The Way Of Life: Cara Menghilangkan Karakter "Enter" di MySQL
Google

Thursday, February 13, 2020

Cara Menghilangkan Karakter "Enter" di MySQL

Kali ini saya ingin berbagi tips untuk menghilangkan karakter "Enter" atau "New Line" pada data di database MySQL. Bagaimana karakter "Enter" ini bisa masuk di data salah satunya adalah karena model entrian data yang mengharuskan kita menekan tombol Enter agar cursor turun ke baris berikutnya seperti gambar di bawah ini. Berikut pengalaman yang saya alami yang mengharuskan saya menghilangkan karakter "Enter" masuk ke data. Aplikasi web yang dibangun di perusahaan saya menggunakan database MySQL sedangkan untuk aplikasi front end menggunakan ExtJS dan PHP ( CodeIgniter ). 

Form Inputan ExtJS pada entrian alamat

Karena ada kebutuhan untuk upload data ke pihak pemerintah yaitu OJK ( Ototitas Jasa Keuangan ) yang mengharuskan data debitur dikonversi menjadi data bebasis file text. Masalah yang timbul adalah dalam proses konversi ini adalah jika ada karakter "Enter" atau "New Line" pada data, maka data yang seharusnya 1 baris ( 1 data ) berubah menjadi lebih dari satu karena ada karakter "Enter" pada data alamat. Berikut saya berikan 2 cara menghilangkan karakter "Enter" pada MySQL:

  1. Jika data sudah terlanjur masuk ke dalam database MySQL, ketika load data anda bisa menggunakan perintah SQL yaitu SELECT REPLACE(alamat,'\n',' ') AS alamat FROM tabel. Yaitu menggunakan fungsi REPLACE, ganti karakter "Enter" menjadi spasi / space.
  2. Pada saat memasukan data ke database MySQL, gunakan fungsi PHP yaitu str_replace, contohnya pada PHP (CodeIgniter) yaitu : str_replace("\n"," ",$val->alamat);. Yaitu mengganti karakter Enter menjadi spasi.



Data alamat ketika sudah dihilangkan karakter "Enter"nya

Semoga bermanfaat.

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home