The Way Of Life: Printing to Dot Matrix Printer from Web Apps
Google

Tuesday, December 02, 2014

Printing to Dot Matrix Printer from Web Apps


Jika anda pernah melihat film Jurassic Park, disitu diceritakan bahwa para ilmuwan dapat menciptakan dinosaurus dari DNA yang terdapat di darah dinosaurus yang dihisap oleh seekor nyamuk. Kemudian nyamuk tersebut terperangkap dalam getah pohon. Akhirnya pada masa sekarang ketika dinosaurus sudah punah,mereka dapat diciptakan kembali dengan mengambil darah dinosaurus yang ada di dalam tubuh nyamuk tersebut. Kali ini saya akan membahas "DNA" yang lain yaitu "DNA" untuk aplikasi web agar bisa mencetak direct print ke printer dot matrix.
Salah satu kendala dalam membuat aplikasi web adalah ketika akan mencetak ke printer dot matrix. Kebanyakan di internet hanya membahas cetak dari php ke pdf, html dan sebagainya yang memang bagus dicetak pada printer non dot matrix. Setelah lama mencari teknik yang simple dan mudah dalam mencetak ke printer dot matrix melalui aplikasi web, akhirnya saya menemukan applet gratis dan open source yaitu jzebra. Applet ini memerlukan Java terinstall di komputer anda, anda bisa mendownload installer offline-nya di sini. Langkah - langkah untuk mencoba jzebra adalah sebagai berikut :

1. Download applet jzebra di sini, saya menggunakan versi 1.7.0
2. Install atau download installer offline java di sini lalu install. Sesuaikan dengan sistem operasi yang anda pakai.
3. Install xampp atau bitnami sebagai web server di komputer lokal anda.
4. Extact file jzebra di directory ..\apache2\htdocs\
5. Jalankan sample.html di direktori \dist


Jika muncul tampilan di atas pilih I accept the risk and want to run this application, dan klik Run
6. Jangan lupa juga masuk ke Control Panel, pilih Java, kemudian pilih tab Security, pada bagian Exeption Site List, pilih Edit Site List kemudian tambahkan alamat lokal web site anda agar tidak terblokir.


7. Idealnya printer dotmatrix sudah terpasang pada komputer anda atau anda telah terhubung dengan printer dot matrix dari komputer lain yang di-sharing. Set sebagai default printer anda agar mudah mencoba applet jzebra ini.
 8. Buka browser  yang menjalankan sample.html, kemudian klik tombol default printer, kemudian untuk mencoba cetak Raw Printer, klik tombol Print dan Print Base64. Dan hasilnya IT WORKS!


Print Base64
Raw Print

Saya menggunakan printer Epson LX-310, yang merupakan printer dot matrix yang sangat umum dipakai.

Dari semua langkah di atas yang saya tulis, seharusnya rekan - rekan sudah bisa membuat aplikasi berbasis web baik itu dengan PHP atau bahasa pemrograman lainnya untuk bisa mencetak di printer dot matrix, source code bisa anda pelahari lengkap di dalam sample jzebra. Jzebra ini seperti "cetak biru DNA" tentang cara mencetak dari browser atau aplikasi web ke printer dot matrix yang selama ini sulit dilakukan. Artinya dengan "cetak biru DNA" ini, anda bisa mengembangkan dengan mengkombinasikan dengan framework PHP misal CodeIgniter, YII, Zend dikombinasikan dengan ExtJS dan lain sebagainya. Saya pikir coder lokal paling jago untuk urusan mengkombinasikan berbagai bahasa pemrograman. Semoga bermanfaat.

Tools:
Mozilla Firefox

Hardware :
Printer EPSON LX-310

related links:
Show PDF in ExtJS
PHP Direct Printing Dot Matrix LX-300

Labels: , ,

2 Comments:

OpenID f1dz said...

Hello dude! Your tutorial is very good, I have following all step at your blog. And guess what? my boss has raised up my salary.

WTF bro?

10:11 AM  
Blogger boed said...

Cool dude,where is my money? :)

10:48 AM  

Post a Comment

<< Home