The Way Of Life: SPC Boss 3000 Review
Google

Thursday, December 16, 2010

SPC Boss 3000 Review


Setelah mencari cukup lama hape dual SIM CARD, akhirnya pilihan jatuh pada SPC Boss 3000, alasanya simple. Teman saya juga membeli hape yang sama. Memilih hape cina dual SIM CARD susah susah gampang, tapi bagi saya review dari teman adalah segalanya. Di internet kita tidak kenal siapa menulis artikel, bisa saja hanya untuk mem-blow up sebuah produk. Teman saya sudah menggunakan cukup lama dan tidak ada kendala berarti, dan satu lagi hape ini mengusung teknologi hybrid, artinya bisa gonta ganti antara GSM-GSM dan GSM-CDMA.

Bagi saya ini penting, karena selain menanam nomor abadi di slot one, slot two bisa dipakai bergantian untuk nomor GSM dan CDMA. Secara overall desainya cukup menarik tidak terlalu kacangan, yang jelas harus ditebus dengan harga yang cukup 'mahal' untuk sebuah hape cina. Memang itu akan berbanding lurus, jika sebuah hape cina dihargai 'sangat murah' biasanya desainnya kacangan alias kurang bagus. Untuk kelengkapan standar paket hape cina, yang jelas ciri khasnya adalah diberi 1 buah batere cadangan. Ini menurut saya penting, karena salah satu komponen hape yang tidak bisa bertahan lama adalah batere, sebagus apapun komponen pendukung hape, batere suatu saat pasti soak. Nah, dengan adanya batere cadangan maka tidak perlu pusing beli batere baru (yang original) di kemudian hari. Untuk masa pakai batere di SPC Boss 3000 standart yaitu 2 harian untuk pemakaian normal. Dengan kapasitas 1000 mAh sudah lebih dari cukup untuk melayani 2 SIM CARD.

Perlu diperhatikan juga jika anda menggunakan kartu CDMA di slot kedua, akan menguras daya batere cukup besar, karena kita tahu meskipun kualitas suara CDMA lebih baik, tapi untuk urusan menguras batere cukup rakus, apalagi kalo sinyal BTS kurang kuat di daerah sekitar anda. Salah satu triknya adalah jika tidak penting sekali atau ketika anda berpindah ke kota lain, matikan SIM 2 untuk menghemat batere. Kecuali anda membawa batere cadangan itu beda cerita.

Untuk kekuatan sinyal standar, tidak kuat sekali juga tidak lemah sekali. Untuk headset ada sedikit masalah, ya namanya pahe, headset juga pahe. Suara sudah cukup bagus, tetapi kurang bisa nyantol di lubang telinga. Salah satu saran adalah bisa menggunaka headset dari hape lain seperti Nokia 5800. Atau jika ingin suara yang lebih bagus bisa diganti dengan headset dari Sennheiser, yang jelas harus ditebus dengan harga lumayan. Fitur handsfree yang menarik dari SPC ini adalah autoanswer jadi ketika anda mendengarkan music, ada panggilan datang beberapa detik langsung 'diangkat' oleh software SPC. Jadi tidak perlu repot pencet tombol answer.

Juga fitur yang cukup menarik adalah ketika ada panggilan masuk, begitu hape diangkat(flip) otomatis ring tone akan berhenti berbunyi karena ada G-Sensor pada hape SPC Boss 3000. Untuk TV dan radio standar hape cina, untuk TV kualitasnya paling bagus di antara hape cina yang lain, yang jelas tergantung kondisi daerah tempat anda berada. Ada juga fungsi senter, kelihatan sepele tapi ini cukup membantu jika lampu mati. Kemudian ada fungsi untuk merekam pembicaraan telepon dengan menekan tombol di sebelah kiri body hape.

Untuk software yang terpasang standart hape cina, dengan tampilan cukup halus, yang jelas jangan dibandingkan dengan software bawaan hape Sony Ericsson atau Nokia, secara desain dan kemudahan jelas beda. Untuk fitur Java tidak ada masalah bisa untuk menjalankan Opera Mini 5 dan berbagai program J2ME dan eBuddy semua berjalan lancar karena didukung prosesor yang cukup 'cepat' yaitu 208 Mhz. Untuk Google Map hape ini tidak mendukung fitur My Location, mungkin dari rekan rekan ada yang tahu tricknya bisa dishare disini. Untuk slot memory bisa dipasang sampai 16 Gbyte di atas kertas tapi dengan 2 Gbyte saja sudah cukup mumpuni untuk menyimpan file music dan foto.

Untuk software pendukung misal hape SPC ini mau dijadikan web cam juga bisa, anda bisa download softwarenya di internet. Secara overall hape ini layak dimiliki dengan berbagai merk hape dual SIM CARD yang beredar di pasaran.Adanya fitur BlackList incoming call yang embedded di software SPC juga salah satu kelebihan hape ini.Yang jelas ada service center resmi, jadi jika terjadi kerusakan atau pergantian komponen gampang. Satu lagi yang perlu dicoba sebelum membeli SPC Boss 3000, yaitu mencoba men-charge hape sambil memasang headset,karena di beberapa kasus headset tidak berfungsi jika dalam kondisi tercharge, ini diperlukan jika anda sedang menonton tv, tapi batere hampir habis. Karena fitur TV sangat menguras daya batere, ini wajar karena daya batere digenjot untuk menampilkan grafis dan suara.

Untuk batere bisa dikanibal juga dari batere nokia seri BL6F dengan daya sedikit diatas batere original SPC yaitu 1200 mAh atau bisa juga menggunakan batere Nexian Journey. Untuk konversi file movie ke 3GP bisa menggunakan aplikasi Xilisoft agar bisa dinikmati/kompatibel di hape SPC. Untuk silicone case bisa pakai merk COMFORT cocok untuk SPC Boss 3000, tentu dengan sedikit kreativitas untuk membuat lubang di beberapa sisi salah satunya untuk lubang antena. Untuk kekuatan sinyal standart dan saya beri nilai 7 dari range 10, dan uniknya dari hape dual sim card adalah bisa menelepon diri sendiri karena dalam satu mesin, ini menandakan bahwa mesin hape SPC Boss 3000 ada 2 buah.

Sekali lagi review ini hanya sebagai bahan perbandingan saja, anda bebas memilih hape sesuai dengan kantong dan selera anda. Lokasi untuk membeli bisa anda pilih disini. Semoga informasi ini cukup membantu.

Labels: , , ,

2 Comments:

Blogger boed said...

setelah 1 tahun menggunakan spc boss 3000, yang jelas ganti batere, karena batere yang lama telah 'hamil' duluan karena sering dicharge terlalu lama, secara performa turun separuh, tapi membuat casing jadi sempit. So, tentu saja batere cadangan beraksi. Secara performa hp ini tidak ada masalah, tentu saja dengan berbagai kekurangan yang telah saya tulis.

4:58 PM  
Blogger boed said...

Dengan batere Double Power merk Super Li-Ion (1500 mAh), menyalakan fitur TV akan menghabiskan batere dengan jangka waktu 3 Jam 20 Menitan

12:06 PM  

Post a Comment

<< Home