The Way Of Life: Ban Anti Bocor
Google

Saturday, June 01, 2013

Ban Anti Bocor

Selama kurun waktu 2 bulan saya harus ganti ban dalam dua kali karena "populasi" paku di jalanan ibu kota yang cukup ganas. Akhirnya saya berpikir kira kira ada tidak lapisan yang bisa membuat ban menjadi tahan paku. Setelah searching di internet banyak beredar cairan yang dimasukkan ke dalam ban ( harus tubeless), jika ban tersebut terkena paku maka cairan tersebut akan menutup lubang yang terkena paku. Akan tetapi harus dicek rutin pada ban karena paku tersebut tetap menancap di ban. Saya sempat mencari kain kevlar, karena teringat banyak rompi anti peluru berbahan kevlar, tetapi hanya mendapatkan link kain kevlar untuk industri. Kenapa saya mencari kain, karena bahan tersebut dapat dimasukkan diantara ban dalam dan ban luar. Ada juga saya menemukan lapisan pelindung untuk ban sepeda gunung yaitu Stop Flat Anti Puncture Tire.

Dan ada juga ban yang berisi lapisan tambahan untuk menghalangi benda asing yang bisa menembus ban dalam.



Artinya jika paku mungkin dapat menembus ban luar, akan tetapi tidak akan bisa menembus lapisan kain kevlar. Bagaimana kita tahu ada paku yang menancap di ban kita, jika paku-nya cukup besar mungkin bisa kita rasakan, tetapi jika pakunya pendek tentu paku tersebut akan "bersemayam" terus di ban luar kita. Ada ide untuk membuat sensor jika ada paku yang menancap di ban dan jika paku atau benda asing lain menyentuh lapiran misal kain kevlar atau sejenisnya maka akan muncul peringatan / warning system, misal model lampu LED di panel. Misal ada paku menancap di ban depan maka lampu LED berhuruf F ( front ) akan berwarna merah dan berkedip, jika ban belakang maka lampu LED R ( rear ) yang berubah menjadi merah. Mayday mayday we are under attack! :) Secara normal kedua lampu tersebut berwarna hijau seperti gambar di bawah ini.





Maka tugas kita untuk mengecek ban depan dan mencabut paku atau benda asing yang menancap di ban depan kita, mungkin lebih detail lagi bisa menggunakan sistem section / bagian. Jika ban kita mempunyai penampang besar dan paku yang menancap kecil maka diperlukan lokasi lebih detail. Anggap saja ban kita bagi menjadi 4 bagian yaitu A, B, C dan D. maka jika ada paku yang menancap di ban depan kita maka indikator LED F akan menyala dan region juga akan muncul, seperti gambar di bawah ini.

Dengan begitu kita bisa mengecek ke lokasi yang lebih spesifik dan fokus mencari di daerah tersebut. Nama section bisa ditandai juga secara fisik di pelek ban untuk mempermudah pencarian. Mungkin sensor ini kelihatan terlalu mengada ada, saya kira tidak, tahun 1986 - 1989 sensor tekanan ban sudah ada pada mobil Porsche seri 959. "equipped with a built-in tire pressure monitoring system" begitu disebutkan di artikel Porsche 959 wikipedia.org. Bill Gates juga pernah memiliki mobil Porsche seri ini. Semoga ide ini bisa menjadi kenyataan di masa depan.

 Porsche 959

gambar diambil dari sini.


Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home