The Way Of Life: Pentingnya Backup Data
Google

Wednesday, June 20, 2012

Pentingnya Backup Data


Saya hitung ada 3 orang rekan saya yang sudah kehilangan notebook, tentu saja dari rekan rekan tidak akan pernah ingin notebooknya hilang. Mungkin notebook kita bisa beli lagi, akan tetapi data yang hilang yang tidak bisa atau sulit untuk kita cari lagi. Apalagi jika kita tidak mempunyai backup sama sekali. Modus kejahatan yang dialami semua rekan saya sama, yaitu pencuri menukar laptop dengan majalah yang cukup tebal, biasanya sekitar 3 majalah, sebesar majalah Cosmopolitan. 

Sehingga secara bentuk dan berat hampir sama, ada juga ditambahin "bonus", yaitu resleting tas laptop diberi lem super, sehingga sulit dibuka. Dari ketiga kasus, kasus pertama terjadi di kereta api,sewaktu rekan saya tidur, pencuri beraksi menukar laptop dengan majalah dan memberi "bonus" lem super. Dan hebatnya lagi rekan saya kala itu tidak sendiri tetapi bersama beberapa orang teman, dan semuanya tidak ada yang tahu ketika pencuri tersebut mencuri laptop. Kasus kedua dan ketiga sama, terjadi di bus. 

Salah satu solusi adalah gunakan tas ransel, jangan tas laptop ketika membawa laptop, pertama adalah gampang dibawa, kemudian tidak memancing perhatian. Tetapi yang terpenting adalah point pertama yaitu gampang dibawa, artinya ketika anda tidur ataupun meninggalkan tempat duduk, selalu bawa tas ransel tersebut. Pencuri sekarang semakin pintar, anda tidak akan menyangka bahwa yang duduk disebelah kanan kiri depan belakang anda adalah orang yang mempunyai niat untuk mencuri. Seperti yang terjadi pada teman saya, yang mencuri adalah suami istri yang membawa anak kecil. "Formasi" seperti ini tentu saja tidak pernah akan kita sangka bukan?

Nah berikut beberapa cara atau solusi yang bisa anda lakukan untuk membackup data, sehingga ketika laptop kita hilang, semoga saja tidak. Kita masih mempunyai backup data.

Pertama adalah menggunakan aplikasi Cloud Service Dropbox , aplikasi ini jika sudah terinstall maka akan selalu men-sinkronkan semua data di laptop kita dengan data yang ada di server Dropbox, ada versi free dan ada versi bebayar, sesuai dengan besarnya kapasitas penyimpanan.

Kedua adalah SVN Server, seperti Visual SVN Server, khusus solusi kedua ini sangat berguna bagi para programmer, atau software house. Software ini berfungsi untuk mengabungkan source code dari dua atau lebih programmer, yang juga berfungsi sebagai backup server. Cara instalasinya bisa dilihat di sini.

Ketiga adalah, external hard disk dan USB flash disk, meskipun kelihatanya basi, tapi solusi ini paling sederhana, yaitu mengharuskan anda membackup data di HD External ataupun Flash Disk sesuai dengan besarnya data.

Keempat adalah, media penyimpanan di internet seperti 4shared dan lain sebagainya, bisa anda gunakan sebagai media untuk backup data.

Semoga membantu.



Labels: , , ,

4 Comments:

Anonymous afriandika mind said...

nice infooo sobb,,, orang jahat emang sllu ad jlanyaa,, be carefull.. :D

6:31 PM  
Blogger boed said...

sama sama brota

7:08 PM  
Anonymous abdurohim said...

informasi yang sangat membantu..
terimakasih sob..

7:58 PM  
Blogger boed said...

yup,sama2 sob

7:59 PM  

Post a Comment

<< Home