The Way Of Life: Awas Virus Lokal
Google

Saturday, January 20, 2007

Awas Virus Lokal


Di lokasi implementasi kadang kita tidak hanya bergelut dengan masalah implementasi. Virus komputer kerap menghambat jalannya implementasi SIM, kadang menyebabkan kemacetan jaringan komputer.Saat ini yang menjadi momok para pengguna komputer adalah virus made in Indonesia...bravo..ternyata orang kita cerdas..makannya apa sie.... Virus brontok yang legendaris itu sekarang sudah puluhan varian..dapatkan di komputer terdekat album baru dari virus brontok.Untuk virus lokal antivirus dari Pak Norman lumayan untuk membersihkan virus tersebut, dan juga ada versi free yaitu removernya. Tetapi saya lebih suka menggunakan antivirus dari Om Norton dari pabrikan Symantec, karena update database virusnya mudah serta teratur kira - kira 2 minggu sekali pasti keluar updatenya. Meski kadang bolong untuk virus lokal saya anggap itu wajar, sehingga biasanya saya kombinasikan dengan remover dari Pak Norman, daripada pasang dual Antivirus yang bikin lambat akselerasi komputer. Berikut tips yang bisa dipakai untuk menghadapi virus lokal atau interlokal en internasional :




  1. Update selalu database virus secara teratur, apapun merk antivirus yang anda pakai


  2. Update selalu info mengenai virus - virus terbaru ( www.vaksin.com recomended) , atau cari di Google dengan menggunakan kata kunci gejala atau kerusakan dari virus tersebut, misal: file .doc menjadi .scr atau virus yang menghilangkan Run dan Search pada start menu.


  3. Cari dan download tools atau program kecil untuk membersihkan virus ( vaksin.com dan google.com, yahoo.com) tools ini lebih baik dari antivirus untuk membersihkan virus karena bisa mengembalikan setting sistem, jika manual terlalu lama dan ribet. Misal brontok remover, borax remover dan sebagainya.


  4. Untuk antisipasi selalu backup data anda pada media external lain selain yang ada di komputer anda, gunakan juga program bantu pihak ke-3 untuk mengembalikan setting sistem windows atau data ex: DeepFreeze, GoBack dan masih banyak lagi, silakan cari di www.download.com, atau bisa juga cari yang free.


  5. Kalu jaman doeloe media disket menjadi jalur penyebaran virus, nah sekarang USB drive menjadi jalur baru dari perdagangan virus lokal maupun internasional. Eit.. bagi yang suka download gambar ihik juga hati - hati, disinilah virus biasanya mulai disebar. Jangan sembarangan menancapkan USB drive, dari warnet atau dari rental biasanya banyak virusnya.


  6. Pahami cara virus menyebarkan diri, ada yang menyamar menjadi icon folder, atau nama file dokumen, ada banyak cara. Silakan cari info di google.com, atau vaksin.com. dengan memahami cara kerja virus, kita bisa terhindar dari penyebaran virus.


  7. Untuk pengguna Microsoft Windows khususnya, perdalam pengetahuan mengenai jeroan sistem operasi, misalnya masalah registry, fitur - fitur pada windows, karena biasanya virus menggunakan fitur - fitur tersebut untuk mempersulit kita membersihkan virus tersebut(ex:system restore pada windows XP).Baca majalah komputer, atau tabloid or browsing, suka2 aja deh..


  8. Perbanyak jam terbang dalam menghadapi virus, jika anda sering menghadapi virus, anda dapat mendeteksi adanya virus hanya dengan melihat 'gelagat' dari komputer yang tidak seperti biasanya, jam terbang men..jam terbang


  9. Selamat membersihkan virus...

Alamat - alamat di internet yang berguna untuk menghilangkan virus lokal dan internasional

ANTIVIRUS UPDATE DOWNLOAD

News and remover virus lokal
www.vaksin.com


www.vaksin.com/removal.htm

Tools untuk mengecek dan menghilangkan virus yang aktif di memori
http://download.sysinternals.com/Files/ProcessExplorer.zip


http://www.xblock.com/download/xraypc.zip

Info tentang virus dan cara membersihkan virus
www.symantec.com


www.vaksin.com


www.f-secure.com


http://us.mcafee.com/virusInfo/default.asp


Link download untuk virus definition Norton antivirus
http://securityresponse.symantec.com/avcenter/defs.download.html


PC Media Anti Virus buatan anak bangsa, it's a good one

http://dl.maseko.com/

Labels: ,

3 Comments:

Anonymous dani iswara said...

[OOT] utk desktop kalo yg gratisan bagusnya apa ya..antara avg free, antivir, avast? ato ada yg lbh baik lainnya..kmrn2 windows punya istri kena yg jd folder itu dr flashdisk warnet..reinstall dah..

sempat kepikiran ganti mac ato linux aja sekalian..

4:54 AM  
Blogger boed said...

dani iswara:

Untuk yg free AVG lumayan bagus dan cukup ringan di memori komputer,tapi untuk virus lokal agak bloon,untuk virus lokal saya sarankan remover milik Norman, tapi kalo pakai AV-nya ya beli.Ganti Mac or Linux gw juga pengin, but supportnya yang kurang. Yang jelas update terus info mengenai virus, dan juga update database antivirus.Biasanya setelah beberapa lama Om Norton juga bisa bersihkan virus lokal, soalnya info-nya agak telat ke dia, jadi tukang bikin av-nya kurang cepat bereaksi.Kayak Brontok skrg Norton dah bisa, kalo dahulu Om Norman duluan yang bisa, tinggal masalah waktu aja...

11:41 PM  
Anonymous thewahwah said...

mending pake NOD yang udah dicrak, lebih aman ....

10:00 PM  

Post a Comment

<< Home