The Way Of Life: Cara melihat token listrik / PLN Pra Bayar yang hilang
Google

Friday, November 02, 2018

Cara melihat token listrik / PLN Pra Bayar yang hilang

Virutal Assistant PLN 123

Kemarin sehabis pulang bekerja tanggal 1 November 2018 saya membeli token listrik pra bayar di Indomaret sebesar 20 rb, selain membeli token saya juga membeli roti dan sebagainya. Secara refleks kertas struk saya buang di tong sampah depan Indomaret tersebut karena saya jarang menyimpan struk belanjaan yang akhirnya menjadi sampah. 

Sesampai di tengah jalan saya baru ingat bahwa saya juga membeli token listrik  yang tentu saja tercetak di struk tersebut. Ingin putar balik tetapi jalan macet karena ada mobil mogok di jalan tersebut. Akhirnya saya memutuskan malam ini tanggal 2 November 2018 untuk menanyakan ke Indomaret tempat saya membeli token kemarin. 

Akan tetapi mas penunggu Indomaret tidak bisa mengecek struk yang kemarin karena closing mereka harian. Dia bilang telp PLN-nya saja mas. Akhirnya saya meninggalkan nomor HP saya dan nomor token saya, yang nanti mereka akan SMS setelah agak sepi karena mereka sedang repot melayani pembeli, karena harus menelepon bos dia katanya. 

Sampai tulisan ini dibuat mas penjaga Indomaret tersebut belum SMS ataupun WA. Akhirnya saya inisiatif browsing di Internet, ternyata token tersebut bisa dicek secara online menggunakan aplikasi Android Atau iOS yaitu PLN Mobile. Akhirnya saya mencoba install aplikasi tersebut di iOS karena kebetulan saya pengguna iPhone. Selagi install saya sudah tidak sabar, saya coba menghubungi PLN melalui website resminya yaitu di www.pln.co.id. Akhirnya saya mencoba Virtual Asisstant PLN 123. 

Menu Virtual Assistant PLN 123 di website resmi PLN


Ternyata lebih cepat dengan bertanya di sini, daripada install aplikasi di HP, saya cukup memasukan nama, nomor hp, email dan nomor pelanggan saja, lalu si Virtual Assistant ini akan menanyakan tanggal, jam pembelian dan nominal. Langsung deh ketemu nomor token saya yang hilang. Terima kasih PLN.

Kedepan mungkin bisa memanfaatkan teknologi Chatbot yang merupakan teknologi lanjutan dari Virtual Assistant yang sekarang digunakan PLN. Chatbot sudah banyak digunakan di luar negeri untuk menanyakan prakiraan cuaca dan sebagainya. 

Semoga bermanfaat!



Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home