif jika anda menggunakan sikat dan dak dibiarkan kering sendiri juga bisa, tergantung kebutuhan.


Langkah langkah menambal dak yaitu :

1. Bersihkan retakan dak yang akan di tambal, kemudian keringan dengan lap atau dibiarkan kering sendiri.





2. Oles Aquaproof dengan kuas ke retakan dan sekitarnya


3. Tempel serat fiber yang sudah dipotong, lalu lapis lagi dengan aquaproof sehingga merata. Serat fiber berfungsi agar tambal lebih kuat dan merata.





4. Biarkan hingga kering

Biarkan sampai kering

Kering sempurna


Kapan waktu yang tepat untuk menambal dak yang bocor?

Saran saya, waktu yang tepat untuk menambal atap dak yang bocor adalah di pagi hari yang cerah, sehingga ketika melewati 1 hari, maka tambalan menjadi kering sempurna karena kena angin dan panas matahari sepanjang hari. Jika tidak, maka anda harus menyediakan plastik atau terpal untuk menutup tambalan sementara hingga kering, sehingga jika terkena hujan tambalan tidak rusak.

Pagi yang cerah


Mengapa dak bisa retak / bocor?

Ada banyak sebab, antara lain : kualitas pembuatan dak ( campuran semen ) kurang bagus, cuaca, perubahan kondisi tanah sehingga kontruksi bangunan bergerak menyebabkan retak dan masih banyak lagi.

Apakah teknik tambalan di atas berhasil? 

Ya, saya sudah membuktikannya 2 kali musim hujan atap dak saya tidak rembes atau bocor lagi.

Dak Bocor sebelum ditambal

Berhasil, dak tidak bocor lagi

Berapa lama tambalan dak akan bertahan?

Menurut pengalaman saya sekitar 2 tahunan  bisa lebih tergantung cuaca, ya dengan biaya 50-60 ribu per dua tahun saya kira cukup layak. Setelah itu ( 2 tahun ) anda bisa melapis lagi atau mengelupas tambalan yang lama kemudian digantikan dengan tambalan yang baru jika dak mulai rembes atau bocor lagi. Jika ingin lebih awet lagi maka anda harus menggunakan bantuan tukang untuk menyuntik retakan dengan cairan beton dan dengan biaya lebih besar dari teknik di atas.

Langkah langkah di atas merupakah contoh sederhana agar mudah dipelajari, pada prateknya saya menambal lebih panjang dan banyak untuk menambal dak saya, daripada contoh foto foto di atas.

Semoga bermanfaat.


Perumahan Terbaik di Cibubur

Perumahan CitraLand Cibubur dari Ciputra Group harga mulai dari 400 jutaan



Perumahan CitraGrand CBD Cibubur

Perumahan di Cibubur DP Murah

Cara praktis membersihkan tangki kloset duduk




Labels: , , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home