The Way Of Life: Tips membuat tugas akhir atau skripsi
Google

Saturday, August 04, 2007

Tips membuat tugas akhir atau skripsi



Tulisan ini saya buat, agar rekan – rekan mahasiswa cepat menyelesaikan kuliahnya, kasihan ibu dan bapak rekan – rekan di rumah bekerja keras membanting tulang untuk rekan – rekan mahasiswa. Karena saya dahulu pun saya hampir menjadi mahasiswa abadi karena kuliah sembari bekerja ( hihihi, alasannya tidak masuk akal en terlalu klise). Jadi berikut ini tips – tips yang semoga berguna bagi nusa dan bangsa, halah..

  1. Cari judul tugas akhir yang anda sukai, mengapa demikian. Simple saja, jika anda menyukai topiknya anda akan dengan giat mengerjakan tugas akhir atau tesis anda. Cari topik di perpustakaan, majalah, koran, teman, dosen atau googling, yang terakhir sangat direkomendasikan.
  2. Cari juga panduan cara menulis tugas akhir, ini saya beri shorcut-nya klik disini.
  3. Kumpulkan segala informasi tersebut, jika dari website, cetak saja. Jika dari buku tandailah halaman yang penting atau di-fotocopy untuk dikelompokkan.
  4. Kumpulkan bahan – bahan yang bisa menjadi landasan teori, jika anda mencari dari Google mulailah dengan keyword “ what is ….”, atau di website www.howstuffworks.com, jika anda dari mahasiswa TI, jika bukan anda bisa mencari journal, caranya bisa langsung googling saja ( tuh di atas ma di bawah blog ini juga ada, masukkan keywordnya aja) . Ambil informasi sebanyak – banyaknya. Ada tambahan nie bro Tips mencari dengan Google in English dan Tips mencari dengan Google Versi Bahasa Indonesia.
  5. Latar belakang masalah, nah ini dia anda harus mencari masalah yang muncul dan tugas akhir anda ini harus bisa menyelesaikan latar belakang masalah tersebut. Sekedar tips saja, batasi masalah anda, karena jika tidak masalah akan menjadi melebar, dan akhirnya anda akan dibantai di partai final, hehehe.
  6. Jika anda akan membuat suatu aplikasi, carilah sample program, uhm..lagi lagi google, you know why? Ya google adalah perpustakaan raksasa bro! Misal untuk aplikasi visual basic di freevbcode, asp di aspfree.com, php ketikkan saja di keyword google “Free PHP Code”, dan seterusnya.
  7. Untuk pembuatan aplikasi usahakan, minimal anda mengerti konsep dasar dan sintak programmingnya, jika memang anda bukan jago programming, setidaknya jika anda mengoprek sendiri aplikasi tersebut, sehingga pada saat dosen bertanya pasti anda bisa menjawabnya.
  8. Untuk penulisan, selalu kejar dosen pembimbing sampai ujung dunia, sehingga tugas akhir anda cepat selesai. Atau sebelum mencari judul yang relevansinya dengan dosen tertentu, carilah dulu dosen yang anda perkirakan jarang ‘menghilang’ seperti ninja.
  9. Usahakan setiap hari ada perkembangan dengan penulisan atau pembuatan aplikasi untuk tugas akhir anda, minimal 1 lembar atau 1 baris program itu lebih baik daripada tidak ada sama sekali. Buatlah target yang realistis!
  10. Jika anda jenuh, pada saat weekend, mainlah ke mall, atau mancing di sungai, uhm..atau cari bahan tugas akhir.( kok malah kembali lagi yah). Setidaknya usahakan ada keseimbangan antara otak kiri dan otak kanan, hal ini untuk menjaga keseimbangan kondisi psikologis ( sok tahu ).
  11. Carilah info di kampus tentang jadwal mengenai tugas akhir dan pertemuan – pertemuan penting lainya, atau keep contact dengan teman – teman seperjuangan. (pengalaman sendiri, tidak tahu jadwal wisuda, eit tahu – tahu kurang satu hari, sehingga mundur deh, kena semprot..hiat…dies…)
  12. Selalu Berdoa menurut agama dan kepercayaan masing – masing.
  13. Semoga bisa membantu…kalo ada point yang ditambah, di comment aja bro..


Kalo dah lulus, gw diundang loh makan2nya


Ini sekilas skripsi gw, narcis mode on ..My Tugas Akhir

Untuk download source code tugas akhir( My Tugas Akhir ) gw bisa langsung request ke e-mail aja:

ke budy_wijaya@yahoo.com, tentu saja ada biaya pusing-nya..

Contoh - contoh Ide Judul Tugas Akhir

Labels: , ,

10 Comments:

Blogger endro said...

Bagus Makasih dah ngasih tipsnya cayo tugas Akhir he he :)

5:43 PM  
Blogger luckman luke said...

1, Bagus juga tips-tipsnya. Bermanfaat. THx

8:51 PM  
Blogger yama85 said...

ehmmm...bsgus jg tips sarannya.tpi mas gwa bingung nie...gwa kan anak TI-D3 karang dh smst akhir bingung mo biki TA judul ap? klo gwa 2 ad pilihan bwt web desain sekolah tpi kendal maslh bhs program,klo bleh ksih donk bhas program php yang source mudah!! & yang ke-2 pengen bwt jaringn WLAN.minta tipsnya N panduan configurasinya!!!



Thank's

11:47 PM  
Blogger Nanang Santoso said...

hmmmmmmmmm bgus jg tuh tips2nya mksih ya...mgkin itu smuanya bsa brmanfaat bagi diriku..
thank's yaaaaaaaaa

9:52 PM  
Blogger Blog Wong Deso said...

DUJUAL MACAM PROGRAM DARI VISUAL BASIC LINK
http://vb-edan.blogspot.com/

11:45 PM  
Blogger Dessy Eka Pratiwi said...

Dan menurut saya, jangat mengerjakan secara mendadak, segalanya memerlukan waktu yang panjang, contohnya dalam mencari Referensi , karena hal tersebut yang aharus kita pahami dan mengeti.

10:32 PM  
Anonymous Anonymous said...

bagus bgt tipnya. makasih y?

11:17 PM  
Blogger boed said...

Sama2, senang bisa membantu

12:43 AM  
Anonymous Anonymous said...

makasih gan buat tipsnya...

11:17 PM  
Blogger boed said...

sama sama gan, senang bisa membantu

11:19 PM  

Post a Comment

<< Home