The Way Of Life: Windows Security & Virus
Google

Friday, August 17, 2007

Windows Security & Virus


Hampir sebagian besar sistem operasi yang kita pakai adalah Microsoft Windows. Karena banyak dipakai, maka banyak hacker berlomba – lomba untuk mencari segala kelemahan Windows. Sehingga di internet pun banyak bertebaran tools untuk menembus keamanan Microsoft Windows. Dari sekian banyak tools yang berikut adalah daftar tools – tools terbaik yang saya kumpulkan untuk menguji sistem operasi khususnya produk Microsoft Windows :

  1. Backtrack ( Live CD ), penetration tester.
  2. Metasploit Framework ( Tools) , penetration terster.
  3. Ophcrack ( Live CD), password cracker.
  4. Operator ( Live CD), penetration tester.
  5. Loading…
Tips untuk memperbaiki keamanan Microsoft Windows :
  1. Selalu update patch dari website microsoft, sehingga bugs yang muncul dapat segera diperbaiki.
  2. Pakai produk keamanan milik pihak ketiga, jika produk ‘onboard’ dari Microsoft Windows tidak bisa menutupi security hole.
  3. Jika komputer anda terkoneksi dengan dunia maya, usahakan pc anda dibekali dengan firewall, atau setidaknya ada 1 komputer untuk dijadikan firewall ( Linux is recommended). Lihat konsep dibawah ini mengenai keamanan komputer dengan Firewall Demilitarizes Zone.
  4. Update selalu database antivirus yang anda miliki, dan selalu update pengetahuan anda mengenai perkembangan berita virus terbaru. PC Media Antivirus saat ini merupakan salah satu yang terbaik untuk memberantas virus lokal, dan gratis lagi. Belum tahu neh kedepan masih tetep gratis atau gak. Artikel mengenai Virus Lokal di blog ini.

Jika anda strees dengan banyaknya virus dan lubang keamanan pada windows, mungkin salah satu opsi adalah berganti ke Mac, atau Linux. Mac masih tergolong mahal, dan aplikasi yang mendukung tidak sebanyak Microsoft Windows. Jika anda memilih Linux, sistem operasi ini jauh lebih banyak dukungan software-nya daripada Mac.
Faktor keamanan sistem informasi juga menjadi faktor penting keberhasilan suatu implementasi, misal SIMRS dan SIM yang lain. Hal ini menjadikan user bekerja dengan nyaman dan tenang karena data terproteksi dengan baik.

Di bawah ini adalah konsep FirewallDemilitarizes Zone untuk sebuah jaringan komputer from my bro...Antoni ( see his weblog)




* gambar dari : http://tonylakone.blogspot.com/

related articles from kompas :
Aspek penting melindungi sistem teknologi
Banyak Perusahaan kurang merencanakan keamanan sistem informasi
Teknologi tinggi tidak menjamin keamanan sistem informasi
Sistem keamanan komputer, pilih Aman atau Nyaman?


Apple Ad (PC and Mac -Virus)



Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home