The Way Of Life: Ease of Use
Google

Saturday, August 04, 2007

Ease of Use

Bagaimana Microsoft Windows dapat menjadi sistem operasi yang begitu populer, salah satu sebabnya adalah Ease of Use. Windows menyembunyikan segala kerumitan tentang bagaimana sistem operasi bekerja. Juga bukan hanya Microsoft Windows saja, semua aplikasi modern saat ini didesain dengan menggunakan konsep user centered design , sehingga user semakin mudah menggunakan aplikasi. Sistem operasi Linux pun, sekarang sudah memudahkan user dalam melakukan instalasi. Sebelumnya instalasi linux menggunakan model text mode, yang menyebabkan user yang pengetahuan IT-nya terbatas menjadi sulit untuk melakukan instalasi.
SIMRS juga harus didesain dengan menggunakan konsep user centered design, bukan dengan programmer centered design. Jangan salah, banyak SIMRS buatan dari luar yang design interface-nya tidak user friendly. Harganya jauh lebih mahal, belum lagi membayar biaya konsultan, harganya pakai kurs dollar. Dengan aplikasi yang didesain untuk user khususnya yang ada di Indonesia, jelas aplikasi tersebut akan lebih mudah digunakan, serta learning curve atau pencapaian user menjadi mahir menjalankan aplikasi menjadi lebih mudah. Kadang di dunia IT, sebuah produk dengan kesederhanaan menjadikan produk tersebut sangat kuat di benak user. Salah satu contoh Search Engine Google, memiliki sebuah tampilan yang bersih dan sederhana, berbeda dengan search engine lain yang full ad.
User Centered Design merupakan salah satu faktor yang menjadikan aplikasi mudah dipakai, dan ada satu lagi yaitu dapat mengakomodir kebutuhan user baik saat ini dan di masa yang akan datang. Terkadang user mengetahui sebuah fungsi sebuah fitur dalam aplikasi setelah sekian lama menggunakan karena menemui sebuah kasus yang mengharuskan user menggunakan fitur tersebut. Microsoft Excel, kita paling menggunakan fiturnya hanya 10 persen saja, fitur – fitur yang lain yang ‘tersembunyi’ jarang kita gunakan karena memang belum membutuhkannya.
Di bawah ini contoh artikel tentang pengalaman – pengalaman user dalam menggunakan aplikasi baik buatan luar negeri maupun buatan anak bangsa.

Perangkat Lunak Indonesia
Accounting Software

* gambar dari : www.flickr.com

Labels: , ,

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

sangat informatif pak.
bener jg ya , gak kepikiran ane/


http://technologikill.com/news-moto-x-will-be-launched-this-year/

11:27 PM  

Post a Comment

<< Home