The Way Of Life: After Sales
Google

Sunday, May 31, 2009

After Sales

Selama periode 2003 - 2009 atau 5 tahun, akhirnya batere T610-ku harus digrounded juga, karena batere tersebut sudah tidak 'kooperatif' lagi. Setiap ada panggilan masuk langsung drop. Dan memang dalam rentang waktu 5 tahun, sebuah batere hp memang sudah selayaknya harus diganti.
Batere HP dengan seri BST-25, browsing di internet yang original harganya 150 ribu. Buset dah, harga HP bekasnya aja paling sekarang 350 ribu , baterenya harga segitu. Akhirnya setelah bergerilya dapet batere KW3 dengan harga 20 rb,ada tulisan hologram original lagi. Untuk KW2 sekitar harnga 45 ribu dan KW1 sekitar 125 ribu. Setelah dipakai awal sekali muncul tulisan, ..charging alien batere. Weleh, emangnya beli ma alien di planet mars kok serem banget pesannya. Tapi forget it lah, suka sukanya programmer Sony Ericsson bikin software. Lumayan tahan sekitar 1 hari dengan vibrate on, dan 1,5 hari dengan non vibrate.
Tapi jikalau nanti drop pun tidak menjadi masalah, karena dari awal saya sudah tidak mempermasalahkan after sales dari pembelian batere tersebut. Atau boleh dibilang pembelian tersebut adalah gambling. Batere dengan harga 20 ribu, dan tertulis Made In Japan, ada stiker hologram original, oh come on that's a bullsXXX.

Juga misalnya anda membeli sebuah aplikasi, contohnya aplikasi ERP harga 1 juta, full modul dari front office sampai back office. Apakah anda akan bertanya masalah after sales. Jika anda beruntung, anda menemukan programmer fresh bertalenta tinggi dan mempunyai komitmen kuat yang belum tahu masalah harga software, anda mendapat jackpot. Tapi jaman sekarang jangan berpikir anda mendapat jackpot, harga segitu anda hanya mendapat software KW3 mungkin KW4 yang tidak diketahui apakah bisa dijalankan di perusahaan anda atau tidak. Logisnya harga software harus sesuai dengan tingkat kerumitan, cost maintenance, dsb. Jadi harga murah belum menjamin, lha wong harganya yang milyaran saja belum tentu bisa jalan.
Seperti sebelum membeli batere saya juga sempat bertanya ke teman-teman yang lebih expert sebagai bahan pertimbangan.
Kalau Anda mungkin bisa bertanya kepada teman atau orang yang anda sangat percayai, dalam membeli sebuah aplikasi yang cukup komplek dan anda tidak mau gagal.

nb: thanks to my t-six-ten yang jarang ngambek en bandel abis..

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home